Cara Pintar Memilih Kamera Terbaik Sesuai Kebutuhan

6.9.17
Saat ini banyak sekali kamera terbaik yang dijual dipasarannya. Berbagai jenis kamera tersebut tentu memiliki fungsi atau kegunaanya berbeda-beda. Tetapi jika kamu ingin memilih kamera yang terbaik, yang harus kamu lakukan adalah melihat kebutuhan mendasar. Jangan sampai membeli kamera berjenis profesional hanya untuk kamu yang menyukai foto selfie saja. 

pic. oscoolstudio

Nah, berikut ini adalah cara pintar memilih kamera terbaik dilihat dari kebutuhan:

1. Memilih Jenis Kamera

Kalau kamu belum mengetahui jenis kamera apa sih yang baik untuk kebutuhanmu, sebaiknya kamu mengetahui spesifikasi apa saja yang ada disetiap kamera agar dapat memilih kamera terbaik sesuai kebutuhan. 
pic.photographymad
Untuk kamera handphone sendiri memiliki kualitas yang hampir mendekati ke compact camera. Tetapi gambar yang dihasilkan kurang baik, apabila diambil dalam kondisi minim cahaya serta tidak ada pengaturan manual shutter speed atau fitur lainnya.

Jika kamu adalah casual photographer dimana kamu hanya membutuhkan kamera sebagai foto saja, kamera handphone adalah pilihan yang terbaik. Namun jika ingin memotret secara profesional, kamu bisa memilih kamera DSLR dan Kamera Mirrorless. Berbeda dengan kamu yang memotret untuk kebutuhan street and travel fotografer, kamera berjenis prosumer merupakan pilihan yang terbaik.

2. Memilih Lensa
pic.thedigitalpicture
Jika kamu ingin memotret dengan lebih luas seperti pemandangan alam, wide lens merupakan pilihan terbaik untukmu. Tapi jika membutuhkan memotret dengan jarak jauh kamu membutuhkan lensa tele. Lain lagi dengan lensa macro dan lensa mid range yang merupakan pilihan terbaik jika kamu ingin memotret kegiatan sehari hari dengan jarak sedang.

3. Fitur Khusus

Saat ini banyak sekali kamera yang sudah memiliki fitur canggih didalamnya. Tetapi yang perlu ingat dan perhatikan yaitu melihat dari kebutuhanmu sendiri. Untuk fitur seperti weather proof, image stabilization, GPS, Wifi, video, dan berbagai aksesoris, dapat kamu beli untuk kebutuhan profesional dibidangnya, karena aksesoris ini bisa menjadi penunjang dalam melakukan pekerjaan profesional.

4. Aksesoris
pic.pcworld
Jika kamu adalah pengguna profesional sebaiknya aksesoris seperti tas, cleaning kit, baterai cadangan, Tripod (optional), dan filter UV bisa menjadi aksesoris yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

5. Menentukan Pengeluaran

Jika kamu membutuhkan kamera hanya sebagai casual photography lebih baik kamu memfokuskan mengeluarkan budget di kamera.

Tetapi jika membutuhkan kamera untuk profesional,  hal yang tepat kamu lakukan adalah lebih memfokuskan mengeluarkan budget untuk aksesoris seperti lensa, tripod, dan filter UV.

6. Megapixel Kamera
pic.pcworld
Banyak sekali orang memfokuskan megapixel dari kamera yang akan mereka beli. Megapixel memang penting untuk membentuk kualitas dari hasil foto yang diambil tetapi bukan menjadi fokus utama karena megapixel dalam kamera hanya berguna saat kamu mencetak foto dalam ukuran besar. Dengan ukuran 8 megapixel saja dirasa cukup mencetak foto hingga ukuran 12R.

7. Garansi Berlaku

Hal yang harus diperhatikan sebelum membeli kamera adalah garansi, maka pilihlah kamera yang memiliki garansi resmi dari distributornya.

Mungkin harga awal akan lebih mahal tetapi nantinya akan mempermudah ketika service. Selain itu jika ingin mengganti kamera baru garansi resmi yang kamu miliki juga mempermudah kamera dijual kembali.
Dari sekian merek kamera terbaik pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan mendasar yang kamu miliki. 
Nah, untuk kamera yang kamu butuhkan semuanya bisa kamu dapatkan di MatahariMall.com dengan jenis dan harga yang terjangkau tentunya. Yuk segera kunjungi situs MatahariMall.com sekarang juga!
5 comments on "Cara Pintar Memilih Kamera Terbaik Sesuai Kebutuhan"
  1. Wahh... nice blog. Setelah membaca blog tentang Cara Pintar Memilih Kamera Terbaik Sesuai Kebutuhan ini saya jadi tahu hal apa apa saja yang diperhatikan sebelum membeli kamera.

    ReplyDelete
  2. Setelah membaca ini,saya lebih tau tentang gimana si memilih kamera yang dibutuhkan untuk foto atau video.

    ReplyDelete
  3. Artikel di atas memang cukup membantu bagi masyarakat yang masih bingung tentang jenis-jenis kamera yang cocok dengan karakter masing-masing. Dari artikel diatas kita menjadi tahu lensa apa yang cocok dengan suatu objek seperti pemandangan, jurnalistik dan lain-lain. Disini kita juga dapat mengetahui budget yang cocok dengan kondisi keuangan kita saat ini.

    ReplyDelete
  4. Artikel yang keren dan mudah difahami oleh berbagai kalangan. Dan membuat para peminat kamera yang ingin membeli sebuah kamera bisa lebih selektif dalam pembelian kamera yang ia butuhkan dan bisa terhindar dari penipuan.. terima kasih bu sara 🤗

    ReplyDelete
  5. Rizki Prima RamadhaniOctober 22, 2017 at 9:14 PM

    Menurutku sih itu tergantung dari kemampuan dan kepekaan individunya sendiri dalam menentukan mana kamera yang akan mereka beli soalnya di era digital dan perkembangan iptek yang semakin pesat kita sebagai konsumen di hadapkan pada pilihan sulit karena terkadang dengan barang yang kualitas sama bisa harganya berbeda jadi kita harus selektif dalam membuat pilihan. :D

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below. Your comments will be moderated.
(INFO : Sebaiknya berkomentar dengan URL agar komentar tidak menjadi brokenlink dan terpaksa saya hapus)

Auto Post Signature