Kenapa Bisnismu Perlu Membuat Podcast?

MEMBUAT PODCAST UNTUK PERUSAHAAN


Podcast bukan hanya untuk para individu. Tapi juga buat kamu yang punya bisnis atau perusahaan. Jika selama ini kita fokus pada aktivitas promosi untuk meningkatkan laba, mungkin kini kamu bisa menggunakan beberapa strategi pemasaran digital yang dapat membantu membuka peluang bisnis lainnya. Di antara berbagai strategi pemasaran digital, strategi pemasaran konten adalah salah satu yang paling efektif dalam membangun brand awerness.


Podcast bisa menjadi saluran alternatif bagi perusahaan mengkomunikasikan brandnya ke audiens. Syukur- syukur bisa menjaga keloyalan pelanggan atau menjaring konsumen baru. 


So, kenapa business owner atau perusahaan sebaiknya memiliki podcast?


1. Mudah dan murah

Podcast sangat mudah dibuat, bahkan dengan alat yang sederhana seperti smartphone. Berbeda dengan video, yang membutuhkan lebih banyak alat dan  detail produksi yang relatif lebih lama. 

Saat ini juga banyak podcast hosting yang menyediakan fasilitas gratis. Sehingga podcaster dapat membuat podcast dengan biaya hemat.


Lihat video di bawah ini untuk membuat podcast gratis di Anchor



2. Menarik perhatian audiens baru

Bukan hanya untuk menjaga loyalitas pelanggan, namun juga menyasar pasar baru di luar target market yang ada. Terlebih jika podcast mengusung tema yang menarik dan relate dengan banyak orang.


3. Menguatkan brand

Podcast dapat digunakan sebagai saluran untuk menguatkan pesan dan identitas merek. Dengan menghasilkan konten yang relevan dengan brand, maka kita dapat menampilkan otoritas dan kredibilitas pada industri yang kita jalani.


4. Variasi konten marketing

Jika selama ini konten promosi selalu mengandalkan teks, gambar dan video, maka podcast membawa alternatif baru dalam pembuatan konten marketing. Konten yang kita hasilkan akan semakin lebih beragam. Dalam proses produksi juga tidak perlu selalu menghasilkan konten baru. Karena kita bisa melakukan daur ulang dari konten yang ada sebelumnya (repurposed content).


Baca Dulu : Kenali Berbagai Jenis Format Podcast


5. Brand visibility

Semakin banyak platform yang menampilkan brand kita, maka akan semakin besar kemungkinan kita akan bertemu audiens baru. Podcast hosting seperti Anchor, bahkan memberikan kemudahan dalam distribusi podcast. Di mana dalam satu kali submit, maka podcast terdistribusi di berbagai platform sekaligus seperti Spotify, Google Podcast, Apple Podcast dan masih banyak lainnya.


6. Membantu kinerja Public Relation

Podcast juga dapat menjadi saluran bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan internal maupun ekternal relation mereka. Termasuk ketika ada agenda, atau program tertentu, perusahaan dapat membuat konten audio yang bisa mudah diakses oleh banyak orang dengan menggunakan smartphone.


7. Membangun koneksi lintas industri

Dalam sebuah episode podcast kita dapat menghadirkan pembicara tamu untuk  berbagi pemikiran dan pengalaman mereka dengan audiens kita.. Mengundang pembicara tamu di podcast adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan opini dan wawasan yang berbeda kepada audiens tentang topik tertentu.

 

Konten podcast yang disusun dengan baik akan membantu dalam menyebarkan ide kita dengan cara baru yang disukai orang. Jika kamu ingin mempertahankan perhatian audiens untuk jangka waktu yang lebih lama, nggak ada salahnya kok kamu memasukkan podcast dalam bagian strategi pemasaran digital bisnis/ perusahaanmu.


***

Beberapa waktu lalu saya menjadi pembicara dalam webinar dengan tema "Membuat Podcast Untuk Pemula" yang diadakan oleh PT. Telkom Akses. Untuk melihat materi yang saya sampaikan, dapat mengakses video di bawah ini.



See you on the next blogpost.








Thank you, 


2 comments on "Kenapa Bisnismu Perlu Membuat Podcast?"
  1. huwaw ilmu mahaal. bahkan nggak kepikiran untuk bikin podcast untuk bisnis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh mencoba mbak. Siapa tahu menemukan pasar baru atau membangun loyalitas pelanggan yang ada

      Delete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature