Menjelajah 6 Gedung Tua Peninggalan Belanda yang Tersebar Di Pulau Jawa

24.9.17
Kalangan generasi milenial kini memiliki tren baru, yakni merekam video blog atau yang lebih dikenal dengan Vlog. Salah satu strategi untuk mendapatkan banyak viewers, para vlogger -sebutan para kreator vlog- harus mampu menciptakan konten yang berkualitas.

Pict : idsejararah.net

Untuk membuat konten yang bagus dengan setting tempat menawan, tidak melulu harus berpergian ke luar negeri, karena di Indonesia juga memiliki banyak tempat-tempat menarik. Salah satu tempat unik yang harus dikunjungi adalah gedung-gedung tua peninggalan kolonial Belanda, yang masih kokoh berdiri, di beberapa wilayah di pulau Jawa. 

Nah, jika kamu sedang mencari referensi untuk konten vlog selanjutnya, berikut rekomendasi 6 bangunan tua peninggalan Belanda yang sarat dengan sejarah. 

Eits.. tapi jangan lupa ya, persiapkan dengan baik perlengkapan syuting, beli tiket pesawat dan temukan harga hotel terbaik sebelum menjelajahi berbagai gedung-gedung tua peninggalan Belanda yang tersebar di pulau Jawa tersebut. Urusan booking tiket pesawat dan hotel murah, kamu bisa temukan di berbagai situs booking online. 

1. Semarang - Lawang Sewu

Pict : bilio.net
Di Kota Semarang, terdapat sebuah bangunan tua kuno yang konon memiliki aura mistis yang kuat. Bangunan ini dinamakan Lawang Sewu. 

Walaupun terkenal angker, tetapi keeksotisan juga arsitektur bangunan gedung Lawang Sewu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tidak sedikit pula wisatawan yang sengaja datang dan menjelajahi setiap sudut bangunan tua ini sebagai lokasi wisata mistis. 

Siapkan kamera videomu, dan jelajahi setiap sudut bangunannya, siapa tahu kamu bisa bertemu dengan “para tahanan” yang konon bersembunyi di area penjara bawah tanah.

Baca Juga : Bangunan Peninggalan Belanda di Bandung


2. Malang - Wisma Tumapel

Pict : ngalam.co

Bangunan tua yang sudah tidak terawat ini, sudah ada sejak tahun 1928 silam. Pada zaman kolonial Belanda, Wisma Tumapel merupakan Hotel Splendid milik Belanda yang tergolong mewah. Konon, penghuni gedung tua ini adalah sesosok hantu Noni Belanda. Banyak yang mengatakan bahwa hantu Noni Belanda itu sering terlihat sedang berjalan-jalan di lorong atau menampakkan dirinya di jendela. Para pengunjung yang ingin datang ke tempat ini, disarankan untuk tidak berteriak-teriak atau membuka pintu yang tertutup. 

Masih jarang yang membahas gedung ini di situs video YouTube, ambil kesempatan ini untuk dijadikan bahan konten vlog selanjutnya. Bangunan tua peninggalan Belanda ini terletak di Jalan Tumapel 01 dan berdekatan di Balai Kota Malang.

3. Yogyakarta - Benteng Vredeburg 

Pict : visitingjogja.com
Museum Benteng Vredeburg merupakan salah satu spot favorit yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Sebagai bangunan peninggalan era kolonial Belanda, pemerintah daerah Yogyakarta memiliki komitmen untuk terus merawat dan melestarikan bangunan tua ini sebagai salah satu situs peninggalan sejarah. Baik siang maupun malam hari, pesona bangunan tua ini selalu menarik untuk dijelajahi. Dan jika beruntung, kamu bisa bertemu pasukan tentara (yang konon) tidak berkepala.


Baca Juga : Hogwart di Jatim Park 3 Malang


4. Bandung - Villa Isola

Pict : balebandung.com
Villa Isola merupakan sebuah gedung rektorat dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Bangunan tua yang satu ini juga merupakan bangunan peninggalan Belanda yang dibangun pada bulan Juli 1933 dan masih terawat sampai saat ini. 

Awalnya, Villa Isola merupakan sebuah bangunan villa pribadi milik  seorang jutawan Belanda bernama Dominique Willem Berretty. Banyak yang menjadikan tempat ini sebagai background foto pre-wedding, dan sebagian lainnya bertemu dengan penampakan hantu noni Belanda. 

5. Surabaya - Hotel Majapahit 

Pict : indonesia-holiday,com
Kota yang dijuluki Kota Pahlawan ini, merupakan saksi sejarah dari aksi heroik para pahlawan dalam melawan tentara Belanda. Dan Hotel Majapahit merupakan salah satu bangunan peninggalan zaman kolonial yang masih berdiri hingga kini. Bangunan yang awalnya bernama Hotel Yamato dan kini menjadi Hotel Majapahit ini, merupakan tempat perobekan bendera Belanda. 

Selain menelusuri jejak sejarah, kamu juga bisa menginap di hotel ini. Temukan harga hotel terbaik sebelum melakukan pemesanan kamar hotel Majapahit.

6. Jakarta - Museum Fatahilah

Pict : common.wikipedia.org

Salah satu bangunan tua peninggalan Belanda, sekaligus menjadi salah satu destinasi tempat wisata di Jakarta, adalah Museum Fatahilah. Gedung tua yang konon sudah dibangun sejak tahun 1707-an ini masih kokoh berdiri dan menjadi salah satu bangunan ikonik di Ibukota Jakarta. Gedung tua ini menjadi salah satu spot menarik bagi para fotografer maupun videografer yang ingin mengabadikan keindahan bangunan yang masih mempertahankan ‘aura’ ke-Belanda-an nya.

Bagaimana? 

Ternyata hanya dengan berkeliling di Pulau Jawa, kamu bisa mendapatkan banyak tempat untuk bahan konten vlog. Selain  lebih hemat budget, kamu juga sekaligus bisa berwisata sejarah. Selain itu, konten positif yang kamu buat dan dibagikan di media sosial, akan jauh lebih diapresiasi serta memberikan dampak positif, jika dibandingkan dengan konten yang negatif. 

So, segera siapkan jadwal keberangkatanmu untuk mengunjungi tempat-tempat di atas, dan sebelum menjelajah, siapkan dirimu dengan menemukan harga hotel terbaik untuk menginap dan temukan hotel murah online yang tersedia di situs booking online Reservasi.com. 
10 comments on "Menjelajah 6 Gedung Tua Peninggalan Belanda yang Tersebar Di Pulau Jawa "
  1. Lukman arif b (L100160086)October 2, 2017 at 9:17 PM

    Artikel di atas sangat berguna bagi saya karena saya menjadi tahu gedung-gedung tua yang ada di pulau jawa dan informasi ini sangat berguna bagi masyarakat yang ingin tahu tentang gedung tua peninggalan belanda yang ada di pulau jawa.

    ReplyDelete
  2. Kawasan wisata arsitektur di atas bisa menjadi rekomendasi bagi traveler untuk dikunjungi karna keindahan serta daya tarik bangunan dan sejarahnya, namun selain di kunjungi semoga kedepannya bisa juga di pelajari bagaimana bisa bangunan setua itu masih bisa bertahan melewati iklim indonesia yang tropis ini.semoga hasil pembelajaranya dapat di terapkan di pedalaman negri kita, serta bisa menjadi sejarah pembangunan seperti gedung gedung yang telah di sebutkan di atas.

    ReplyDelete
  3. Semoga bangunan bersejarah yang masih bertahan bisa menjadi contoh bagi pembangunan pembangunan kedepan.

    ReplyDelete
  4. Fajar Eka Kusuma J (L100160056)October 3, 2017 at 5:27 PM

    Sangat menarik benteng - benteng diats untuk dikunjungi. Selain untuk hunting foto atau vloging, dapat juga mempelajari sejarah didalamnya. Masih ada beberapa benteng yang menarik untuk di kunjungi seperti Benteng Vastenburg di Surakarta dan Benteng Van Den Bosch di Ngawi. Di Van Den Bosch terdapat makam Kyai Muhammad Nursalim yang merupakan ulama besar di ngawi. Memang terasa aneh ketika memasuki benteng Van Den Bosch terutama di area makam. Mungkin benteng ini menarik juga untuk dijadikan bahan vlog, masih sedikit yang membuat vlog di benteng ini.

    ReplyDelete
  5. Revina Alifia RahmanOctober 3, 2017 at 7:07 PM

    Wah bagus banget buat yang ingin uji nyali atau yang penasaran dengan sosok2 yang ada di gedung2 itu. Tapi yang tdk mau menguji nyalinya mungkin bisa foto2 atau eksis di luar gedung yg bernuansa kolonial itu. Ternyata gaperlu jauh2 buat cari tempat yg out of the box tsb.

    ReplyDelete
  6. Miftah Haidhar RozaqOctober 3, 2017 at 7:30 PM

    Di benteng Vredeburg juga sering diadakan event" mengenai seni, pernah event tersebut yang utama tentang wayang se-nusantara

    ReplyDelete
  7. Setelah membaca artikel sangat membantu saya,saat ingin berpergian atau travelling mengenai wisata - wisata dipulau jawa terutama wisata sejarah dan dapat mengedukasi anak - anak agar tidak melupakan terhadap wisata sejarah

    ReplyDelete
  8. Muhammad Ricko Ilham A._L100164008_XOctober 3, 2017 at 11:55 PM

    Saya setuju dengan pernyataan diatas karena dengan berkeliling di pulau jawa saja kita sudah bisa dapat banyak bahan untuk membuat sebuah vlog, bukan itu saja dengan cerita yang ada pada bangunan itu juga bisa memberikan kita tema pada vlog kita.

    ReplyDelete
  9. Aku kayaknya ngibarin bendera putih aja deh klo ngevlog di tempat tempat kaya gitu wkwkwk salah salah kerekam yang aneh aneh, takuttt

    ReplyDelete
  10. Rizki Prima RamadhaniOctober 22, 2017 at 8:51 PM

    Tempatnya recomended banget kakak kita bukan hanya di suguhi bangunan-bangunan bersejarah saja namun juga dengan tampilan elok nan mempesona seolah memancing kita sebagai wisatawan untuk berkunjung dan sepertinya cocok untuk dijadikan spot hunting foto bareng :D

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature