Tipe Gamer Seperti Apakah Kamu?

8/26/17
Perkembangan industri digital game di tanah air terus meningkat. Bukan saja diikuti oleh naiknya revenues generated industri game, tetapi juga jumlah gamers itu sendiri.

Di kutip dari mygaming , jumlah gamer di dunia di tahun 2015 pun telah mencapai 1,8 miliar, dengan 1,2 miliar gamer bermain di PC. 62% gamer menggunakan PC sementara 56% menggunakan konsol. Persentase ini mungkin saja bergeser dengan kehadiran mobile games. Meski demikian peminat games terus saja bertumbuh.

Entertainment Software Association (ESA) pada bulan April 2015 merilis The 2015 Essential Facts About the Computer and Video Game Industry menunjukkan bahwa laki-laki masih mendominasi sebagai gamer dengan persentase 56% dengan rata-ratas gamer berusia 35 tahun. Meski demikian jumlah gamer perempuan tidak dapat dikatakan sedikit.
Gamers : A person who plays video games or participates in role-playing game (oxforddictionaries)

Meski suka bermain game, tidak semua orang menyebut dirinya gamer. Saperti saya misalnya, meski hampir setiap hari memainkan game di handphone, tapi rasanya sedikit "tabu" menyebut diri saya sebagai gamer. Alih-alih berkompetisi menaikkan level atau beradu skill dengan pemain lain, saya lebih senang mendekorasi perkebunan dengan membeli banyak pepohonan. Meski saya royal mengeluarkan uang untuk membeli koin atau diamond, antusias saya tidak lebih dari membuat kebun menjadi lebih cantik. Itu saja. Tau kan, apa game yang saya mainkan?


Sebagai generasi millennial, mengikuti perkembangan teknologi informasi adalah sebuah keniscayaan. Setiap harinya, kita menunggu produsen mana saja yang senantiasa menciptakan beragam inovasi dan terobosan melalui produk terbarunya. Pertanyaan saya terjawab, setelah beberapa waktu lalu saya diundang dalam acara product launching HP -( Hawlett Packard) di Royal Ambarukmo Hotel, Yogyakarta, 23 Agustus 2017. Saat ini HP mencoba menghadirkan rangkaian seri notebook terbaru untuk segmen consumer mulai dari seri HP Pavilion, ENVY , SPECTRE serta produk terbaru yang dijagokan untuk gaming yakni OMEN by HP

#DominateTheGame

Kabar gembira juga hadir untuk para gamers tanah air. HP akhirnya  memperkenalkan notebook yang mendukung secara optimal aktivitas gaming- OMEN by HP. Untuk masalah teknologi, tentu kita tidak perlu meragukan kualitas HP. Itu mengapa, product specialist HP pada acara press launching di Yogyakarta tersebut, memberikan referensi produk terbaiknya untuk para gamer.

Ini dia komputasi khusus gaming terbaik untuk GAMERS!

1. Casual Gamer
Gambar: techserious.com
Mereka yang bermain game untuk mengisi waktu luang, dapat dimasukkan dalam kategori ini. Pemain akan memilih game-game yang ringan, sederhana tapa perlu banyak berfikir. Frekuensi dan intensitas waktu bermain game pun tidak banyak. Sehingga gamer ini bermain dengan fun tanpa ada tendensi apa-apa.

Contoh gamenya adalah game-game seperti gamehouse.

See All Spec - Click

2. E-sport Gamer
Gambar : gameskinny.com
E- Sports atau Olahraga Elektronik. E-Sport membawa sifat kompetitif game ke taraf yang lebih tinggi. Bila biasanya main game sekadar mengisi waktu luang, mereka yang berkecimpung dalam ranah E-Sport main game demi jadi yang terbaik dengan mengalahkan gamer lain. Mereka memiliki antusias yang tinggi, sekaligus memeinkan game secara profesional.  Di Negara seperti Korea, gamer seperti ini sudah memiliki sponsor dan mereka bertanding di kejuaraan seperti WCG (World Cyber Game)

Karena sifatnya yang kompetitif tersebut, kebanyakan cabang E-Sport menggunakan judul-judul game yang bersifat multiplayer, player versus player, serta mengandalkan teknik dalam bermain.

Beberapa genre game yang biasanya dijadikan cabang E- Sport seperti Real Time Strategy (contoh game-nya seperti Age of Empire atau Dota 2); First Person Shooter (Counter Strike, Point Blank); Fighting (Street Fighter) dan Sports Simulation (PES 2016, NBA 2k16, Madden 2016). (Nyoozee.com)

OMEN by HP menawarkan kualitas visual grafis mengagumkan, performa yang cepat dan kuat, audio visual yang menawan serta dilengkapi dengan teknologi High Performing Cooling , untuk menjaga notebook teteap dalam kondisi dingin berkat sirkulasi udara yang prima. Untuk mendukung aktivitas gaming , OMEN by HP dilengkapi dengan Dragon Red Backlit dengan 26 -key rellover anti ghosting.
See all spec - Click

3.      Hardcore gamer


Mereka yang disebut hardcore gamer adalah orang yang menghabiskan banyak waktu mereka untuk menguasai atau menjadi yang terbaik dari sebuah game. Game-game yang dimainkan oleh gamer ini biasanya online game yang memiliki tingkat leveling sehingga semakin sering mereka bermain atau berlatih mereka akan semakin jago.

Contoh gamenya adalah Point Blank, Starcraft, DotAb

See all spec - Click

Buat kamu yang ngakunya gamer, bisa memilih beragam produk unggulan HP yang senantiasa menghadirkan inovasi berteknologi canggih bagi setiap individu yang kreatif, produktif dan penuh inspirasi.
13 comments on "Tipe Gamer Seperti Apakah Kamu?"
  1. Artikelnyaa bagus dan menarik, dari judulnya saja membuat tertarik untuk membaca... saya setuju dengan pernyataan istilah gamers untuk julukan pemain game.

    ReplyDelete
  2. Gamers harus menyampaikan bakatnya lewat Esport udah hobi dapat uang lagi.
    Menurut saya.
    E-Sport ? Jelas dong , sudah saatnya seorang gamers yang dianggap bodoh dalam pembelajaran di skolah dan di cap tidak bisa mempunyai pekerjaan bisa bangkit.
    Dengan adanya E-Sport gamer bisa menyampaikan bakatnya untuk mengadu skill agar lebih professional.
    Sudah hobi dapet uang lagi terus kenapa nggak?

    ReplyDelete
  3. Gamers harus menyampaikan bakatnya lewat Esport udah hobi dapat uang lagi.
    Menurut saya.
    E-Sport ? Jelas dong , sudah saatnya seorang gamers yang dianggap bodoh dalam pembelajaran di skolah dan di cap tidak bisa mempunyai pekerjaan bisa bangkit.
    Dengan adanya E-Sport gamer bisa menyampaikan bakatnya untuk mengadu skill agar lebih professional.
    Sudah hobi dapet uang lagi terus kenapa nggak?

    ReplyDelete
  4. Kriteria E-Sport Game mungkin akan lebih banyak disukai banyak kalangan. Di satu sisi e-sport game dapat dimainkan dikala waktu luang saja, banyak sekali kriteria game yang termasuk e-sport game. Didalam e-sport dapat bermain dengan banyak sekali player dan dapat bersaing disana, manakah yang akan jadi lebih unggul diantara yang lain. Di sisi lain tidak perlu memerlukan PC dengan spec yang tinggi. Dari sisi itu mungkin akan banyak orang lebih memilih E-Sport Game.

    ReplyDelete
  5. Sejauh ini memang banyak game-game yang menggunakan kemampuan hardware yang memumpuni seperti processor,ram,motherboard,vga dan juga memori.Bagi casual gamer yang hanya bermain game untuk mengisi waktu luang tidak akan mempermasalahkan hardware yang dipakai karena mereka hanya mengisi waktu saja, Berbeda dengan hardcore gamer yang rela mengeluarkan uang sampai puluhan juta rupiah hanya untuk bermain game dengan kualitas grafis yang mengagumkan.

    ReplyDelete
  6. Artikelnya sangat menarik, di indonesia sendiri banyak tipe" gamers seperti diatas, tetapi kebanyakan dari mereka biasa bermain game sampai lupa waktu dan hanya untuk kesenangan belaka khususnya untuk game online, mereka bkn termasuk tipe casual gamer ataupun e-sport gamer, bahkan jga tidak masuk di dalam katagori hardcore gamer, karena mereka tidak mecari grafis yg baik tetapi hanya membuang" waktunya untuk bermain sebuah game demi mendapat kesenangan belaka( anak warnet ), akan lebih baiknya jika mereka menyalurkan kebiasaan ini ke ranah E-Sport, karena jika mereka masuk ke E-Sport maka mereka akan lebih mendapat manfaat seperti Uang, Endorsement,dll jika Mereka mampu menjadi juara, memang di indonesia E-Sport kurang di perhatikan dan bisa dibilang sangat jarang dibanding negara" lain, akan lebih baik jika E-Sport ini mendapat dukungan dari pemerintah, jadi mereka dapat bermain game bukan sekedar untuk hal yang sia" belaka tetapi mampu mendapatkan profit atau benefit dari kegiatan mereka itu.

    ReplyDelete
  7. Dalam dunia moderen sekarang yang sudah bisa dibilang canggih sangatlah kurang cocok kalau E-sport Game yang digandrungi oleh remaja atau orang dewasa masih dianggap tabu. E-Sport Game bisa sangat menguntungkan karena sudah ada beberapa perusahaan elektronik yang mensupport tournament nasional maupun internasional di kancah dunia. Dengan lewat E-Sport Game seseorang bisa menyalurkan bakatnya yang luar biasa. TERIMAKASIH

    ReplyDelete
  8. Artikel yg menarik, bagi saya yg bisa dibilang tipe hardcore gamer, pernah saya menghabiskan waktu sampai 8 jam nonstop hanya untuk memainkan 1 game saja. Artikel ini juga sangat berguna untuk para gamer mengenali diri mereka lebih dalam lagi.

    ReplyDelete
  9. Peluncuran produk terbaru hp dengan seri omen bisa dibilang sebuah loncatan bagi hawlet packard. Pasar gamer yang semakin luas dan persaingan merk laptop gaming yang sekarang semakin ketat membuat konsumen lebih bebas dan memiliki pilihan yang lebih bervariasi. Berbeda dengan beberapa tahun silam dimana pasar laptop gaming hanya didominasi ROG nya ASUS dan Predator nya Acer.

    Dan juga sedikit ralat untuk casual gamer. Casual gamer bukan berarti hanya memainkan game-game ringan ada juga yg bermain game berat namun hanya bermain untuk bersenang-senang saja seperti pemain overwatch atau paladins yang hanya bermain ketika memiliki waktu luang tanpa peduli rank. Atau pemain dota yang hanya bermain tanpa memperhatikan mmr mereka. Pokoknya yg penting main.

    Artikelnya bagus.

    ReplyDelete
  10. Rasanya Indonesia memerlukan suatu inovasi baru agar para gamers yang suka memainkan e-sport game tidak dipandang sebelah mata. Memang game sekarang ini seperti pedang bermata dua, bisa jadi hiburan bisa juga menjadi malapetaka. Namun apabila kemampuan ini digunakan sebagaimana mestinya, di Indonesia akan muncul para gamers-gamers yang mungkin bisa bersaing di kancah Internasional.

    ReplyDelete
  11. Artikelnya kurang lengkap, mungkin kalau ditambah dengan sifat2 gemer sesuai tipe seperti tipe casual sifat lebih lembut, mudah diatur atau tipe hardcore sifat lebih mudah emosi pasti lebih lengkap. Walaupun begitu saya salut pada bu sara yang seorang perempuan munilis artikel tentang game. Mungkinkah anda gamer?

    ReplyDelete
  12. tambahan tipe gamer yang memainkan banyak game dari berbagai genre game dan kalau bisa artikel nya dicantumkan sumbernya

    ReplyDelete
  13. isi dari artikel ini sangat menarik untuk dibahas sama seperti saya yang termasuk golongan gamer e sport yaitu point blank.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature