Merayakan Pesta Ulang Tahun Anak. Ini Biayanya!

11.5.17
Siapa bilang merayakan ulang tahun anak itu susah, ribet dan mahal ? Red Pro Solo adalah salah satu Event Organizer yang dapat anda andalkan untuk membantu terselenggaranya event ulang tahun orang tercinta kita, dengan biaya pesta ulang tahun anak di rumah yang terjangkau.


Biaya pesta ulang tahun anak di rumah

Namun, kita bisa juga mengelola event kita sendiri. Membuat pesta ulang tahun itu mudah kok. Asalkan kita memiliki cukup waktu untuk mempersiapkannya dan bijaksana dalam mengelola dana yang kita miliki. Dengan dana yang tidak terlalu besar, kita tetap dapat membuat pesta yang meriah dan menjamu undangan dengn baik.

Terlebih dahulu, kita harus menentukkan beberapa hal di awal persiapan, 

Perlengkapan Pesta Ulang Tahun


Nah, ini dia daftar kebutuhan yang harus dipersiapkan untuk merayakan pesta ulang tahun anak.

1. Undangan Ulang Tahun

Kita bisa membeli undangan yang sudah jadi, dan tinggal mengisi nama tamu undangan dan tempat tanggal acara. Jika ingin terlihat pesonal, membuat undangan sendiri tidak sulit asal kita mau mendesainnya terlebih dahulu baru kemudian di cetak. Harganya tidak mahal, sekitar 2000-3000 rupiah / undangan.

Memberikan undangan umumnya 3-4 hari sebelum acara. Jika terlalu lama, bisa-bisa tamunya lupa akan acara tersebut.
Biaya pesta ulang tahun anak di rumah
Contoh desain undangan - Dokumentasi Red Pro Solo

2. Dekorasi Ulang Tahun


Jika mau membuat dekorasi yang sangat sederhana, kita bisa hanya membeli balon huruf (disesuaikan dengan nama si anak yang berulang tahun), kertas krep, bunting flag dan balon. Semua perlengkapan tersebut bisa dipasang ditembok, atau di tempat yang kita inginkan. 

Tetapi, jika mau cara yang lebih mudah, tidak terlalu banyak kreativitas, pesan saja MMT backdrop sekaligus minta didesainkan sesuai tema yang kita tentukan. Harganya tidak telalu mahal sekitar 17.000-25.000 rupiah /m , sesuaikan dengan tembok yang akan dipasangkan MMT. Jika MMT backdrop sudah terpasang tinggal tambahkan balon pada masing-masing ujung backdrop.

Biaya pesta ulang tahun anak di rumah
Contoh Dekorasi MMT dengan full balloon decoration - Dokumentasi Red Pro Solo

2. Roti Tart


Pemesanan roti tart bisa dilakukan H-7. Ukuran diameter 30 cm sudah cukup ideal, terlebih jika akan ditambah hiasan 3D Figure di atasnya. Desain roti tart dapat disesuaikan dengan tema yang kita pilih. Atau saat ini, juga sedang ngehits, roti tart dengan foto anak yang berulang tahun. Harga roti tart sangat beragam, sesuai dengan ukuran, rasa dan hiasan diatasnya. Untuk ukuran diameter 30 cm dengan hiasan 3D Figure sederhana sekitar 400.000 rupiah.
Biaya pesta ulang tahun anak di rumah
Tart Cake 3D Figure -  Dokumentasi Red Pro Solo

3. Konsumsi Ulang Tahun


Menjamu tamu yang datang wajib hukumnya. Jenis makanan seperti apa yang layak disuguhkan, ini sangat relatif dengan selera si empunya acara. Tetapi sebagai  alternatif yang sederhana dan cukup terjangkau, Anda bisa memilih menyajikan 3 jenis snack seperti sosis, pastel, kue lapis legit, kue brownis, dll serta segelas teh hangat untuk tamu undangan (baik anak maupun orang tuanya).
Ketika pulang, bawakan sepaket makanan berat seperti nasi ayam. 

4. Susunan acara, MC dan Hiburan


Sebagai event organizer mandiri, buat terlebih dahulu susuanan acara yang kita inginkan. Mulai dari pembukaan seperti ucapan selamat datang, inti acara yakni potong kue dan penutup seperti acara foto bersama.
Biaya pesta ulang tahun anak di rumah
Dokumentasi Red Pro Solo
Selanjutnya,MC akan membantu mengatur jalannya acara. Jika kita tidak ada budget untuk menghire MC, sebagai orang tua kita bisa lho sekalian menjadi MC. Apalagi menjadi MC acara ulang tahun itu tidak ribet, yang penting kita ceria dan sedikit kekanak-kanankan “gaya anak-anak”

Coba bagikan beberapa hadiah dan souvenir untuk games disela-sela acara. Gimmick ini bisa membuat tamu undangan yang notabene kebanyakan anak-anak menjadi lebih rame dan seru.

Games adalah alternatif hiburan yang sederhana,namun jika ingin hiburannya lebih variatif, kita bisa menyewa badut atraksi ataupun badut sulap. Untuk fee badut sulap sekitar 450.000 rupiah dengan durasi tampil 20 menit.

5. Goodie Bag Ulang Tahun


Goodie bag adalah tas yang berisikan makanan atau souvenir yang umumnya di bawa pulang tamu undangan sebagai bentuk kenang-kenangan.

Biaya pesta ulang tahun anak di rumah
Contoh Goodie Bag - Dokumentasi Red Pro Solo
Anda bisa memilih memberikan goodie bag berisikan jajan makanan ringan atau souvenir seperti celengan, boneka kecil, gantungan kunci, atau alat tulis.
Harga untuk goodie bag sangat variatif. 
Dengan 10.000 rupiah misalnya, kita bisa mengisinya dengan 1 buah taro, 1 nyam-nyam, 1 susu kotak dan 2 buah permen

6. Dokumentasi


Mendokumentasikan acara tentu hal yang penting.  Beragam jasa dokumentasi event bisa kita cari. Namun, tentu jika kita ingin mengehemat anggaran, kita bisa memanfaatkan kamera handphone kita untuk dokumentasi. Kita bisa meminta bantuan saudara atau pihak ketiga lainnya, yang secara sukarela mau menjadi petugas dokumentasi.

Biaya Pesta Ulang Tahun Anak di Rumah

Itu tadi daftar kebutuhan yang perlu dipersiapkan ketika akan mengadakan pesta ulang tahun anak. Dengan asumsi 30 undangan (60 orang yang hadir), berikut estimasi dana yang akan dikeluarkan :
  
Note : 
1. Harga berdasarakan harga pasaran di Kota Solo ( Dengan Asumsi UMR di Kota Solo Rp 1.532.500,-)
2. Fee MC sekitar Rp 400.000,- dan Badut Atraksi Rp 450.000,-
3. Harga Makanan fleksibel sesuai menu yang dipilih

Itu tadi adalah perlengkapan yang dibutuhkan dalam mempersiapkan ulang tahun anak dan estimasi biaya pesta ulang tahun anak di rumah. Bagi orang tua yang ingin mengatur acaranya sendiri, pastikan untuk melakukan perencanaan yang baik agar acara berjalan dengan lancar.
9 comments on "Merayakan Pesta Ulang Tahun Anak. Ini Biayanya!"
  1. Wah gak ribet ya kalo mau ngasih surprise ulang tahun party

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya ribet mbak..hiih..cuma kalo nglakuinnya seneng, jadi gak kerasa

      Delete
  2. Kak, itu harganya belum termasuk handling fee untuk party organizernya kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak..harga diatas, kalo organized sendiri

      Delete
  3. anakku 2 dan belum pernah dirayain semua ulang tahunnya.. tapi bisa dijadikan referensi nih. makasih Mak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ak jg blm pernah ngrayain buat si kecil..malah ngrayain anak lain..hihi

      Delete
  4. Banyak juga ya yg harus disiapkan utk pesta ultah. Kebayang repotnya kalau ngurus sendiri tanpa EO.

    ReplyDelete
  5. Banyak juga ya yg harus disiapkan utk pesta ultah. Kebayang repotnya kalau ngurus sendiri tanpa EO.

    ReplyDelete
  6. Waa makasi banyak ya Mba. Kadang enggak kepikiran bikin backdrop atau MC harganya berapa :D

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature