Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

7.1.19

Hai!

Awal tahun kaya gini, rasanya masih ada bau-bau liburan ya. Memulai lagi rutinitas setelah break sepekan dua pekan itu memang lumayan berat. Itu kenapa, blog saya ini juga pengennya nulis yang ringan-ringan dan nggak perlu banyak berteori.

Kali ini saya pengen pamer (baca : kasih informasi) kemarin sempat kemana aja waktu liburan. Saya ambil jatah liburan lebih awal, sekitar awal Desember 2018. Biar harganya lebih murah dan nggak perlu berdesakan di tempat wisata saat high seasons. Males lah..mau seneng-seneng kok antri. Ya tho?

Jadi kurang lebih selama tiga hari saya bersama keluarga main ke Malang. Memang niat banget untuk nyobain Jatim Park 3. Penasaran seberapa komplet sih koleksi Dino di sana. Saya nggak pernah kecewa kalau ke Malang. Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 memuaskan semua. Jadi nggak sabar buat eksplor Jatim Park 3 ini.

JAM BUKA Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

Saya berangkat dari Jombang karena sekalian ngajak mertua, dan langsung berangkat ke tujuan utama ke Jatim Park 3. Saya nggak baca banyak referensi, jadi begitu masuk ke lokasi, langsung yang kaget karena lokasinya kaya mall gitu. Besar banget. Plus lengkap juga dengan berbagai tenan, food court, merchandise, outfit, snack dan lain-lain. Lokasi ini disebut Dino Mall. Seperti mall pada umumnya, keluar masuk bebas aja, gratis!

Setelah tanya-tanya ke bagian informasi Jatim Park 3, saya jadi tahu kalo di area ini banyak pilihan area wahana. Saya kira sih cuma kebon Dino doang, ternyata ada macem-macem. Dan masing-masing ada biayanya sendiri jadi nggak yang whole packages gitu. Ada paket terusan terbatas dibeberapa area wahana, karena jam buka dan tutupnya beda-beda.

Yaudah deh, karena tujuan awal pengen lihat Dino, langsung aja beli tiket Dino Park untuk tujuan pertama.

Saatnya Review Jatim Park 3 Dino Park

Harga Tiket Dino Park

HARGA TIKET  Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

Gambar di atas adalah harga tiket Dino Park. Untungnya saya dateng pas weekdays, jadi lumayan hemat. Harga tiket Dino Park saat weekdays 75.000 rupiah dan saat weekend 100.000 rupiah. Nah, si Lila, anak saya ternyata tingginya udah 90 cm, yah.. harus bayar penuh..hahaha, udah gede dia rupaya.

Setelah beli tiket kita turun dengan eskalator dan langsung melihat atrium. Ada patung Dino besar yang bisa bergerak juga. Kalau dateng pas jam buka, bakal ada welcoming performance. Orang menunggang Dino sambil nari-nari. Lucu deh!

Di pintu masuk Dino Park Jatim Park 3 seperti biasa, nanti ada petugas yang memasangkan gelang sticker. Tas nggak dicek kok. Jadi kemarin saya bisa bebas bawa minuman dan makanan punya Lila.

TIKET MASUK Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

Ada Apa di Dino Park Jatim Park 3

Wah, sebenernya jelasin part ini lumayan panjang kali lebar. Jadi supaya kamu nggak bosen dengan tulisan saya yang naratif ini, saya akan jelasin langsung ke bagian-bagian areanya saja.

Area Depan

WAHANA Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

Kita langsung disambut beberapa Dino 3 dimensi ukuran besar. Lihat Dino 3D ini saya sudah yang takjub, karena Dinonya bisa bergerak dan bersuara. Langsung berubah suasana kaya masuk area Jurrasic Park.

Big Hall Museum Dino

Kalau di area ini, saya langsung teringat dengan film Night at the Museum dan bayangin gimana kalau malam hari semua kerangka Dino ini akan bergerak dan hidup. Seperti yang kamu lihat, ada kerangka Dino ukuran super besar di tengah hall. Sementara di dinding-dindingnya ada banyak jenis binatang yang diawetkan sepeti kelelawar, katak dan juga serangga.

WAHANA Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

Karena area Dino Park Jatim Park 3 ini super luas, pastikan untuk memperhatikan alur jalan pengunjung, supaya tidak ada yang terlewat.

Jelajah 5 Zaman

Belajar dari travelling sebelumnya, ternyata kalau jalan-jalan sambil gendong anak itu capeknya dua kali lipat. Makanya ke Jatim Park 3 kali ini saya bawa stroller. Untung saja seluruh area Dino Park ini ramah untuk bawa stroller.

PERMAINAN WAHANA Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

Sebelum masuk ke Jalajah 5 Zaman, stroller dititipin dulu ke petugas. Lalu kita bersiap antri. Antrian lumayan panjang dan harus sabar. Sambil menuju antrian kita akan diminta untuk berfoto. Nantinya, foto tersebut bisa dicetak 3 dimensi dan dapat dibeli seharga 100ribu rupiah.

Di wahana Jelajah 5 Zaman Dino Park Jatim Park 3 ini, kita akan duduk di sebuah kursi mekanik berisikan sekitar 25 tempat duduk. Setelah kita duduk rapi berjajar, kita akan menonton sebuah film sekitar dua menit pada layar ukuran besar.  Kursi kemudian akan bergerak dan mengajak kita ke area outdoor. Kita akan dibawa melihat berbagai perubahan zaman di era Dinosaurus. Selengkapnya lihat video di bawah ini.

Dari Jelajah 5 Zaman kita akan melewati jembatan akar. Lokasi ini super instagramable dan sayang banget untuk dilewatkan. Tapi pastikan untuk menghemat baterai smartphone atau kamera. Karena setalah melewati jembatan akar, kita akan masuk ke area yang menyajikan spot-spot berfoto kece lainnya. Kita akan masuk ke Live with Dino dan Rimba.

JEMBATAN AKAR Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

MACAM DINO DI Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

Live with Dino

REVIEW DI Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

Bisa dilihat di area ini penuh dengan patung-patung Dino berukuran besar. Seolah kita dibawa ke sebuah kerajaan dimana para warrior menunggang Dino sebagai kendaraan. Puas-puasin saja berfoto di sini.

JAM TUTUP Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

Rimba

Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang

Sama seperti Live with Dino, Rimba juga menyediakan banyak spot berfoto yang lebih berkesan taman karena banyak tumbuhan hijau. Dia area Rimba ini, kita akan dibawa ke nuansa Arabian dengan lagu-lagu padang pasir diperdengarkan. Kita akan terasa tinggal di kawasan timur tengah. Nuansa ini semakit diperkuat karena banyak foodcort dan tempat makan bernuansa ke-arab-araban.

Baca Juga : Koleksi Bangunan Keajaiban Dunia. Tiket Murah Banget!

Tepat pukul 13.00 saya dan keluarga beristirahat sebentar untuk salat dan makan. Soal mencari makan di kawasan Dino Park Jatim Park 3 ini banyak pilihan, jadi tidak perlu bingung. Sayangnya, ketika asyik makan hujan turun cukup deras. Tapi karena ingin nekat, kami membeli beberapa jas hujan untuk menerjang hujan siang itu. Jas hujan yang biasanya seharga lima ribu rupiah, di sini dijual lima belas ribu. Waduh, mahal, tapi ya gimana lagi..

JATIM PARK 3

Sambil berhujan-hujan, kami menuju area bernama Dino Action: Naga Cloning.

Dino Action: Naga Cloning

dokumentasi via instastory

Ini adalah kesukaan saya banget!!! Kita akan masuk seperti di dalam goa dengan menggunakan perahu karet yang mengapung di atas air. Disepanjang wahana ini kita akan disajikan pertunjukan 3 dimensi. Ada berbagai cerita disajikan melalui patung dan figur-figur  berukuran besar. Lampu warna warni dan suara yang menggema di dalam goa sukses membawa aura merinding layaknya masuk ke kandang T-Rex sungguhan.

Aksi "Dokter Gila" ketika membedah Dino membuat saya kembali takjub dengan wahana ini. Terlebih Dino Action: Naga Cloning ini ditutup dengan aksi membawa perahu karet yang kami tumpangi meluncur ke bawah bak naik roller coaster. Seru dan Gila! Anak saya yang usia 4 tahun teriak kegirangan. Saya nagih pengen lagi.

Sayang saya tidak punya banyak dokumentasi foto karena ngeri kamera bakal jatuh di air.

Istana Boneka

ISTANA BONEKA JATIM PARK 3

Hampir serupa dengan Dino Action: Naga Cloning, kami di bawa masuk lagi ke dalam goa. Yang membedakan adalah figur-figur yang ditunjukkan berupa boneka warna warni yang sangat lucu dan cantik. Cuga patung-patung dengan nuansa bawah laut. Wahana di Dino Park Jatim Park 3 satu ini tidak kalah keren. Saya pastikan anak -anak kecil bakal teriak kegirangan juga.

Ice Age

ICE AGE DI JATIM PARK 3

Gimana sudah puas di Dino Park jatim Park 3? Sebenarnya saya ingin berlama-lama di sini. Tapi karena harus menuju ke wahana selanjutnya dan keburu tutup, maka kami harus bergegas.

Di are Ice Age kita aka dibawa ke zaman es. Patung-patung makhluk purba berukuran besar mengingatkan kita film Ice Age juga. Termasuk wujud mammoth si gajah purba.

Sekali lagi saya ingatkan, berhematlah baterai. Karena setiap sudut area rasa-rasanya ingin diabadikan lewat bidikan lensa.

Keluar dai area Ice Age ini kita masih akan bertemu banyak spot-spot foto dengan kisah-kisah Dino lainnya.

Tips Nyaman Jalan-Jalan ke Jatim Park 3

Sebagai informasi Dino Park Jatim Park 3 ini tutup pukul 18.00 WIB. Saya juga nggak bisa bayangin sih ngerinya kalau berada di area ini malam-malam. Betapa Jurassic Wold akan terlihat begitu nyata.

Nah, buat kamu yang menjadikan Jatim Park 3 sebagai destinasi, saya punya beberapa tip agar jalan-jalan kamu nyaman dan efisien.

DINO PARK JATIM PARK 3

1. Sebaiknya datang ketika jam buka wahana sekitar pukul 11.00 WIB. Karena area sangat luas, pastikan setiap wahana dan sudut yang menyenangkan berhasil dikunjungi.

2. Gunakan sepatu yang nyaman. Dino Park Jatim Park 3 ini lebih menyenangkan dijelajahi dengan berjalan kaki daripada menggunakan e-bike. Oiya, di area ini ada e-bike yang disewakan.

3. Bawa air mineral. Namanya juga berjalan dan bersenang-senang biasanya akan membuat dahaga datang. Agar tidak repot membeli, kita bisa bawa sendiri dari rumah.

4. Bawa stroller jika tidak ingin repot gendong anak. Stroller ini juga membantu untuk mengangkut barang bawaan. Area Dino Park ini nyaman sekali untuk stroller. Ketika masuk ke wahana-wahana seperti Dino Action: Naga Cloning, stroller bisa dititipkan pada petugas.

5. Agar hemat, beli tiket terusan The Legend Star. Ini adalah wahana selanjutnya yang bisa dieksplorasi setelah selesai dan puas di Dino Park. Ada apa saja di The Legend Star? Tunggu postingan selanjutnya.

DINO PARK JATIM PARK 3

Menyenangkan sekali memang Dino Park Jatim Park 3 Batu, Malang ini. Saya pastikan merekomendasikan Jatim Park 3 buat siapapun yang ingin berwisata ke Malang. Dengan tiket masuk Dino Park hanya 75.000 saat weekdays tentu sangat terjangkau jika dibandingkan dengan kesenangan yang akan kita dapatkan. Kabarnya ini masih harga promo lho, jadi sebelum harga berubah, buruan deh ke sini.

Baca Juga : Intip  Jatim Park 1. Yuk!

Dino Park, Jatim Park 3
Buka : 11.00 - 18.00 WIB
Tiket IDR 100.000,- (official price)

Let's be friends!

Instagram | Facebook | Twitter

See you on the next blogpost.

Thank you,

15 comments on "Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang"
  1. Wah luar biasa ini dalamnya ya. Next ke sini akh secara Jatim Park 1& 2 udah. Btw makan bakwan Malang di sana nggak ada yang nggak enak ya hahaha

ReplyDelete
  2. Selain ke museum angkut, dino park ini jadi lokasi yang ingin dikunjungi putra saya kalau ke Malang nih...

1. bener Museum Angku titu juga amazing banget..puas bakalan

Delete
  3. Huwaaaaaaw ini keren sekali, ada Dino Park di Jatim, mupeng pengen kesana ih.

1. apalagi yang selama ini demen ngikuti Jurrasic Park yak

Delete
  4. Wah penasaran jadi pengwn ke sana...Notes nih sy simpan infonya siapa tau ada rezeki bs ke.sana

ReplyDelete
  5. Wooow, Jatim Park ini bikin penasaran, dan baca cerita Dino mall ini kok seru bangat ya Mba, ntar klo saya jadi ke Malang saya ingin mengunjungi Dino ini juga deh. Makasih infonya Mba :)

1. mampir juga ke jatim park 1 dan 2 biar makin asoy

Delete
  6. Pengen banget ke sana ajak anak-anak, pasti anak-anak antusias banget berada di zaman era dinosurus gitu, makasih infonya mba Sara, bisa jadi list liburan keluarha berikutnya nih

1. maukin travellist nih mbak asal jangan past highseason

Delete
  7. Kalo pas week days ada wahana yg tutup gk.? Soalnya saya pernah ke jatim park 1 atau 2 (saya lupa) pas week days ada beberapa wahana yg gk beroperasi.. Jadi bimbang mau ke jatim park 3 pas weekend takutnya ruame & antri, mau kesana pas week ends takutnya gk semua wahana beroperasi..

ReplyDelete
  8. Haloo kak, kalo bawa stroller pas dititipin, nanti ngambilnya gmn yaa, balik ke staff tadi apa ada tempatnya apa gimana?

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)