Taman New Balekambang Tawangmangu

21.9.17
Dalam seminggu, hari Jumat adalah hari yang paling tidak ideal untuk perjalanan jauh atau berwisata, menurut saya. Waktu solat Jumat yang terbatas akan mengikat khususnya kaum bapak, yang tidak ingin kehilangan pahala. Namun, karena  hanya memiliki waktu luang saat itu, akhirnya kami sekelurgapun tidak dapat menolak untuk berpergian di hari tersebut.

Jumat siang, pukul 13.00, saya bersama 4 orang lainnya, dengan sedikit mengeluh panasnya Solo siang itu, memulai perjalanan ke dataran tinggi  Tawangmangu, Karanganyar. Lokasi yang kami tuju sekitar 41,7 km dari pusat Kota Solo. 

Jalanan yang berkelok, menanjak naik praktis membuat saya harus menjaga diri agar tidak mabuk darat. Untungnya si kecil sedang tidur sehingga saya bisa sedikit bersantai. Terlebih sebagai co-pilot, saya harus mengecek secara berkala apakah rute sudah tepat sesuai petunjuk si-embak Google Maps.

Bentangan pemandangan sawah dengan bulir padi menguning sempat menemani perjalanan kami. Hingga akhirnya, hembusan angin dingin mulai menyapu wajah ketika kaca mobil di buka, saya tersadar bahwa tujuan sudah semakin dekat. Si kecil kemudian terbangun, tepat saat kami memarkir mobil. 

Dengan antusius anak saya ingin dipakaikan pelampung. Karena menurut info yang kami dapat sebelumnya, tempat wisata ini memiliki kolam renang. Namun, pucuk dicinta, tidak ada ulam yang tiba. Berharap banyak, akan menyegarkan diri dengan air khas pegunungan, begitu berdiri di depan loket tiket, kami diberitahu bahwa kolam renang sedang renovasi. Persis, si Lila langsung memanyunkan bibirnya. Meski kemudian terhibur dengan bujuk rayu sebungkus coklat.


Taman New Balekambang Tawangmangu, itulah destinasi kami. Sebuah taman wisata yang menghadirkan konsep taman hijau dengan menghadirkan miniatur bangunan yang menjadi ikon dunia. Penambahan istilah "NEW" di sini, karena memang Taman Balekambang sebelumnya memang sudah ada, namun  tidak semenarik saat ini. Menyadari antusias masyarakat akan swafoto, maka kemudian dilakukan renovasi dengan mengusung konsep baru yakni New Balekambang yang menjadi  wisata 1001 selfie.


Setelah membayar tiket masuk hanya Rp 12.000,- kami langsung menuju area utama New Balekambang. Di mana lagi jika bukan area yang menyajikan berbagai ancient buildings and historical monuments in the world.


Ingin tahu ada miniatur bangunan apa saja? Saatnya gulir kursor ke bawah!


Colosseum, Italia

Pisa, Italia

Eiffel, Perancis
Baca Juga : Jalan-jalan ke Museum Manusia Purba

Merlion, Singapura

Hollywood Hills, Los Angeles, America

Great Wall, China


Baca Juga : Dino Park Jatim Park 3 Batu Malang


The Trevi Fountain, Italia

London Bridge, Inggris

Arc De Triomphe, Perancis

Piramida dan Spinx, Mesir


* Maafkan saya yang kehilangan foto Candi Borobudur :(

Puas berselfie ria dan mengabadikan momen kebersamaan keluarga, kami menuju area taman lain yang dipenuhi dengan berbagai mainan masa kecil. Percayalah, saya betul-betul kegirangan bermain jungkat-jungkit bersama adik ipar dan membiarkan mertua saya mengasuh si kecil. Rasanya kembali ke 22 tahun yang lalu. Bemain tanpa perlu memikirkan jurnal-jurnal riset yang harus dibaca setiap hari :D


Memanfaatkan waktu yang terbatas, kami hanya menyempatkan untuk bermain becak mini. Becak mini ini dapat di sewa dengan harga Rp 5.000,- saja untuk dua kali putaran area becak. Jika dilain waktu ingin puas bermain, ada beberapa atraksi yang layak dicoba seperti paint ball, flying fox dan high rope. Kendaraan lain juga dapat disewa seperti ATV, sepeda, juga skuter.




Baca Juga : Bangunan Peninggalan Belanda di Bandung



Tepat pukul 17.00 kami meninggalkan tempat ini, sembari menengok ke belakang saat petugas menutup pintu. Artinya kami adalah pengunjung terakhir.

2,5 jam kami berkeliling area New Balekambang memang rasanya kurang puas, terlebih kami tidak bisa bermain air. Jadi, jika lain kali kembali ke tempat ini, kami pastikan untuk datang lebih awal agar dapat mencoba semua permainan.


+ Tiket masuk sangat murah dengan spot-spot foto yang keren
Rp 12.000,- weekdays dan Rp 15.000,- weekend
+ Ada kolam renang (meski saya belum mencobanya)
+ Area hijau yang menyegarkan mata penuh tanaman dan bunga 
+ Lokasi bersih dengan segala fasilitas seperti tong sampah disediakan dengan baik. 
+ Tersedia kantin/ warung . Juga mushola dan toilet
+ Banyak kendaraan yang bisa di sewa dengan harga murah juga
+ Banyak atraksi permainan yang seru layak dicoba seperti paint ball, flying fox dan high rope

- Lokasi yang cukup sulit untuk didatangi. Jalanan berkelok, seperti dataran tinggi pada umumnya.


9 comments on "Taman New Balekambang Tawangmangu"
  1. Miniaturnya keren2 ya mbak, dulu pas kesana ngepasi pas gerimis jadi gak bisa muterin semuanya #hikssyedih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung mbak,,kemarin pas kesana nggak hujan..apalagi kesananya udah sorean..

      Delete
  2. Nafis Amrul Fatomi / L100160060October 2, 2017 at 8:45 PM

    Dilihat dari gambarnya, Taman New Balekambang Tawangmangu kelihatan sangat cocok untuk dijadikan tempat Refreshing. Melihat dari gambarnya saja membuat saya tertarik untuk pergi kesana, mungkin saya akan mencoba kesana supaya bisa merasakan kesenangannya sendiri.

    ReplyDelete
  3. Ari Bayu Angga (L100160066)October 3, 2017 at 7:41 PM

    Mantap sekali, hanya merogoh kantong 15 ribu saja bisa keliling dunia.

    ReplyDelete
  4. Shery tri septianiOctober 3, 2017 at 8:02 PM

    taman balekambang merupakan destinasi wisata yang hemat dan menyenangkan karena hanya dengan 12.000 atau 15.000 dapat melihat destinasi wisata diberbagai negara walaupun hanya dengan miniatur. dan juga disana terdapat rekreasi untuk anak-anak sehingga menjadi destinasi wisata yang pas dengan keluarga,sahabat dan orang-orang tersayang.
    Shery Tri Septiani,
    L100160111 / C

    ReplyDelete
  5. Ahmad zulfa zulfikarOctober 3, 2017 at 8:17 PM

    tempatnya keren, suasananya juga enak, mungkinkah balekambang Solo akan direnovasi atau dibuat lebih menarik lagi? jadi bagi warga solo yang jarang travelling bisa merasakan juga. kare

    ReplyDelete
  6. Ahmad zulfa zulfikarOctober 3, 2017 at 8:17 PM

    tempatnya keren, suasananya juga enak, mungkinkah balekambang Solo akan direnovasi atau dibuat lebih menarik lagi? jadi bagi warga solo yang jarang travelling bisa merasakan juga.

    ReplyDelete
  7. Ahmad zulfa zulfikarOctober 3, 2017 at 8:21 PM

    banyak kenangan di tempat ini

    ReplyDelete
  8. Ryanachmadi11@gmail.comOctober 3, 2017 at 9:00 PM

    Tempat liburan yang sepertinya sangat menarik untuk dikunjungi

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below. Your comments will be moderated.
(INFO : Sebaiknya berkomentar dengan URL agar komentar tidak menjadi brokenlink dan terpaksa saya hapus)

Auto Post Signature