Federal Matic 2x Revolusi Dingin

7/28/17
Saya melakukan aktivitas berkendara setiap hari. Kondisi jalanan Kota Solo yang semakin padat, membuat saya memilih motor matic untuk alat trasnportasi yang paling efektif. Jarak rumah dan kantor sekitar 15km, dapat ditempuh 20 -30 menit saja. Namun, bisa lebih lama jika berkendara saat jam padat, seperti pagi ketika berbarengan dengan jam masuk anak sekolah, jam makan siang dan sore jam pulang kantor.

Saya pernah memiliki suatu pengalaman yang kurang menyenangkan. Saat itu saya dalam perjalanan menuju pulang ke rumah seusai bekerja. Melintasi jalan protokol Kota Solo, saya berhenti karena lampu merah. Ketika lampu sudah berwarna hijau, saya secara otomatis menarik gas motor matic yang saya kendarai. Namun, motor tersebut diam saja. 

Dalam kondisi mesin menyala, saya mencoba menarik gas dalam-dalam. Tetapi tetap saja motor tidak bertenaga, tidak berkutik. Sontak saya begitu panik. Sementara kendaraan lain di belakang mulai tidak sabar dan menekan klakson keras-keras. Dengan peluh yang mulai menetes, saya turun dari kendaraan dan segera menuntun motor ke pinggir jalan. Seorang bapak penarik becak yang mangkal tidak jauh dari tempat saya berdiri kemudian membantu. Setelah beberapa saat motor saya diamkan, kemudian bergantian menstarter motor dengan double starter maupun kick starter, akhirnya motor dapat menyala.

Sesampai dirumah saya curhat dengan suami mengenai kejadian yang membuat jantung saya masih deg-degan tadi. Suami saya mengatakan, mungkin motor matic saya mengalami overheat. Kata suami  kemudian, motor matic saya itu sudah waktunya ganti oli.

Apa itu oveheat?

Overheat dikenal sebagai kondisi motor yang menjadi panas secara berlebihan. Hal ini dapat terjadi karena tingkat suhu yang melewati batas normal pada komponen mesin. Salah satu contoh bentuk akibat dari overheat adalah motor menjadi tidak bertenaga meski mesin masih menyala. Pada motor yang sudah "berumur" overheat sering terjadi ketika kendaraan bekerja untuk jarak yang jauh dan berkecepatan tinggi, saat mudik misalnya.

Gambar diambil dari otomotif.liputan6.com
Penyebab Overheat

Ketika kemudian saya membawa motor matic ke bengkel, saya bertanya hal-hal apa saja yang menyebabkan overheat. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

1. Sirkulasi Oli

Oli pada mesin berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi gesekan yang terjadi antar komponen mesin. Tanpa adanya oli, gesekan tersebut dapat menyebabkan kerusakan. Oli juga berfungsi sebagai pengatur di dalam ruang mesin. Sirkulasi oli yang tidak lancar menyebabkan mesin cepat panas.

2. Kipas Radiator Tidak Berfungsi

Pada sepeda motor, kipas radiator berfungsi untuk mengalirkan udara melalui sirip radiator untuk mendinginkan water coolant. Water coolant adalah cairan yang diedarkan ke radiator untuk mendinginkan mesin ketika berkendara. Jika kipas radiator bekerja normal suhu mesin akan terkontrol. Namun, jika radiator bermasalah, maka suhu mesin pun menjadi panas sekali. 

3. Busi yang Aus
Busi yang sudah aus mengakibatkan percikan api yang dihasilkan tidak lagi besar, atau sudah tidak stabil. Kondisi busi yang bermasalah dapat dikenali dari suara mesin, performa kendaraan yang menurun, dan mesin yang tersendat-sendat. Pada akhirnya kondisi tersebut mengakibatkan mesin menjadi mudah panas.
Gambar diambil dari http://federaloil.co.id

4. Piston atau Ring Piston yang Aus
Piston layaknya "prosesor" kendaraan. Komponen ini merupakan tempat terjadinya perubahan bahan bakar menjadi energi yang berguna untuk menggerakkan kendaraan. Jika knalpot kendaraan cepat panas dan mengeluarkan asap putih hal ini disebabkan oleh pembakaran yang kurang baik yang berarti ring piston telah aus.

Mencegah Overheat pada Motor 

Sebagai perempuan yang tidak terlalu paham dengan dunia otomotif, tentu salah satu solusi terbaik ketika melihat ada kendala pada motor adalah dengan langsung datang ke bengkel. Namun, tidak ada salahnya, kitapun harus tau apa penyebab sekaligus paham cara mengatasi overheat pada motor. 
Cara yang paling mudah ketika terjadi overheat adalah mematikan mesin dan mendinginkannya.
Selanjutnya, supaya mesin motor tidak mudah panas, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan agar motor terhindar dari overheat.

1. Memanaskan motor 2 sampai 3 menit sebelum perjalanan. Hal ini bertujuan agar oli tersirkulasi keseluruh bagian mesin.

2.Perhatikan sistem pendingan. 
Jika motor menggunakan sistem pendingin cairan, maka biasakan mengecek cairan coolant secara teratur. Pemilik motor juga harus rajin memberishkan radiator, jika menggunakan sistem pendingin udara. Nah, bagi pemilik kendaraan yang sudah cukup tua, sebaiknya menambahkan kipas, baik di depan atau belakang radiator.

3. Pastikan kerapatan piston disetel dengan tepat. 
Posisi piston dalam silinder yang terlalu rapat akan membuat seher dan piston tidak bisa bergerak secara leluasa. Hal ini dapat menghambat saluran pelumasan oli dan membuat mesin menjadi cepat panas. 

4. Mengganti oli secara rutin. 
Dengan kondisi oli yang baik, maka komponen mesin yang saling bergesekan akan lebih mudah didinginkan. Oli yang baik juga efektif menghilangkan kerak hasil pembakaran dan kotoran lainnya yang juga berpotensi membuat mesin overheat. Sehingga mengganti oli secara teratur akan membuat mesin lebih awet serta dapat bekerja secara optimal.

5. Pilih Oli Motor yang Tepat.
Selain tepat dalam jadwal pengagntian oli, pilihan oli juga harus diperhatikan. Oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin akan membantu mesin bekerja dengan maksimal.

Oli Motor Terbaik untuk Motor Matic

Bukan hanya sebagai pemilik dan pengendara, sekarang saya juga memiliki tugas khusus dari suami untuk secara rutin top up oli ke bengkel. Seringkali saya manut saja jenis oli apa yang bengkel berikan untuk motor matic saya. Padahal motor matic rentan dengan mesin yang cepat panas sehingga harus menggunakan oli yang tepat. Saya tidak ingin kejadian lalu, dimana motor tiba-tiba berhenti di tengah jalan yang ramai terulang lagi. Setelah browsing dan bertanya pada yang lebih berpengalaman, akhirnya saya menemukan oli motor terbaik untuk motor matic.

FEDERAL MATIC 2 X REVOLUSI DINGIN


Gambar diambil dari http://federaloil.co.id

Federal Matic adalah oli motor salah satu produk dari Federal Oil yang dikhususkan bagi motor matic yang dikenal sebagai Si Spesialis Dingin. Mengukuhkan sebagai oli motor matic terbaik, tentu Federal Matic memiliki kelebihan dibandingkan dengan oli motor yang lain di pasaran.

1. Federal Matic diperkuat dengan Heat Protection Formula.
Heat Protection Formula merupakan perpaduan spesial Viscoelastic Molecules yang meningkatkan akselerasi dan ketahanan mesin. Selain itu Active Moly di dalamnya berfungsi melindungi gesekan antarkomponen mesin sehingga menjaga suhu mesin tetap dingin. Adanya Double Act Cleaner juga mampu membersihkan kotoran pada seluruh permukaan komponen mesin sehingga kinerja mesin lebih optimal. Heat Protection Formula inilah yang mampu membuat motor matic tidak mudah panas, sehingga dapat bekerja dengan optimal.


2. Heat Protection Formula Mengontrol Panas 2x lebih Efektif
Federal Matic mampu melumasi bagian mesin terkecil dengan sempurna. Selain itu keberadaan kotoran karbon di dalam motor yang membuat kinerja piston mesin motor terganggu dapat dibersihkan dengan baik oleh Federal Matic. Sehingga performa mesin motor matic tetap optimal.

3. Heat Protection Formula Siap Membuat Motor Matic 2x Lebih Kencang dan 2x Lebih Bandel
Kemampuan Heat Protection Formula  mengontrol panas 2x lebih efektif, membuat suhu motor tetap stabil dan tidak kehilangan power-nya untuk menghasilkan performa motor lebih kencang dan mesin lebih bandel dibandingkan bila menggunakan oli motor lainnya.
Hal ini bukan isapan jempol. Berdasarkan berita yang dirilis Liputan6.com, bahwa kemampuan Federal Matic telah teruji secara empiris dalam Endurance Journey Sumatera-Jawa yang menempuh jarak 3.500 km, Daily Endurance Test 5.000 km yang dilakukan oleh salah satu peserta Driver Ojek Online, dan bedah motor matik yang baru-baru ini didokumentasikan untuk melihat kondisi piston setelah memakai Federal Mati.

4. Federal Matic Bikin Irit Kantong
Nah, kalau mesin motor nggak bandel dan rewel, tentunya sebagai pemilik motor matic kita akan lebih mudah merawatnya. Kita tidak perlu bolak balik ke bengkel dan pastinya akan irit dikantong.

Varian Federal Matic


Gambar diambil dari www.federaloil.co.id

Gambar diambil dari www.federaloil.co.id
Jika merasa bingung apa perbedaan dari Federal Matic 30 dan Federal Matic 40, perbedaan mendasar terletak pada viskositas atau kekentalan dari kedua oli tersebut.

Federal Matic 30 
●Memiliki SAE 10W-30 API SL JASO MB
●Dikhususkan untuk motor-motor yang memiliki pelumas spesifikasi 10W-30, seperti motor-motor matic Honda keluaran terbaru dengan kapasitas mesin 110-150 cc seperti, PCX, Vario, Scoopy, Spacy dan Beat.

Federal Matic 40
●Memiliki SAE 10W-40 API SL JASO MB
●Spesifikasinya dibuat untuk motor-motor matic keluaran Yamaha dan juga matic lansiran Piaggio

Gambar diambil dari www.federaloil.co.id

Gambar diambil dari www.federaloil.co.id

Setelah melihat varian dari Federal Matic, sekarang tentu saya tidak bingung memilih oli motor yang tepat untuk motor matic saya. Terlebih lagi Official Website Federal Oil memberikan informasi yang lengkap mengenai keseluruhan produknya. Bahkan terdapat menu khusus, yang mampu merekomendasikan oli motor mana yang  sesuai dengan motor yang dimiliki konsumen.


Bagi pemilik motor matic, urusan overheat kini sudah ada solusinya. Federal Matic 2x Revolusi Dingin, siap melindungi motor matic kesayangan.



Referensi

www.federaloil.co.id
www.spiderbeat.com
Liputa6.com

5 comments on "Federal Matic 2x Revolusi Dingin"
  1. Oli federal memang ok banget ya mbak bikin awet dan tahan lama, memang mantep deh federal ini, salam kenal mbak

    ReplyDelete
  2. Jadi makin yakin lekatkan Federal Oil sebagai oli motor matic terbaik.

    Komplit plit nih mbak reviewnya.. ^_^

    ReplyDelete
  3. aku juga pake oli ini Mak. Emang cucok banget buat matic. Cuma pas baca ulasanmu jadi ngerti kelebihannya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature