Teknik Presentasi: Tidak Sekedar Membuat Slide Power Point

4/27/13

bersama rekan-rekan pengurus HIMAKOM
Senang sekali, Kamis 25 April 2013, kembali ke kampus dan bisa bertemu dengan kawan dari Himakom (Himpunan Mahasiswa Komunikasi) FISIP. Universitas Sebelas Maret
Sedikit berbagi mengenai Teknik Presentasi, sebuah skill yang boleh dibilang wajib dimiliki setiap orang. Yups!!!  setiap orang akan melakukan "kegiatan " presentasi.
Sebagai lelaki : minimal kamu akan presentasi kepada calon mertua mengenai siapa dirimu, sebelum melamar seorang wanita (Upst!)

Secara harfiah demikian, namun dalam kaitannya dengan kegiatan keorganisasian, kegiatan presentasi menjadi sarana untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, usulan kepada orang lain.



Bukan sekedar bagaimana membuat slide power point yang baik dan menarik sebagai media untuk menyampaikan Visual Messages, namun sebagai seorang presenter, Physic Messages seperti , Posture, Gesture, Eye Contact, Voice,dll menjadi awal penanamankepercayaan audience kepada sang presenter. Pesan Cerita (Story Message) yakni kegiatan presentasi itu sendiri, juga harus dilakukan secara urut dan rapi. Dimulai dengan pembukaan, isi baru kemudian kesimpulan/ penutup. Teknik yang baik dalam presentasi tidak lain bertujuan untuk menghasilkan presentasi yang efektif yakni dimana pesan dari presenter (komunikator) dapat tersampaikan dengan baik, dan diterima dengan baik pula oleh audience (komunikan).


Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature