Peringatan Hari AIDS Sedunia - Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS

12/1/16
Semester ini saya mengampu mata kuliah Manajemen Event. Salah satu tugas praktik yang harus mahasiswa lakukan tentunya adalah mengadakan event. Berikut adalah salah satu event dari kelas A Manajemen Event.




Liputan Joglo Semar edisi 15 Desember 2016. Lihat berita selengkapnya di bawah in




Peringatan Hari AIDS Sedunia Kepedulian dan 

Penggalangan Dana


Dalam rangka memperingati Hari AIDS sedunia yang jatuh pada 1 Desember, mahasiswa Ilmu Komunikasi UMS dalam mata kuliah Management Event kelas A mengadakan penggalangan dana. Nantinya dana yang terkumpul akan diberikan kepada Yayasan Lentera.
Di mana banyak anak-anak yang mengidap HIV/AIDS. Selain penggalangan dana, juga dilakukan sosialisasi terkait HIV/AIDS. Tujuannya agar ada pemahaman yang lebih kepada masyarakat perihal penyakit mematikan tersebut. Pasalnya, selama ini banyak masyarakat yang ketakutan ketika di sekitarnya terdapat Orang Dengan HIV/AIDS (Odha). Mereka takut akan tertular virus tersebut jika dekat-dekat.Ketua Panitia kegiatan, Dewi (20) menuturkan, tujuan dari kegiatan tersebut yakni agar masyarakat bisa mengantisipasi dan menjaga diri. “Kalau yang sudah terinfeksi, jangan berkecil hati dan tetap semangat, kalian masih punya kami yang sehat tetapi peduli dengan kalian,” terangnya.Dewi mengkritisi sikap kebanyakan orang yang justru mengucilkan para Odha. Menurutnya, seharusnya sikap tersebut dihindari. Karena Odha tidak seharusnya dijauhi. “Yang dijauhi itu penyakitnya bukan orangnya,” katanya.Sementara itu, Zahra Noor Eriza, selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah Manajemen Event, memaparkan, selain kegiatan sosial bahwasanya kampanye ini merupakan salah satu tugas dari manajemen Event. Manajemen event sendiri merupakan bagian dari mata kuliah untuk mendukung profesi Public Relation.Tujuan utama dari pengadaan acara ini supaya mahasiswa mempunyai bekal manajemen event. Dimulai dari proses perencanaan, proses pengorganisasian kemudian dari kepanitiaan, kontroling sampai evaluasi. “Jadi setelah mendapat teori-teori dalam mata perkuliahan acara ini merupakan praktik untuk membuat event yang sebenarnya,” terang Zahra.Dalam manajemen event ini mahasiswa harus mengetahui tata urutan dan struktur yang rapi dari visi, tujuan dan target segmentasi. Acara ini diadakan untuk memperingati bahwa 1 Desember merupakan Hari HIV/AIDS. Event ini agar mahasiswa supaya peduli dan tahu tentang penyakit berbahaya ini. Ada beberapa alasan dipilihnya 1 Desember sebagai tema event. Pertama untuk mengetahui bahwasanya tanggal 1 Desember merupakan Hari AIDS sedunia. Kedua diadakan kampanye ini untuk menarik empati terhadap pengidap HIV/AIDS.Ketiga panitia mengajak orang umum untuk saling berbagi dan peduli. “Adanya kampanye memberikan pengetahuan tentang penyakit HIV/AIDS dan penggalangan dana juga sebagai wadah untuk saling berbagi pada orang yang membutuhkan,” ucapnya.
Selain penggalangan dana pada kesempatan tersebut juga diadakan aksi donor darah. Dalam aksi ini berhasil dikumpulkan sebanyak 54 kantong darah. Donor darah ini turut menggandeng PMI Kota Surakarta
Post Comment
Post a Comment

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature