5 Hal Menarik Asian Para Games 2018 yang Kamu Perlu Tahu

16.12.17

Indonesia menjadi tuan rumah pada perhelatan pertandingan olah raga Internasional, Asian Para Games 2018. Momen ini sekaligus menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk membuktikan sebagai  negara yang ramah disabilitas dengan mewujudkan persamaan hak bagi penyandang disabilitas untuk kehidupan yang sejahtera, tanpa diskriminasi, adil dan bermartabat sesuai amanat UU No.8 Tahun 2016.

Sebelum kita dapat menyaksikan semangat yang luar biasa dari para atlet berbagai negara, berikut ini hal-hal menarik dari Asian Para Games 2018 yang kamu pelu tahu.

1. Asian Para Games 2018 dilaksanakan selama 8 hari

Asian Para Games 2018 akan dilaksanakan selama 8 hari yakni 6-13 Oktober 2018 di Jakarta.

Jakarta juga telah memulai beragam persiapan seperti menyediakan fasilitas olahraga yang memenuhi syarat aksesbilitas penyandang disabilitas. Perbaikan fasilitas olahraga, asrama atlet, serta renovasi untuk memenuhi kebutuhan pertandingan yang menyesuaikan kebutuhan atlet seperti elevator dan kamar mandi yang mudah diakses dengan kursi roda.

2. Ada 18 cabang olahraga siap ditandingkan.

Sebagai tuan rumah, Indonesia akan menyambut kehadiran 3000 atlet dan official dari 42 negara di Asia anggota Asian Paralympic Commitee. Sebanyak 18 cabang olahraga dengan 582 nomor pertandingan akan dilagakan.

Source : wikipedia
Cabang olah raga baru yang dipertandingkan adalah Chess

3. Momo adalah maskot Asian Para Games 2018

Momo ( Motivation and Mobility) adalah maskot Asian Para Games 2018 yang mengambil inspirasi dari hewan Elang Bondol, yang juga merupakan maskot Kota Jakarta. Elang Bondol kadang disebut juga sebagai Lang Lang Merah atau Elang Tembikar. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Brahminy Kite atau Red-backed Sea-eagle. 

Pict : indosport
Asian Para Games 2018 juga mengusung slogan " The Inspiring Spirit and Energy of Asia" dengan empat misi yaitu determination, courage, equality dan inspiration. Keempat misi ini diharapkan dapat memperkenalkan tekad kuat dan kepercayaan diri para atlet dalam menghadapi berbagai tantangan, baik fisik maupun mental.

4. Indonesia negara Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah.

Indoneisa adalah tuan rumah ke-3 gelaran pertandingan olahraga yang diadakan tiap 4 tahun sekali ini. 

Tahun 2010 Asian Para Games 2018 diadakan di Guangzhou, China. Sementara tahun 2014 di Incheon, Korea Selatan.

Direncanakan, Asian Para Games 2022 akan diadakan di Hangzhou, China dan tahun 2026 di Nagoya, Japan.

5. Sosialisasi Asian Para Games 2018 dilaksanakan di 16 Kota di Indonesia

Beberapa kota besar di Indonesia disinggahi untuk mensosialisasikan Asian Para Games 2018, seperti Medan, Palembang, Batam, Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, Surabaya, Bali, Makasar, Samarinda dan Ambon. 

Sosialisasi Asian Para Games 21018 di Solo Grand Mall 13-15 Desember 2017
Mengusung konsep booth di berbagai pusat perbelanjaan, sosialisasi ini melibatkan perwakilan National Paralympic Commitee (NPC), perwakilan Indonesia 2018 Asian Para Games Organizing Commitee (INAPGOC), atlet penyandang disabilitas, komunitas difabel, blogger dan para pengunjung mall.

Itu tadi ke 5 hal menarik Asian Para Games 2018 yang perlu kamu tahu. Tentu saja, sebagai warga Indonesia kita wajib mendukung para atlet kebanggaan bangsa yang akan bertanding. Penting pula kita memahami berbagai isu disabilitas secara umum, sehingga kita dapat berpartisipasi secara aktif dan berempati bagi semua kalangan masyarakat.

Selamat berjuang para bunga bangsa. Semangat dan doa kami menyertaimu!


2 comments on "5 Hal Menarik Asian Para Games 2018 yang Kamu Perlu Tahu"
  1. Nggak sabar deh melihat kemeriahan Asian Para Games Oktober 2018 nanti :D

    ReplyDelete
  2. Yess, setuju kita wajib mendukung sebagai bagian dari WNI

    ReplyDelete

Terima kasih ya sudah berkunjung dan berkomentar.
Maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Salam

Auto Post Signature