Program Mahasiswa Wirausaha 2012 (Part 11)

7/16/12
Minggu, 15 Juli 2012 adalah hari terakhir kegiatan pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha 2012. Menurut jadwal acara ini memang berlangsung mulai pukul 07.30 - 22.00.

07.45 Materi pertama, Komunikasi dan Etika Bisnis diberikan.


Setelah break beberapa saat, 09.45 di mulai materi ke 2.  Materi terpusing, karena saya harus ketemu macam angka dan rumus-rumus ekonomi. Yups... materi Manajemen Keuangan UKM. Neraca, laba dan rugi, Cash Flow, BEP, ROI dan sebagainya. Pusing saya.... yang penting pendapatan dikurangi biaya-biaya adalah LABA kan??? :p

Setelah break siang untuk makan siang dan beribadah, Nah, ini dia simulasi bisnis yang menguras banyak tenaga. Kami dibagi dalam beberapa profesi. Konsumen, Dokter Kesehatan, Penjual Bahan Baku dan Tim Mahasiswa sebagai wirausaha yang menjalankan bisnis obat herbal. Intinya disini para tim mahasiswa diharuskan bersaing dengan tim lain untuk memanfaatkan dana pinjaman bank senilai 7000 untuk membuat sebuah produk dan menjualnya kepada konsumen. Tim dengan laba tertinggi berhak menjadi pemenang..

Terimakasih atas hutangnya pak bankir... ;D

Penjual bahan baku yang tidak ngerti apa yang dia jual :p :p

Ini konsumen yang ngaku-ngaku sebagai "Insinyur"... mana ada penjual disuruh mijitin doski dulu, eh, baru dia mau beli produk kita. But, GOOD JOB, dude!!! :P

Kelompok saya nih....... ada Aditya Domba, Zakaria ChickBull, Farida, Helmi MixMagic dan saya....

Meski bangkrut dan masih punya hutang bank 4000 tetep eksis lah ya..

Wajah-wajah galau karena bangkrut..

Nah.. tim yang mengalami kebangkrutan tertinggi nih..

Good story, bro...about Harley Davidson ^^

Nih..uang monopoli ;p
 Setelah selesai simulasi bisnis, ada sedikit materi tentang penjelasan magang. Sekitar pukul 16.30, kami break hingga pukul 19.30, dan setelah itu dilanjutkan materi yang terakhir yakni materi motivasi sebagai wirausaha (apa gitu deh nama materinya, saya lupa)


Dengan kekuatan fikiran, kami diminta mematahkan 2 buah pensil hanya dengan telunjuk


Setelah materi berakhir, yah baru terasalah bahwa ternyata ini memang harus berakhir. "Kita baru merasa bahwa sesuatu itu berharga bila telah kehilangan". Tiga hari pelatihan, ah rasanya disini kita terlalu cuek satu sama lain karena memang peserta berasal dari jurusan yang berbeda. Pada hari keempat inilah baru terasa keakraban. Bisa saling cerita mengenai bisnis masing-masing dan yah... tapi harus berakhir..












Semoga kita masih bisa berkumpul dengan formasi yang besar kembali. Insya Allah, 4 hari di sini tidak sia-sia.
The last word : SUKSESSSSSSSSS!!!!!
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature