Sate Taichan, Sate Gurih Pedas Tanpa Sambel Kacang

16.9.17
Meski sudah banyak surat kabar, majalah maupun liputan tv mengulasnya, tapi ternyata masih banyak yang belum mengenal masakan ini. Mungkin memang penjualnya belum semenjamur di Jakarta, khususnya di area Senayan. Namun, beberapa kali mendatangi food fest di Kota Solo, akhirnya saya berkesempatan mencoba juga.

Gambar : official instagram @makantaichansolo

Ya, namanya Sate Taichan. 

Seperti kebanyakan orang mengira, bahwa sate ini berasal dari negara Asia Timur seperti Jepang atau Korea. Namun, sate yang terbuat dari daging ayam ini, ternyata asli resep Indonesia. Kabarnya, resep ini berasal dari seorang pengunjung yang datang ke kedai sate di Senayan, Jakarta. Alih-alih meminta bumbu kacang yang banyak, sang pengunjung justru meminta untuk membakar daging ayam hanya dengan bumbu garam dan dihidangkan bersama sambal bawang dan bukan sambel kacang. Maka, lahirlah Sate Taichan yang berasa gurih dan pedas. Hingga akhirnya, banyak pedagang sate ayam "biasa", beralih menjual Sate Taichan.

Gambar : an.tv

Dari bentuknya, memang Sate Taichan ini jauh dari kesan menggugah selera. Sate biasanya penuh dengan lumuran sambel kacang dan kecap berwarna coklat kehitaman, tetapi Sate Taichan justru berwarna putih kekuningan. Orang yang tidak mengenal sate ini, pasti akan mengira bahwa daging sate ini masih belum matang.

Cara membuat Sate Taichan ini cukup mudah. Daging atau kulit ayam yang sudah dipotong-potong dan di tusuk, kemudian di bakar atau dapat juga dipanggang teflon hingga matang. Bumbunya berikan sedikit minyak sayur dan garam. Selanjutnya, Sate Taichan ini dihidangkan bersama potongan lontong atau nasi, perasan jeruk nipis, juga sambal bawang.

Di mana membeli Sate Taichan?

Untuk di kota Solo memang belum banyak yang menjualnya. Saya biasanya memesan Sate Taichan di Makan Taichan yang terletak di shelter Jl. Soepomo samping pengadilan negeri Kota Solo melalui aplikasi go food.


Makan Taichan yang mulai buka pukul 18.00 ini, menghadirkan 3 paket menu yang bisa di coba. Untuk paket dengan harga Rp 20.000,- kita akan mendapatkan 8 tusuk sate, potongan lontong, sambal, jeruk nipis dan bumbu gurih. Ada juga paket sate kulit dengan harga Rp 20.000,-, juga paket sayap ayam (3 pc sayap ayam)  dengan harga sama.

Jika di tanya mana yang lebih di suka, antara Sate Taichan dan sate ayam biasa seperti sate madura atau sate ponorogo, saya lebih memilih sate ayam biasa dengan sambel kacang yang manis dan nikmat di lidah. Tapi ada kalanya, lidah ingin makan yang pedas-pedas asin terutama saat malam dan udara dingin, nah, Sate Taichan ini tepat untuk disantap hingga berkeringat. 
12 comments on "Sate Taichan, Sate Gurih Pedas Tanpa Sambel Kacang"
  1. Cocok buat yang lagi laper tapi masih pengen lanjut makan yang lain, karena ga terlalu bikin kenyang di perut.
    (Eki Gilang R/K.LisanA/L100160016)

    ReplyDelete
  2. Awal saya mendengar nama sate Taichan, saya juga mengira jika sate tersebut berasal dari luar negeri. Namun perkiraan saya ternyata salah karena sate taichan itu asli resep dari Indonesia. Dengan adanya inovasi baru dari sate bumbu kacang menjadi sate taichan membuat orang yang suka pedas beralih menjadi lebih sering membeli sate taichan dari pada sate bumbu kacang. Perpaduan daging ayam yang dipanggang dengan sedikit minyak sayur dan garam serta sambel bawang membuat lidah seperti meleleh ingin segera mencicipi, dan pastinya akan membuat badan berkeringat karena sensasi pedas setelah memakan sate taichan tersebut.

    ReplyDelete
  3. Nourmalihah Tsaqif 046October 3, 2017 at 1:00 PM

    Wah pernah sekali nyobain sate taichan tapi nggak kuat sama pedesnya bu.. ehehe tapi emang bener-bener mantap buat yang suka pedes..

    ReplyDelete
  4. dyah yuri AnggrainiOctober 3, 2017 at 4:33 PM

    jadi sebenernya saya sering liat sate taichan di internet. emang sekarang sate taichan lagi buming banget .tpi saya belom kesampean nyobain. jadi pengen nyobain sate taichan juga :)

    ReplyDelete
  5. Anggraini PuspasariOctober 3, 2017 at 6:34 PM

    Buat sendiri bisa bu, caranya potongan ayam dimarinasi dengan campuran bawang putih, merica bubuk, garam dan jeruk nipis, kemudian didiamkan selama beberapa menit agar bumbunya meresap

    ReplyDelete
  6. Salma Putri WijayantiOctober 3, 2017 at 6:56 PM

    Liat postingan ibu jadi pengen nyobain Sate Taichan apalagi kalo seperti saya yang doyan pedes karna sampe sekarang saya belum nyobain padahal udah dari lama pengen nyoba tapi belum kesampean.

    ReplyDelete
  7. Larasati KusumaningtyasOctober 3, 2017 at 7:18 PM

    Loh saya baru tau kalau sate taichan ini berasal dari resep indonesia. Sate taichan, setau saya booming gara2 selebgram membuka warung makan yg namanya taichangoreng yg ada dijakarta, jujur saya penasaran dgn sate taichan ini, aneh kayaknya kalo makan sate ayam tanpa bumbu kacang melainkan dgn sambel pedes saja. Lama kelamaan disolo sudah ada yg menjual sate taichan, saya pertama kali mencoba di hellotaichan. Ternyata enak jg ya, walaupun aneh hahaha. Semakin banyak yg menjual sate taichan, tp menurut saya lebih enakan yg di hellotaichan. Ayo bu cobain sate taichan @hellotaichan

    ReplyDelete
  8. Saya sering kali mendengar teman teman saya berbicara tentang sate taichan dengan berbagai kesan pedas yang mereka rasakan , terkadang saya juga tertarik untuk mencobanya tapi saya menyadari jika saya adalah orang yang tidak suka pedas jadi saya selalu mengundurkan niat saya untuk mencoba sate taichan. Dari penjelasan ibu ini nampak sate taichan nya sangat enak, jadi ingin coba tapi mungkin nanti saya kasih sambal sedikit saja kali ya bu hehe

    ReplyDelete
  9. Saya sering kali mendengar teman teman saya berbicara tentang sate taichan dengan berbagai kesan pedas yang mereka rasakan , terkadang saya juga tertarik untuk mencobanya tapi saya menyadari jika saya adalah orang yang tidak suka pedas jadi saya selalu mengundurkan niat saya untuk mencoba sate taichan. Dari penjelasan ibu ini nampak sate taichan nya sangat enak,Ada rasa ingin mencoba sih tapi mungkin nanti saya kasih sambal sedikit saja kali ya bu hehe

    ReplyDelete
  10. hastiani fitrianingsihOctober 3, 2017 at 8:27 PM

    udah sering denger sih kalau ada makanan namanya sate taichan tapi belom pernah coba makasih bu sara informasinya kayaknya enak dan pedas mungkin kapan-kapan bisa nyobain bareng temen-temen

    ReplyDelete
  11. Sate taichan memang enak, rasanya gurih pedas asin sih menurut saya. Tapi saya lebih suka sate ayam biasa. Alasannya yang pertama karena harganya yang lebih terjangkau bagi anak kos seperti saya. Lalu alasan kedua, masalah porsi ya, sate biasa 20ribu itu udah dapat porsi yang cukup mengenyangkan untuk saya daripada porsi sate taichan. Maklum makan saya banyak hehe.

    ReplyDelete
  12. Sate taichan yang dijual di Makan Taichan ini menurut saya emang paling juara dibanding sate taichan lain yang dijual di solo. Gurihnya pas pedesnya juga pas. Soalnya dulu saya pernah beli sate taichan di The Park waktu ada bazar makanan tapi rasanya biasa aja gak seenak sate taichan punya Makan Taichan ini hehehe

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below. Your comments will be moderated.
(INFO : Sebaiknya berkomentar dengan URL agar komentar tidak menjadi brokenlink dan terpaksa saya hapus)

Auto Post Signature