6 Langkah Merekam Suara Agar Hasil Bagus

14.4.21

 

MEREKAM SUARA AGAR HASIL BAGUS DAN JERNIH

Kebutuhan bikin konten, jadi bagian dari aktualisasi diri. Nggak ngonten, nggak eksis. Tapi ya.. nggak semua orang bisa bikin konten dengan baik.


AUDIO, menjadi salah satu elemen yang sering di-anak tiri-kan, nggak dianggap penting- penting amat. Ketika proses merekam suarapun juga semaunya. Voice over cuma dianggap sebagai tempelan, tanpa paham tujuan dan fungsi.


Itu mengapa, ketika saya mengajar mata kuliah Audio Radio di kampus, proses merekam suara menjadi materi wajib yang nggak boleh ketinggalan. Mahasiswa saya juga harus praktik produksi dengan teknik yang benar, agar mereka punya pengalaman menghasilkan kualitas audio yang nyaman didengarkan.


BUDI PASADENA STUDIO


Saya menghadirkan Muhammad Budi Setiawan, S.Sos seorang chief audio production dan owner dari Budi Pasadena Studio untuk memberikan materi teknik merekam suara dengan profesional. Dalam pemaparan materinya, narasumber menjelaskan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses merekam suara agar menghasilkan audio yang bagus, antara lain :



1. Mengenali naskah

Membaca naskah berbeda dengan membaca buku atau majalah. Saat membaca naskah talent harus paham :

  • Apa tujuan naskah tersebut
  • Apa maksud dari teks pada naskah
  • Bagaimana cara membawakan (intonasi, tone, tempo, volume, dll)


2. Memahami karakter suara talent

Suara manusia itu unik. Tidak semua orang bisa membawakan berbagai karakter suara sekaligus. Seorang talent harus observasi terhadap dirinya sendiri. Cari tahu dulu, "Suaraku ini cocoknya  karakter seperti apa?"


Talent juga harus tahu diri. Jangan memaksakan membawakan suatu karakter yang memang kita tidak bisa. Seperti saya misalnya, meski usia sudah berkepala tiga, nyatanya karakter suara saya lebih masuk untuk karakter anak- anak dan remaja. Saya sering gagal casting kala harus memerankan tokoh perempuan dewasa, he he he


Baca Juga : Menggunakan Teknik Suara Diafragma


3. Pelajari Mic Positioning

Yakni penempatan microphone dengan benar. Menggunakan mic nggak bisa sembarangan. Sebelum merekam suara kita harus memperhatikan :

  • Jenis mic yg digunakan
  • Jarak antara mulut dan mic


4. Gain Staging

Ingin merekam suara dengan profesional, tentu kita membutuhkan audio mixer console. Perangkat ini punya fungsi untuk mencampur beberapa sumber suara menjadi satu atau dua output suara. Ketika menggunakan mixer, kita juga wajib  memperhatikan pengaturan level gain.


Gain staging sendiri diartikan sebagai pengaturan keras tidaknya volume suara saat direkam. Secara bersamaan kita juga memperhatikan noise yang masuk dalam proses merekam suara.


5. Meminimalkan Noise

Noise nggak bisa dihilangkan, hanya bisa direduksi. Ketika proses rekaman, pastikan berada di ruangan minim noise. Hindari merekam suara  dekat perangkat elektronik.


Kadang kita suka menebak- nebak, apakah ruangan tempat kita merekam suara sudah cukup clean atau belum. Untuk membantu mengukur level kebisingan di sekitar, coba download aplikasi Sound Meter.


6. Uji coba

Langsung uji coba rekaman agar tahu hasilnya, apakah sudah oke atau perlu take ulang. Jangan pernah berpikir satu kali proses rekaman langsung menghasilkan output yang bagus. Kita perlu trial 1 atau 2 kali, agar hasil sesuai yang diharapkan.


Itu tadi beberapa hal yang harus diperhatikan saat merekam suara secara profesional agar menghasilkan audio yang bagus. Semoga bermanfaat.



See you on the next blogpost.







Thank you, 

1 comment on "6 Langkah Merekam Suara Agar Hasil Bagus"

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature