Ingin Merayakan Ulang Tahun Anak? Jangan Terburu- buru. Tentukan ini dulu!

8.5.17
Sebagai orang tua, tentu kita ingin menyenangkan hati anak kita. Salah satunya adalah membuat hari kelahirannya berbeda dengan hari lainnya. Namun, dengan berbagai kesibukan yang ada, merayakan ulang tahun anak, bisa menjadi hal yang sulit dilakukan. Kalau hanya membeli kue tart dan dimakan bersama, tentu saja hal ini mudah. Tetapi jika harus mengundang banyak orang, khususnnya teman-teman si anak, pastinya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Gambar dokumentasi Red Pro Solo
Jika tidak mau ribet, kita tinggal meminta bantuan jasa event organizer. Tetapi jika dana yang kita miliki terbatas, dan kita menginginkan perayaan yang sederhana, tidak ada salahnya kita menjadi event organizer mandiri. Karena mempersiapkan pesta ulang tahun anak, itu tidah susah.

Sebelum ribet membuat undangan, memesan roti tart, bikin dan beli ini itu, tentukan hal ini terlebih dahulu sebelum melakukan persiapan lebih jauh.

1. Hari Tanggal Waktu Perayaan Ulang Tahun

Menentukan hari, tanggal, waktu perayaan memberikan gambaran berapa lama waktu yang kita miliki untuk mempersiapkan acara. Biasanya minimal H-7 acara.

Apakah pesta ulang tahun harus tetap sesuai dengan tanggal ulang tahun si anak? Tidak Selalu. Hari tanggal perayaan dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Namun umumnya, tanggal perayaan melewati tanggal ulang tahun, dan bukan sebelumnya. Hari sabtu  (sore) dan minggu (pagi, sore atau malam) sering menjadi pilihan karena hari libur sekolah dan juga libur bekerja bagi orang tuanya yang mengantar. Jadi memungkinkan mereka yang diundang dapat datang. 

2. Tempat

Jika kita menginkan perayaan yang sederhana dan murah, rumah kita sendiri adalah solusi paling tepat. Tinggal kita menentukan, apakah di dalam rumah atau di luar rumah, atau menggunakan keduanya di dalam dan di luar rumah, menyesuaikan jumlah tamu yang diundang.

Gambar dokumentasi Red Pro Solo
3. Budget yang dimiliki

Sebelum bergerak merencanakan pesta ulang tahun lebih jauh, tengok dahulu berapa dana yang kita miliki. Hal, ini akan membuat kita lebih rasional ketika menentukan jumlah tamu undangan beserta jamuannya.

4. Tamu Undangan

Gambar dokumentasi Red Pro Solo
Melihat jumlah dana yang kita miliki, kita dapat mentukan jumlah orang yang akan hadir di acara ulang tahun tersebut. Apakah kita hanya mengundang keluarga besar, atau mengundang teman-teman sekomplek, atau juga akan mengundang teman-teman sekolahnya. Jika anak belum sekolah, lebih baik kita hanya mengundang anak-anak tetangga kita. Namun, jika anak sudah sekolah, kita bisa mengundang teman-teman sekolahnya.

Yang perlu diperhatikan disini, perkiraan jumlah tamu yang hadir = 2 x undangan. Kenapa bisa demikian, karena anak-anak umumnya diantar oleh orang tuanya. Jika kita sudah sadar akan hal ini, tentu ketika memesan snack (jamuan)  untuk acara, jumlahnya tidak berdasarkan jumlah undangan, tetapi berdasarkan perkiraan jumlah yang akan hadir.

5. Tema Ulang Tahun

Mengapa repot-repot menentukan tema? Ingat, kita akan merayakan ulang tahun si kecil. Anak-anak umumnya memiliki hal-hal kesukaan yang “dia banget”. Tidak ada salahnya, untuk membuat perayaan ulang tahunnya berkesan, dengan membuat pestanya didekorasi dengan hal yang dia sukai.

Tema ulang tahun ini bisa bermacam-macam, bisa mengambil karakter film kartun seperti upin-ipin, car, doraemon, hello kitty, frozen dan lain-lain.
Jika si anak memang tidak mempunyai kesukaan yang khusus, kita bisa menentukan tema berdasarkan warna. Misalnya, Pink untuk anak perempuan. Atau biru untuk anak laki-laki.

Mementukan tema ulang tahun ini juga membantu kita dalam memilih dekorasi, kue tart, atau pernak-pernik ulang tahun lainnya

6. Membuat daftar kebutuhan

Sebelum berbelanja kebutuhan untuk merayakan pesta, buat daftarnya terlebih dahulu. Membuat daftar kebutuhan ini sekaligus akan mebantu dalam menyusun rangkaian acara ketika hari H. Apa saja yang dibutuhkan untuk merayakan pesta ulang tahun? Seperti, undangan, dekorasi, kue tart, konsumsi, susunan dan pengisi acara, goodie bag dan perlengkapan pesta lainnya

Ingin tahu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadakan pesta ulang tahun?

1 comment on "Ingin Merayakan Ulang Tahun Anak? Jangan Terburu- buru. Tentukan ini dulu!"
  1. farrel aura khabbaniSeptember 5, 2017 at 8:34 AM

    sebenarnya bikin acara ulang tahun itu tinggal didasari dengan rasa tulus dari yg merayakan yang karena sejelek atau sebagus apapun pesta yg diutamakan adalah kebersamaan

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature