Solo Pluffy by Jessica Mila, Klangenan Kota Solo

13.6.17
"Wong Solo kui senenge sing legi-legi"( Orang Solo itu sukanya yang manis-manis)
Ujaran ini pasti sering kita dengar. Khususnya mereka yang pernah menyantap masakan yang dijual di Kota Solo. Rasa manis menjadi dominan. Bahkan terkadang, manisnya dulu, gurihnya belakangan. Jadi bisa dipastikan, kalo wong Solo, tidak akan menolak dengan hadirnya makanan manis. Karena di lidah sudah terbiasa, sudah jadi selera.

Cake, Makanan Manis Hits & Ke-Kinian

Salah satu makanan manis yang sulit ditolak yakni Cake. Menurut U.S Wheat Associatescake berasal dari adonan liquid, dari bahan utama mentega, margarin, telur, gula pasir, tepung terigu medium wheat white, susu, cream of tar tar dan bahan pelengkap seperti : cheese, chocolate, buah, rempah, dan bahan pewarna tumbuhan seperti : chlorophyl, safron, blue, carmine, anato, buttercream dan pasta almond

Kudapan yang nikmat ini dapat disantap kapan saja dan dimana saja. Maka tidak heran, para selebritis Indonesia kemudian memilih untuk berbisnis cake. Segmentasi pasar bisnis cake secara demografi sangat luas, mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. 

Mulai menjadi tren di kota-kota besar di indonesia, cake ke-kinian kini juga hadir di Kota Solo. Siapa yang repot-repot membawa cake ke-kinian hingga ke Kota Solo? Ya, dia adalah Jessica Mila. Wajah ayu-nya sudah sering menghiasi layar kaca. Beradu acting dengan Kevin Julio dan Ricky Harun di series Ganteng-Ganteng Srigala, membuat sosoknya diidolakan para remaja. Apalagi sinetron terbarunya yang berjudul Boy, membawa pemeran tokoh Suci ini, makin ditunggu kehadirannya.

Melihat peluang bisnis terbuka di depan mata, akhirnya kekasih Mischa Chandrawinata ini menghadirkan brand bisnis Solo Pluffy, untuk para penyuka cake di Kota Solo.


Tentang Solo Pluffy

Pertama kali mendengar Solo Pluffy, ada dua kata yang langsung terbersit di pikiran saya. SOLO, kota yang dipilih Jessica Mila untuk berbisnis kue ini. Dan PLUFFY, sepintas mirip dengan "FLUFFY", kata dalam bahasa inggris yang berarti halus, lembut. 

Bukan tanpa alasan, hingga Jessica Mila memilih nama PLUFFY, karena ia mencoba menghadirkan sebuah cake lezat dengan tekstur yang halus dan lembut ketika disantap. So, SOLO PLUFFY adalah cake yang halus dan lembut yang hadir di Kota Solo. Dalam kaca mata saya, sosok Jessica Mila ini merepresentasikan perempuan yang lembut, cantik dan nggak neko-neko. Ketika kemudian mendengar nama Pluffy, saya langsung membayangkan dara yang lahir di Langsa Aceh tahun 1992 ini yang memang "fluffy"

Kehadiran Solo Pluffy di Kota Solo, bukanlah pilihan yang sekedar beracuan pada target market wong Solo sebagai pecinta manis. Ada nilai historis yang menarik dari kisah seorang Jessica Mila. Siapa yang menyangka, ternyata Solo adalah kota kelahiran sang ayahanda. Solo menjadi sebuah reminder, dari mana orang yang dicintainya berasal. Sehingga, salah satu tujuan Jessica Mila membawa Solo Pluffy di Solo, adalah  untuk membangkitkan memori manisnya akan sosok sang ayah yang telah tiada di tahun 2014 silam. Solo Pluffy ini tidak hanya sekedar cake, namun membawa kerinduan dan kecintaan di dalamnya.
Seperti apa Solo Pluffy?

Solo Pluffy ini, cake berbentuk lingkaran dengan diameter kurang lebih 15 cm. Tersimpan dengan cantik dalam kotak berukuran 17cm dengan dominasi warna putih, pink dan hijau. Kesan feminim langsung terasa saat pertama kali melihat kotaknya. Anggun, muda dan menarik.

Pada bagian penutupnya, tertulis Netto 400 gram, yang kemudian langsung terbayang ukuran cake di dalamnya yang akan mengenyangkan perut. Logo halal juga disematkan, untuk memastikan cake ini halal dikonsumsi umat Muslim.

Di bagian samping depan kotak, tertulis beragam varian Solo Pluffy. Sedangkan di sisi kanan dan kiri kotak ada informasi social media dan alamat toko Solo Pluffy. Nah, untuk yang bingung bagaimana penyajian cake ini, di bagian belakang bawah kotak terdapat informasi penyajiannya.


Solo Pluffy terdiri dari tiga lapis yang diselimuti oleh crust yang lembut dan manis. Lapis pertama adalah cake dengan cream di atasnya, lapis kedua adalah krim dengan varian rasa, dan lapis ketiga berupa cake lagi.  Ini dia tampilan sepotong Solo Pluffy. Perhatikan juga krim di tengahnya, melting dan menggugah selera kan?

Krim meleleh di tengah menggoda selera

Tanggal 10 Juni 2017 kemarin adalah kali pertama saya merasakan Solo Pluffy. Cakenya memiliki manis yang pas. Ketika digigit, krim ditengah berpadu dengan cake yang lembut. Crust di lapis atas, membuat Solo Pluffy lebih kaya akan tekstur.

Solo Pluffy memiliki 5 varian rasa :

1.Cheese

Karena saya adalah cheese lover, ini adalah rasa yang pertama saya coba. Saya paling suka dengan cream kejunya, juga lapisan crust di atas cake dengan taburan parutan keju yang gurih. Bagi penyuka keju, varian ini tidak akan mengecewakan, karena krim kejunya jauh dari kesan eneg.


Bentuk utuh varian Cheese

Cheese Creamnya so yummy...

2. Greentea Cornflakes

Greentea yang juga sering disebut dengan "Matcha" berpadu dengan cornflakes. Cornflakes adalah salah satu jenis sereal yang terbuat dari jagung, yang memiliki rasa gurih dan manis. Ketika cornflakes yang sudah dihaluskan tentunya, kemudian di mix dengan green tea bisa kebayang kan variasi rasanya yang kaya, ditambah lapis cake yang lembut? Warna hijaunya begitu segar dipandang mata.

Bentuk utuh varian Greentea Cornflakes

3. Choco Crunchy

Penggila coklat, tidak boleh melewatkan varian yang satu ini. Crust oreo yang menyelimuti cake sangat kuat dengan rasa coklatnya, terasa agak sedikit pahit di pangkal lidah. Tapi yang menarik, justru rasanya yang tidak terlalu manis itu. Baru setelah kita gigit langsung tiga lapis cakenya, krim di tengah membawa manis.

Bentuk utuh varian Choco Crunchy


4. Original

5. Bluebeery

Nah, untuk dua varian terakhir ini, saya belum mencobanya. Tetapi tenang saja, setelah nanti store buka, kita bisa mencoba varian ini. Varian Original ini pasti untuk mereka yang mungkin tidak terlalu suka manis, dan hanya menginginkan menikmati lembutnya cake. Untuk blueberry, saya sudah membayangkan ada aroma segar buah di dalam lapis cakenya. So, tunggu saja!

Varian rasa yang beragam, membuat Solo Pluffy sangat cocok dijadikan cemilan atau hidangan saat acara keluarga, pesta dan oleh-oleh. Jangan lupa, untuk menghindarkan cake dari benda berbau tajam dan sinar matahari langsung. Serta, letakkan pada suhu ruangan atau lemari es. Sehingga, cake bisa bertahan dengan cita rasanya selama kurang lebih dua hari dari tanggal pembelian.

Solo Pluffy- Klangenan Kota Solo
Klangenan itu artinya kegemaran, kesukaan.
Jika ditanya apa sih kesukaannya orang Solo? Ya itu tadi, wong Solo suka yang manis. Masyarakat Solo juga dikenal sebagai masyarakat yang bersikap manis dengan siapa saja termasuk para pendatang. Manis disini maksudnya adalah ramah, sopan dan bersikap baik serta terbuka. Hal ini termasuk juga ketika bertemu dengan  wisatawan. Wong Solo tidak ragu untuk beramah tamah.

Ketika Solo Pluffy ini mulai dihembuskan kehadirannya melalui social media, masyarakat Solopun turut bersuka cita, seiring  dengan rasa penasaran. Mereka dengan senang hati menerima kehadiran sebuah produk baru untuk menambah kekayaan kuliner di Kota Solo. Solo Pluffy-pun tidak hadir untuk menggantikan kekhasan kuliner yang sudah ada di Solo, seperti serabi, misalnya. Namun, kehadirannya berusaha melengkapi, membuat Solo semakin kaya akan oleh-oleh istimewa.

Melalui tagline Klangenan Kota Solo ini, Jessica Mila sebagai sang empunya Solo Pluffy juga berharap, Solo Pluffy dapat membuat keluarga, sahabat dan wisatawan untuk rindu pulang ke Solo. 
Bukan sekedar menjadi kuliner oleh-oleh masa kini, tetapi juga menjadi kesukaan dan kecintaan di masa mendatang.
Pesan Cinta dari Jessica Mila

Jessica Mila ke Solo

Jumat, 10 Juni 2017 Jessica Mila menyempatkan untuk hadir di Kota Solo. Dia tidak datang sendiri, tetapi juga bersama Ricky Harun,beserta sang istri Herfiza Novianto, yang juga memiliki brand cake Bosang Makassar.

Ada beberapa agenda yang mereka lakukan bertiga.


Ada apa di Media & Food Blogger Gathering?

Setelah mengisi buku tamu, para undangan menerima press release dan dipersilakan untuk naik ke lantai 2. Sembari menunggu, kami menikmati hidangan yang disiapkan. Acara di mulai dengan pembukaan oleh MC, Owie Basrowi yang menyapa tamu undangan yang hadir. Tidak beberapa lama, Jessica Mila, Ricky Harun dan Herfiza Novianti hadir dan menempatkan diri di meja di depan para tamu.

Satu-persatu dari mereka mulai menjelaskan mengenai apa itu Solo Pluffy, yang dilanjutkan dengan menunjukkan untuk pertama kali bagaimana bentuk dari Solo Pluffy.


Tamu undangan yang hadir dan para food blogger juga tentunya, diberikan kesempatan untuk mencoba 3 varian Solo Pluffy, yakni cheese, greentea cornflakes dan choco chruncy. Tidak mau ketinggalan beberapa sesi dokumentasi dilakukan.

Seusai melakukan testfood, kami diberikan kuesioner oleh panitia untuk memberikan review terkait cake Solo Pluffy yang baru saja kami coba. Solo Pluffy sangat peduli akan penilaian para tamu undangan terhadap produk mereka, sebelum Solo Pluffy benar-benar hadir dipasaran. Yang menarik dari acara ini, kami yang hadir juga diberikan kesempatan untuk bertanya sekaligus menyampaikan kesan secara langsung kepada Jessica Mila. Hal ini menjadi penting, agar Solo Pluffy dapat meningkatkan kualitas sesuai dengan yang masyarakat Solo inginkan.

Saya tidak mau melewatkan saat tersebut. Saya bertanya mengenai fenomena panjangnya antrian di toko oleh-oleh kekinian milik artis, yang terkadang membuat pengunjung berebut. Hingga akhirnya membuat jadi malas membeli. Menjawab pertanyaan , Ricky Harun menyampaikan, bahwa nantinya Solo Pluffy dapat dibeli melalui aplikasi pemesanan online seperti go-food, sehingga konsumen tidak harus lama mengantri dan tinggal menunggu di rumah.

Apa acara seru lainnya?

Ada sesi games, yang membuat saya bisa membawa sekotak Solo Pluffy rasa cheese. Senangnya...Orang rumah langsung antusias dan kegirangan saat saya bawa oleh-oleh ini.

Saya mendapat sekotak Solo Pluffy di sesi games
Selanjutnya,  Solo Pluffy juga mengadakan kontes foto instagram  dan lomba menulis blog berhadiah jutaan rupiah. Dan tulisan inipun, saya sertakan dalam lomba tersebut.

Hampir 2 jam lamanya, para insan media, komunitas dan food blogger dapat berinteraksi dengan Jessica Mila, Ricky Harun dan Herfiza Novianti. Event ini akhirnya ditutup dengan acara foto bersama.

Gambar diambil dari Official Instagram Solo Pluffy www.instagram.com/solopluffy
Follow ya! Banyak yang seru di sana...
Bagaimana, menarik bukan rangkaian cerita hadirnya Solo Pluffy di Kota Solo? Tenang saja, bagi yang sudah tidak sabar mencicipi, Solo Pluffy rencananya akan menggelar Grand Opening Store pada tanggal 16 Juni 2017. Tempatnya di pusat kota Solo, dan mudah di akses dengan berbagai transportasi.

Ini alamatnya :
Solo Pluffy
Alamat :
Jalan Ronggowarsito No 145, Timuran, banjarsari, Surakarta, 57131
Telpon :
0271 637492
Social media :
Facebook/ Instagram/ twitter : solopluffy







solopluffy solopluffydisolo solopluffy jessica mila jessica mila
18 comments on "Solo Pluffy by Jessica Mila, Klangenan Kota Solo"
  1. Cie cie yang kemarin dapeeet kotak cinta dari mila. Besok mau order yg greentea mbak sar. Enak banget di lidah

    ReplyDelete
  2. Aku suka warna kotak nya, menarik mata banget. Hihi.. Luar nya menarik bikin penasaran sama dalem nya, mau cobain ahh pas grand opening nanti

    ReplyDelete
  3. Kayaknya langsung lumer dimulut gt ya mbak, haduh ngiler nih padahal waktu buka masih lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Godaan banget ini mbak..kuatkan lidah

      Delete
  4. Green tea dicampur sereal, patut dicoba! Itu krimnya lumer gitu menggoda selera

    ReplyDelete
  5. Wah..mbak Jessica Mila ada darah Solo to? Ngga nyangka ih.. Pantesan kayaknya karakternya lembuuut gitu. :)

    ReplyDelete
  6. Waah ada lagi ya cake dari artis? Kapan ya ada yang melirik banjarmasin? Heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditunggu mbak...segera menyebar tren ini se _indonesia..hahaha

      Delete
  7. Saya beberapa waktu yang lalu dibelikan teman rasa choco crunchy,menurut saya enak tapi untuk harga segitu terlalu mahal jika ukurannya kecil.

    Sekarang memang lagi trend artis artis menjajal peruntungan di bidang kuliner terutama kue. Sasarannya di kota kota selain jakarta untuk oleh oleh. Tapi apakah itu tidak menghilangkan oleh oleh khas solo nya sendiri?

    ReplyDelete
  8. Informasi nya sangat detail dan menarik. Terutama bagi saya sendiri yang belom pernah mencoba cake tersebut jadi bisa memberikan bayangan bagaimana bentuk dan rasa nya. Informasi nya juga tidak hanya tentang review cake nya saja tetapi juga mengenai asal usul terbentuknya nama cake sekaligus memberikan denah toko yang dapat memudahkan para penggemar cake atau yang ingin mencicipi cake tersebut.
    Jadi penasaran 😁

    ReplyDelete
  9. Walaupun belum sempat mencicipi Solo Pluffy, tapi saya yakin kalau cake nya memiliki tekstur halus dan lembut di mulut. Tampilan kotaknya pun menarik hati pelanggan untuk segera membelinya.hehe

    ReplyDelete
  10. pas kemarin di stasiun solo balapan.. sepi :D

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature