Bergaya Casual dengan Batik

27.9.17
Batik itu buat kondangan. 
Kalau pakai batik kaya bapak-bapak deh!
Masak iya sih??

Jika masih berpikir demikian, pantas aja tidak banyak koleksi batik di lemari. Padahal sekarang banyak model atau variasi batik yang asyik untuk dipakai saat ke kampus atau hangout ke mall. Jika sulit menemukan model batik ke-kini-an di butik, kita dapat online shopping karena sudah banyak tersedia toko batik Indonesia online.

Pict : instagram @batikkerisonline
Nah, kalau kamu pengen bergaya casual dengan batik, beberapa hal ini harus kamu perhatikan agar penampilan kamu bisa maksimal.

1. Batik Nggak Selalu Dress dan kemeja Lengan Panjang

Aduh, kata siapa sih batik itu cuma ada model dress aja? Sekarang ini batik ada di semua model pakaian. Mulai dari t-shirt,skirt, blouse, cardigan, vest, jacket, short and long pants, scraf dan masih banyak lagi. Jadi jangan terpaku hanya dengan model itu-itu aja. Pilih model batik lainnya untuk tampil beda.

2. Padukan dengan Jeans
Batik + Jeans = Perfect
Batik bisa dipadukan dengan apa aja termasuk jeans untuk menampilkan kesan casual atau santai.

Pict : instagram @batikkerisonline

3. Gunakan Aksesoris 

Jika ingin menambahkan aksesoris atau gelang pada gaya berpakaianmu, pilih aksesoris yang tidak terlalu ramai, karena batik sudah kaya akan motif. Agar penampilanmu tidak terkesan berat.

4. Perhatikan Motif

Bagi yang bertubuh besar sebaiknya hindari motif yang besar pula, agar tidak menambah siluet tubuh yang semakin besar. Begitu pula sebaliknya bagi yang bertubuh mungil. Selain itu, ada banyak motif batik kontemporer yang seperti bunga dan binatang yang boleh kamu coba.

Pict : instagram @batikkerisonline

5. Pilih Warna yang Cerah

Batik tidak hanya berwarna coklat! Kamu bisa bereksplorasi dengan memilih warna-warna cerah seperti pink, kuning atau putih agar penampilan terlihat lebih fresh. 

Sekarang udah siapkan jalan-jalan pakai batik? Selain penampilan makin kece, kamu juga turut melestarikan budaya Indonesia lho...

22 comments on "Bergaya Casual dengan Batik"
  1. Aku suka sekali makai batik karena mencerminkan indonesia. Dan pakaian ini juga elegan di pakai kemana aja, kondangan maupun kerja.

    ReplyDelete
  2. Pakaian batik saat ini sudah menjadi tren trandisional yg modern. Apalagi kalo bisa memadu padankan dengan pakaian lain. Klo orng Indonesia blm pernah pakai batik, kyknya dah ketinggalan banget.

    ReplyDelete
  3. ADELIA RIZKY D. R (L100160110).
    Dari dulu memang saya suka sekali dengan batik, sampai beli kain buat di jaitin sesuai model yg saya suka. Saya setuju dengan apa yg di sampaikan dalam blog ini bukan hanya untuk kondangan saja, tetapi batik juga bisa dingunakan hangout, ke kampus, dll. Kita sebagai org Indonesia harus Cinta dengan batik, bahkan saya penasaran dengan cara pembuatan batik.

    ReplyDelete
  4. ADELIA RIZKY D. R (L100160110).
    Dari dulu memang saya suka sekali dengan batik, sampai beli kain buat di jaitin sesuai model yg saya suka. Saya setuju dengan apa yg di sampaikan dalam blog ini bukan hanya untuk kondangan saja, tetapi batik juga bisa dingunakan hangout, ke kampus, dll. Kita sebagai org Indonesia harus Cinta dengan batik, bahkan saya penasaran dengan cara pembuatan batik.

    ReplyDelete
  5. Di era sekarang masih terdapat beberapa pemikiran klasik tentang batik. Yaitu beranggapan bahwa menggunakan batik hanya pada waktu ada kondangan atau acara adat tertentu. Padahal menggunakan batik di era sekarang banyak pilihannya untuk dipakai diberbagai aktivitas yang berbeda dan menyesuaikan style pada saat ini sehingga tidak kelihatan norak. Sebelumnya saya juga merasa aneh ketika menggunakan batik karena menjadi pusat perhatian dan jadi bahan candaan teman-teman. Akan tetapi sekarang saya tidak lagi merasakan hal-hal tersebut karena sekarang batik mampu atau dapat dipadukan dengan gaya anak muda jaman sekarang seperti halnya ulasan di atas tentang bagaimana memadukan penggunaan batik. Selain itu batik merupakan salah satu budaya Indonesia. Kita dapat bergaya sekaligus melestarikannya.

    ReplyDelete
  6. Ariska nur choirinaOctober 3, 2017 at 5:29 PM

    Memang diera saat ini anak muda masih enggan memakai batik diacara-acara santai, karena mereka beranggapan bahwa batik hanya cocok dipakai untuk acara formal. Namun setelah saya membaca blog ini saya jadi mempunyai pandangan lain mengenai batik. Saya setuju bahwa batik bisa menjadi busana kekinian jika pandai memadukannya.

    ReplyDelete
  7. Iyaa juga yaa, saya kalau ada kondangan selalu pakai gaun. Engga' pernah pakai batik, mungkin kondangan kedepan mau mencoba pakai batik dengan saran diatas. Senang juga bisa melestarikan produk Indonesia biar tidak diambil negara lain, hehehe.

    ReplyDelete
  8. Haniefa Kharisma PutriOctober 3, 2017 at 6:16 PM

    Batik is one of the nation's identity of Indonesia. to that end we particularly as teenagers and the successor nation must opt to preserve the culture of our country. to respond to the views of the oblique I very much agree with her mother Zahra that batik nowadays can be combined with various forms of styles ranging from plus accessories combined with jeans and others. I am very proud to use batik, especially coupled with the cute accessories make an appearance we are impressed. In addition to that we as teenagers ought to be proud of and a way to show it can be by setting the national dress as batik clothes or dress formally. so our identity as the unitary State of the Republic of Indonesia is not taken by a stranger.

    ReplyDelete
  9. Alif WIndhu HabibburahmanOctober 3, 2017 at 6:31 PM

    pakaian batik bisa menjadi salah satu alternatif buat kamu yang pengen terlihat elegan.

    ReplyDelete
  10. Tifan ridho pratamaOctober 3, 2017 at 6:42 PM

    Mantaappp...jadi makin nambah banyak referensi nih , mski pakai batik tapi tetep bisa kelihatan casual . hehe

    ReplyDelete
  11. Bagaimana ya kalau mau mix and match batik dengan look hip hop biar bisa dipakai untuk ngedance ala ala korea

    ReplyDelete
  12. walaupun sekarang batik banyak model atau variasi yang asyik untuk dipakai, tapi sayangnya banyak anak muda yang belum sadar akan hal itu, mereka masih sering memandang batik sebelah mata,dan menganggap bahwa batik itu hanya cocok dipakai untuk ke kondangan saja.

    ReplyDelete
  13. Batik memang sudah sangat jauh berkembang dijaman sekarang. Tidak lagi dengan anggapan bahwa batik hanya untuk kondangan dan acara resmi saja.
    Apalagi kini batik banyak motif, corak dan juga varian warna. Tentu itu sangat memudahkan bagi kita kalangan remaja khususnya untuk memilih batik.
    Sudah seharusnya batik lebih sering dipergunakan lagi dalam kehidupan sehari-hari selain untuk penampilan juga untuk menjaga warisan budaya leluhur.

    ReplyDelete
  14. Putri Setyaningrum (L100160012)October 3, 2017 at 7:28 PM

    Batik memang sudah sangat jauh berkembang dijaman sekarang. Tidak lagi dengan anggapan bahwa batik hanya untuk kondangan dan acara resmi saja.
    Apalagi kini batik banyak motif, corak dan juga varian warna. Tentu itu sangat memudahkan bagi kita kalangan remaja khususnya untuk memilih batik.
    Sudah seharusnya batik lebih sering dipergunakan lagi dalam kehidupan sehari-hari selain untuk penampilan juga untuk menjaga warisan budaya leluhur.

    ReplyDelete
  15. Melinda Ayu Irawati (L100160155)October 3, 2017 at 7:49 PM

    Batik bukan lagi baju yang hanya untuk acara formal saja. Saat ini batik sudah dikembangkan dengan mengikuti perkembangan jaman. Saya sangat suka jika melihat anak muda yang memakai batik yang mencerminkan indonesia.

    ReplyDelete
  16. Dari dulu menurut saya batik memang cocok aja buat hangout tapi menurut saya pilih model aslinya batik saja tinggal pake celana jeans selesai langsung gas wus

    ReplyDelete
  17. Batik memang sangat trendy sebeneranya,di indonesia tidak bisa di pungkiri kalau sebeneanya banyak yang mengenal kata batik walaupun belum semua suka dengan batik,mungkin kita sebagai seorang pemuda yang baik harus ikut melestarikan budaya pakaian batik

    ReplyDelete
  18. ULLI FAI JAYANTI L100160166October 3, 2017 at 8:18 PM

    Saya sangat setuju dengan artikel ini jika batik sekarang sudah sangat banyak model dan motifnya yang cocok untuk dikenakan ke mall atau saat hangout. Batik merupakan warisan budaya indonesia yang patut untuk dilestarikan. Saya saat ini terkadang ketika melihat orang2 di mall beberapa ada yg menggunakan batik tetapi masih jarang tp ketika saya melihat fenomena tersebut saya kadang muncul pikiran "wah bagus juga ya ternyata cocok juga" dan semua itu ternyata memang benar jika kita pintar dalam memilih motif dan memadu padakan dan menambahkan aksesoris untuk mempercantik sehingga terlihat sangat menarik dan bukan lagi "batik baju kondangan".

    ReplyDelete
  19. Bangga banget sama batik Indonesia. Apalagi baru-baru ini publik diramaikan dengan penyanyi terkenal Agnez Mo yang mengenakan kostum batik kreasi desainer kenamaan Anne Avantie dalam video klip terbarunya. Dukung terus batik nusantara semakin mendunia.

    ReplyDelete
  20. Dicky Kurnia Adhi PamungkasOctober 3, 2017 at 8:52 PM

    Saya sangat suka dengan artikel di atas tetapi menurut saya pribadi harus tetap pede dalam menggunakan batik tetapi dalam mengikuti trend juga tak masalah kalau saya lebih baik membuat fashionnya sendiri karena selain sebagai identitas Indonesia batik juga kebudayaan yang harus dilestarikan

    ReplyDelete
  21. Rizki Prima RamadhaniOctober 22, 2017 at 8:34 PM


    Batik kian lama semangkin memikat hati para penggemarnya bukan hanya sebagai aksen pakaian kuno sekarang bahkan meneyebar hingga menjadi sebuah fashion tren kekinian sehingga membuatnya menjadi diminati oleh khalayak muda tidak hanya sebatas orang tua saja, oleh sebab itu kita sebagai generasi muda terus berinovasi agar pakain batik semakin mendunia dan di hargai oleh negara lain :D

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature