Baca review dulu, Beli kosmetik kemudian

3/29/17
Gambar : Google

Suka online shopping?Ya, saya suka, dan kosmetik adalah urutan kedua produk yang paling sering saya beli, setelah produk pakaian. 

Kosmetik secara penggunaan hampir mirip dengan konsumsi makanan. Meskipun tidak masuk secara langsung ke dalam tubuh dan diproses di alat pencernaan kita, kosmetik umumnya digunakan pada pemakaian luar tubuh, yang mana akan mempengaruhi penampilan luar tubuh kita. So, biasanya kita nggak akan sembarangan memilih produk kosmetik, kalau nggak pengen tubuh luar kita rusak (dan tubuh "dalam" juga , karena kandungan berbahaya di dalam kosmetik "tertentu" seperti mercuri, ternyata bisa mengganggu kinerja organ tubuh----> lihat ulasan bahaya mercuri)

Di era internet sekarang ini, merubah salah satu perilaku saya sebagai konsumen kosmetik. Kalau dulu, sebelum membeli kosmetik saya biasanya langsung datang ke counter untuk mencoba tester produk. Tetapi karena sekarang saya membeli kosmetiknya secara online, terus minta testernya ke siapa dong?????

Ketika saya penasaran dengan salah satu produk kosmetik (akibat melihat iklan di TV misalnya), yang saya lakukan kemudian adalah broswing di internet, untuk mencari informasi produk tersebut. Biasanya saya akan mencari secara acak informasi di internet, yang seringnya akan membawa saya ke personal blog konsumen lain yang pernah menggunakan produk tersebut. Atau saya akan langsung menuju ke blog atau vlog beauty blogger, atau ke official website produk tersebut, atau saya akan masuk ke forum seperti femaledaily.com.

http://www.lizzieparra.com/
Salah satu blog beauty blogger yang sering saya kunjungi

Di dalam beberapa literatur, aktivitas saya membaca review produk di internet ini di sebut dengan Electronic Word of Mouth (E-WOM)

Thurau-Hennig,G., K.P.,Walsh,G.,dan Gremier,D,D. dalam Electronic  Word of Mouth via Consumer-Opinion Platforms: "What Motives Consumers to Articulate Themselves On The Intenet?” mengatakan bahwa electronic word of mouth  merupakan pernyataan dan opini yang dibuat oleh konsumen aktual, potensial atau konsumen yang telah memiliki pengalaman sebelumnya mengenai suatu produk,  dimana pernyataan atau opini tersebut dapat diakses melalui internet.

Dari aktivitas membaca review atau ulasan di internet, saya akan mengetahui bagaimana pengalaman orang lain dalam menggunakan produk tersebut. Dan jika banyak yang mereview positif , biasanya akan membuat minat saya untuk membeli produk kosmetik tersebut akan semakin besar, dan ujung-ujungnya saya akan memutuskan untuk membeli produk tersebut :D

Tapi apakah yang saya lakukan juga di lakukan orang lain? 
Apakah konsumen lain juga setelah membaca review produk kosmetik di internet, akan meningkat minat belinya???

Saya melakukan penelitian terhadap 149 orang responden di wilayah Solo Raya yang merupakan konsumen yang pernah melakukan pembelian online produk kosmetik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket.

Penelitian ini menguji 
Apakah aktivitas membaca ulasan atau review produk di internet berpengaruh terhadap minat beli konsumen.

Untuk membuktikan, saya melakukan analisis regresi dengan variabel  membaca review produk kosmetik di internet (E-WOM) sebagai variabel independen dengan variabel minat beli sebagai variabel dependen. 

Hasil Regresi E-WOM pada Minat Beli

Variabel Dependen
Variabel Independen
B
Uji t
Sig
Minat Beli
Konstanta
7,331


E-WOM
0,151
5,482
0,000





Α

= 0,05


Sig Uji F

= 0,000


Adj R2

= 0,164


Sumber : Data yang diolah, 2016

Berdasarkan hasil pengujian regresi pada tabel di atas, diperoleh informasi bahwa nilai beta E-WOM = 0,151 (positif) dengan sig uji t dan uji F adalah 0,000. Karena nilai sig < 0,05, hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) terhadap minat beli konsumen.

Hasil tersebut membuktikan bahwa  aktivitas membaca review atau ulasan produk kosmetik dari konsumen lain melalui internet, akan mendorong minat pembelian produk. Semakin tinggi aktivitas membaca review di internet, semakin tinggi pula minat beli terhadap produk kosmetik.

"Kenapa musti repot-repot baca review?"
Dari penelitian ini, saya juga menemukan bahwa aktivitas membaca review atau ulasan produk kosmetik di internet dapat membantu konsumen dalam memilih produk yang tepat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen tersebut.

Melihat fenomena ini, dapat  menjadi masukan bagi perusahaan kosmetik, agar perusahaan menyediakan informasi produk yang tepat dan lengkap di internet. Karena informasi produk akan membantu konsumen dalam memilih produk yang ia butuhkan. Tentu saja, jika informasi ini bisa di mix dengan kreativitas online marketing , tidak mustahil banyak konsumen yang timbul minat belinya, yang akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut.



4 comments on "Baca review dulu, Beli kosmetik kemudian"
  1. Memang tulisan tentang kosmetik itu trafiknya tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski isinya gak ngomongin kosmetiknya ya..hihihi

      Delete
  2. Aku belum pernah beli kosmetik secara online, Mbak. Belum kepikiran juga. Mungkin kalau akan beli kosmetik yang baru akan dipakai, pasti dong baca review, seprti ketika akan masuk ke restoran untuk makan, pasti mencari tahu dulu hal-hal yang pentinnya.

    ReplyDelete
  3. Akhir-akhir ini kepikiran buat beli kosmetik online bu, saya juga sudah membaca review dari blog dan vlog beauty blogger juga femaledaily tetapi kadang review berbeda karena kulit setiap orang juga beda. Karena saya tertarik dengan produk dari Korea, jadi lebih berhati-hati untuk membeli skincare apalagi dengan komposisinya.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature