Partini & Partinah di Taman Balekambang

15.8.13
Taman Balekambang adalah salah satu sudut Kota Solo yang menjadi kesukaan saya. Pertama kali berkunjung di tempat ini, suasana masih begitu sepi. Balekambang, yang sebelumnya pernah dalam fase kurang terpelihara, akhirnya dapat dipugar oleh Pemkot sehingga lebih "segar".
Hanya membayar ongkos parkir 2000 rupiah, kita tidak dikenakan biaya masuk.

Kita bisa menikmati rimbun pepohonan, beberapa hewan berlarian, kemricik suara air di kolam yang membawa keteduhan hati.Beberapa stand tersedia menjajakan makanan ringan dengan harga yang terjangkau. Ada juga wahana permainan air dan darat yang disewakan untuk pengunjung. Jadi tidak heran, bila banyak orang tanpa sungkan  tiduran di atas rerumputan ibarat sedang tamasya.

Salah satu objek yang menarik perhatian, kala masuk ke Balekambang adalah berdirinya 2 buah patung perempuan, Partini Husein Djayaningrat dan Partinah Sukanta, putri Mangkunegaran VII.
Seperti yang tertera pada papan informasi di pintu masuk, Balekambang ini dibangun untuk kedua putri tersebut. Itu mengapa, terdapat 2 bagian di Balekambang, Partini Tuin dan Partinah Bosch. Partini Tuin atau Taman Air Partini terdapat kolam resapan yang luas dan juga berfungsi untuk penampungan air. 

Gambar di ambil dari www.google.com   www.jejakbocahilang.wordpress.com
 Sedangkan Partinah Bosch atau Hutan Partinah merupakan area yang dipenuhi dengan berbagai tanaman dan pohon-pohon langka, seperti kenari, beringin putih dan lain sebagainya. 

Gambar di ambil dari www.google.com hadipramono.blogspot.com



1 comment on "Partini & Partinah di Taman Balekambang"
  1. Err.. Bukankah foto tersebut adalah suwargi GKR Timoer dan putrinya, GRAy Siti Nurul Kamaril Suryosuyarso atau Gusti Nurul? Entah siapa yang salah namun hal tersebut patut dikoreksi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature