Nestle DANCOW Explore Your World : Dukung Eksplorasi Si Kecil

9/12/17
Orang bilang, menjadi ibu itu harus siap belajar kapan saja dan dimana saja. Siap menghadapi perubahan dari perempuan biasa hingga menjadi sosok yang bertanggung jawab terhadap keluarga, khususnya anak-anak. Fase anak-anak tidaklah lama. Akan tiba saatnya si kecil yang kita sayangi, akan beranjak dewasa dan lebih mendiri.

Meskipun setiap hari selalu menemani dan mengetahui perkembangan si kecil, ternyata saya selalu dibuat kaget dan "wah" akan tingkah lakunya. Ada saja hal kreatif, gaya-gaya usil, hingga sesi berargumentasi yang dilakukan si kecil ketika keinginannya dilarang. 

Usia Lila masih 2,5 tahun. Namun tingkah polahnya, melebihi anak seusianya. Rasa ingin tahunya yang tinggi dan aktivitas kesehariannya yang tidak kenal lelah, sering kali membuat saya sebagai ibunya deg-degan dan khawatir. Khawatir jika si kecil jatuh sakit, terluka atau ada hal-hal yang mengganggu fisik dan jiwanya.
"Jangan main itu, Dek. Nanti jatuh!"  
"Dek, itu kotor. Nggak boleh"
Akhirnya kalimat-kalimat larangan itulah yang lebih sering keluar dari lisan saya. Dengan maksud agar Si Kecil tetap aman, tetapi sering kali dia kelihatan bosan jika hanya bermain di dalam rumah itu-itu saja. Dampaknya, dia akan jauh lebih kegirangan ketika bermain di rumah eyangnya, yang lebih sering meng"iya"kan ketika Lila ingin bermain ini itu. Lila menjadi bebas berekplorasi dan berkreativitas.

Saatnya Si Kecil Bereksplorasi


Saat mempelajari bagaimana mendukung tumbuh kembang Si Kecil, akhirnya saya mengetahui bahwa ada tiga elemen yang mempengaruhi tumbuh kembang anak yaitu nutrisi, stimulasi dan cinta Bunda dan Ayah 

Stimulasi adalah perangsangan yang datangnya dari lingkungan di luar individu anak. Stimulasi dapat dilakukan di dalam rumah, di sekolah atau di lingkungan terbuka melalui kegiatan yang sederhana, mudah dan menyenangkan, yang mendukung seluruh aspek perkembangan si kecil.

Ekplorasi adalah bagian dari stimulasi. Itu mengapa sebagai orang tua, ternyata kita harus siap memberikan kesempatan si kecil menggali kemampuannya, mencoba hal-hal baru dan mengembangkan dirinya. Salah satu wujud cinta Bunda dan Ayah adalah mengizinkan anak bereksplorasi. Bunda dan Ayah belajar untuk percaya diri dengan berkata "IYA BOLEH" untuk memperbolehkan dan melepas si kecil untuk lebih mandiri dan berani.

Itu artinya sekarang saya sebagai ibu tidak boleh paranoid dengan sedikit-sedikit melarang, sedikit-sedikit takut atau khawatir yang justru menghambat anak bereksplorasi. Saya harus berani mengatakan  "IYA BOLEH" ke Lila ketika dia ingin bermain di taman, naik ayunan dan mengajaknya belajar bersama.

Melengkapi elemen nutrisi yang mendukung proses belajar dan tumbuh kembang Si Kecil, Nestle DANCOW meluncurkan inovasi terbarunya Nestle DANCOW Advanced Excelnutri +.

 Apa kandungan Nestle DANCOW Advanced Excelnutri + ?

· Nestle DANCOW Advanced Excelnutri + memiliki Lactobacillus rhamnosus hingga tiga kali lipat lebih tinggi dari sebelumnya. Lactobacillus rhamnosus adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga saluran pernafasan dan saluran cerna. 

· Immunonutrients (vitamin A, C, D, Zat Besi, Zinc dan Selenium) yang berfungsi untuk menjaga daya tubuh si kecil.

· Minyak ikan yang menjadi sumber DHA, Omega 3 (ALA)dan Omega 6 (LA) untuk mendukung proses belajar

Nestle DANCOW Advanced Excelnutri + hadir dalam 3 varian yang sesuai dengan tahap usia si kecil yakni 1+, 3+ dan 5+. 

Selain mendukung orang tua dengan menghadirkan susu pertumbuhan Nestle DANCOW Advanced Excelnutri +, Nestle DANCOW juga menyediakan program parenting melalui DANCOW Parenting Center. Untuk informasi selengkapanya, dapat membuka website www.dancow.co.id



Untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil dari sisi stimulasi serta cinta Bunda dan Ayah, Nestle DANCOW menghadirkan event Nestle DANCOW Explore Your World

Nestle DANCOW Explore Your World adalah wahana edukasi untuk mendorong kepercayaan diri orang tua dan mendukung Si Kecil bereksplorasi. 

Untuk di Kota Solo, event ini diadakan tanggal 9 dan 10 September di Solo Square dengan mengusung tagline "IYA BOLEH" sebagai simbol kepercayaan diri orang tua untuk melepas si kecil membuka potensi maksimalnya.

Ketika mendapat kesempatan untuk mengikuti Nestle DANCOW Explore Your World, kami sekeluarga sangat antusias. Dengan menggunakan Citizen Card, kami bisa memanfaatkan seluruh wahana yang tersedia.

Nestle DANCOW Explore Your World ini memiliki tiga area utama yaitu Art Center, Central Park dan Play Park. Dan inilah perjalanan kami mengesplorasi Nestle DANCOW Explore Your World.

1. Photo Selfie

Setelah memasuki area, kami mendekati mbak-mbak berkaos kuning dari Nestle Dancow yang membawa sebuah tab. Melalui tab tersebut saya dan Si Kecil mengambil swafoto. Foto yang berhasil ditangkap, tertampil pada layar. Foto kami berdua nantinya akan terus ditampilkan selama acara berlangsung.


2. Art Center

Di area Art Center ini terdapat aktivitas hand painting dan mewarnai. Pada area hand painting setiap anak mendapatkan satu lembar kertas kosong ukuran A3. Kemudian mereka dapat menggunakan tangannya yang telah diolesi pewarna untuk menggambar pada kertas yang disediakan.


Di area yang sama juga terdapat area yang dipenuhi dengan brick lego. Si kecil dapat bermain dan menyusun lego tersebut untuk melatih kreativitasnya.  


3. Central Park

Central Park adalah taman buatan yang dipenuhi dengan beragam tumbuh-tumbuhan, bunga dan patung-patung binatang. Di sini Si Kecil diajak untuk berfantasi dan berimajinasi sambil mencari perisai DANCOW Advanced Excelnutri +.


Ketika memasuki area, Si Kecil akan memakai jas hujan berwarna kuning. Selanjutnya dengan ditemani orang tua, Si Kecil belajar mengenal dan merasakan perubahan cuaca. Sesekali akan ada air hujan buatan yang turun ketika melewati area. Layar monitor panjang di tengah Central Park akan memperlihatkan kilatan cahaya petir dan mendung yang gelap.




Jika ingin menikmati augmentted reality, dimana satwa-satwa di Central Park  dapat hidup, kita dapat menggunakan handphone.


Central Park ini akan menumbuhkan kampuan Kognitif seperti :

Bahasa : Si Kecil akan mulai mengenal benda-benda/ makhluk hidup baru ketika berinteraksi dengan orang tua atau teman-teman.

Memori : Pengalaman menjelajah Central Park memberikan informasi baru untuk pengetahuan Si Kecil yang tersimpan dalam memori. Terlebih Si Kecil dapat melihat dan merasakan secara langsung suasana penuh dengan flora fauna di Central Park.

Perhatian : Banyaknya hal-hal menarik seperti hujan, kilatan cahaya dan peristiwa metamorfosis hewan yang diamati si kecil, akan melatih perhatian dan fokus akan hal-hal disekitarnya

Motorik : Bergerak dengan bersemangat menyusuri area Central Park akan melatih motorik Si Kecil sehingga ia akan semakin aktif seta mudah beradaptasi

Di sudut yang lain, terdapat patung sapi berukuran seperti sapi normal. Yang menarik, si Lila dapat mencoba memerah sapi dengan memerah ambing (kelenjar kulit keluarnya susu) yang terbuat dari karet  berisi air.


4. Play Park

Saatnya bermain...

Area bermain ini memiliki beberapa arena bermain yang dipisahkan berdasarkan usia. Karena usia Lila masih 1+ , dia memilih untuk bermain di kolam bola warna-warni. Di area ini terlihat banyak sekali anak-anak menenggelamkan tubuhnya dalam bola-bola. Sambil tertawa-tawa mereka sesekali bermain prosotan sambil kemudian menceburkan diri di kolam bola.






5. Dancow Booth


Lelah bermain, pulang? Oh tentu tidak.... Saya mengajak Lila untuk menikmati segelas susu DANCOW di booth yang sudah disediakan. Terlihat sekali jika ia sedang kehausan. Buktinya, dia meminta dua gelas sekaligus..

6. Photo Booth

Nah, kalau ini favorite saya. Tentu tidak boleh ketinggalan. Aktivitas yang menyenangkan hari itu, harus didokumentasikan dalam bentuk gambar. Saya, Lila dan papa pun tidak ragu untuk beraksi di depan kamera.


Bagaimana seru sekali kan acaranya? 
Wah, si Kecil benar-benar kegiraangan karena dia dapat bermain sesuai yang dia inginkan. Terlebih lagi saya tidak ragu untuk mengatakan "IYA BOLEH" ketika Lila ingin mencoba hal baru.


Bukan hanya bermanfaat bagi si kecil dalam mendapatkan pengalaman baru yang mengasikkan, Nestle DANCOW Explore Your World memberikan kesempatan pula bagi Bunda dan Ayah untuk berkonsultasi mengenai nutrisi dan pola asuh anak.


Si Kecil yang percaya diri juga dapat unjuk kebolehan di lomba mewarnai, fashion show dan Got Talent.

Nestle DANCOW Explore Your World betul-betul memfasilitasi eksplorasi si Kecil sekaligus interkasi dengan Bunda dan Ayah. Pemilihan waktu diakhir pekan inipun di rasa sangat tepat, karena memberikan kesempatan orang tua bermain dengan buah hati mereka.

Nah, Bunda dan Ayah, sekarang jangan ragu ya untuk mengatakan "IYA BOLEH" untuk memberikan  kesempatan Si Kecil bereksplorasi dan mengembangkan potensi yang ia miliki.




6 comments on "Nestle DANCOW Explore Your World : Dukung Eksplorasi Si Kecil"
  1. Seruuuu, si kecil dapat pengalaman baru.

    ReplyDelete
  2. Senang banget ada event kayak gini. Semoga event Dancow terus ada tiap tahun. Memang penting banget ya mak bilang #IYABOLEH untuk anak-anak. Agar mereka bisa bereksplorasi akan dunianya.

    ReplyDelete
  3. seharian main tapi belum puas, pengen lagi, Maaak..hihi.. ternyata main itu memang menyenangkan yaaa... pantes anak-anak suka main. semoga tahun depan Dancow ngadain acara sperti ini lagi di Solo. Aamiin..

    ReplyDelete
  4. Lillaanis sekali fotonya yg pas di central Park

    ReplyDelete
  5. Iya boleh, mainlah sepuasnya dan eksplorasi sesukamu, hehe tapi tetep Mbak, aku harus perhatikan anak-anakku klo lagi main di luar rumah. Banyak ranjau. Kalau main di dalam rumah, tetep aku lihatin juga, kadang ada listrik, ada apa yang berbahaya. kalau sudah besar, aku kasih tahu pelan-pelan, bahaya dan cara menangani klo menghadapi resiko. Seru ya, acara acara itu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature