Belajar Konsistensi dan Persistensi dari Kang Mo Yeon Drama Korea Descendants of The Sun

28.3.21

  

BLOGGER KOTA SOLO INDONESIA


"I was thankful you trusted me"- Kang Mo Yeon


Sama seperti kebanyakan anak kecil, saat belia dulu saya juga bercita-cita jadi dokter. Jas putih yang dipakai kala bertugas memberi kesan profesionalisme, kecerdasan dan kesigapan. Tapi keinginan ini bergeser kala duduk di bangku SMA. Saya cukup realistis, mengingat saya tidak menyukai matematika, fisika dan kimia yang notabene mata pelajaran wajib di kelas ilmu alam.


Meski harus bertahan di kelas IPA sampai lulus sekolah, pada akhirnya saya beralih pilihan ke ilmu sosial saat kuliah. I found my way, kuliah di ilmu komunikasi yang memang "aku banget". Belajar dengan serius di program studi ini, sembari mengambil pekerjaan paruh waktu sebagai penyiar dan reporter di sebuah radio swasta.


Cita-cita menjadi dokter tak terpikirkan lagi. Tapi ternyata kenangan ini kembali saat saya menonton drama Korea bertema kedokteran. Visualisasi kerja dokter yang membutuhkan akurasi tinggi, kedisiplinan, kegigihan sekaligus empati, berhasil membuat penonton bersemangat. Saya menyukai pekerjaan high power, tidak hanya duduk manis di depan layar. Berhadapan dengan tantangan yang berbeda setiap hari, itu yang bikin hidup lebih hidup.


Konsistensi dan Persistensi dari Kang Mo Yeon


Descendent of The Sun



Bicara soal hidup, kisah Kang Mo-yeon di drama korea Descendants of The Sun berhasil membuat saya terkesan. Descendants Of The Sun ini memiliki 16 episode. Menceritakan kisah romantisme sekaligus tantangan menjalani pekerjaan antara  Soong Jong Ki yang berperan sebagai Yoo Si Jin seorang Kapten Pasukan Khusus  Korea Selatan dan Song Hye Kyo yang berperan sebagai dokter bedah bernama Kang Mo-yeon. Chemistry Song-song couple ini terasa begitu nyata, dan berakhir dengan cinta lokasi hingga membawa ke jenjang pernikahan- meski akhirnya kini mereka sudah berpisah.


Terlepas dari real life drama Soong Jong Ki dan Song Hye Kyo, banyak pelajaran yang bisa diambil dari peran Kang Mo-yeon di drama ini. Sosoknya bukan hanya menggambarkan figur pekerja keras, tapi juga kegigihan dalam mempertahankan prinsip hidup.


1. Bekerja keras menggapai mimpi

Meski berprofesi menjadi seorang dokter bedah, Kang Mo-yeon tidak lahir dari keluarga kaya. Hidupnya yang penuh perjuangan mengajarkan arti kerja keras. Dia juga tidak membatasi mimpinya hanya menjadi dokter di rumah sakit, tapi menginginkan suatu saat bisa memiliki klinik sendiri.


2. Tidak mudah menyerah

Ketika mengikuti seleksi promosi profesor di rumah sakit tempatnya bekerja, Kang Mo-yeon harus gagal karena ada persaingan yang tidak sehat.  Eun Ji, yang merupakan anak pemegang saham di RS Haesung berhasil mengalahkannya hanya karena koneksi keluarga yang ia miliki. Meskipun harus menelan kekecewaan, Kang Mo-yeon tetap terus berusaha dan  menjalankan tugasnya dengan baik.


3. Percaya diri terhadap kemampuan

Banyak momen menegangkan ketika melihat Kang Mo-yeon bertugas sebagai dokter di Urk. Salah satunya ketika seorang politisi Abu Dhabi dikirim ke Medicube. Dengan keadaan di bawah tekanan dan todongan senjata api, Kang Mo-yeon berhasil menyelesaikan operasinya dengan baik. Keyakinannya untuk menyelematkan nyawa orang lain memberika kekuatan untuk mengoptimalkan kemampuan yang ia miliki, meski penuh risiko.


4. Memegang prinsip

Direktur Rumah Sakit Haesung ternyata menyukai Kang Mo-yeon dan menjanjikan posisi yang bagus. Dalam suatu adegan Kang Mo-yeon diajak ke hotel oleh si Direktur. Bukannya tergoda, Kang Mo-yeon justru memukul atasannya itu. 


Teguh menjaga dirinya, Kang Mo-yeon akhirnya harus menanggung konsekuensi "dibuang" ke Urk. Meski mengalami berbagai kesulitan namun ia tak mengubah prinsipnya. Baginya, berjuang dengan segala kemampuan sendiri akan lebih berarti daripada mengandalkan koneksi dan merendahkan harga diri.


5. Menjaga kesetiaan

Menjadi kekasih seorang tentara yang membela negara memang tidak mudah. Selain banyak sisi rahasia yang tidak bisa diceritakan, sering kali tentara harus menghadapi medan peperangan yang mengancam nyawa. Nyatanya, sampai di akhir Kang Mo-yeon tetap mampu menjaga komitmen yang ia miliki, meski tak jarang hatinya diliputi kekhawatiran akan perpisahan karena maut.



Melihat Kang Mo-yeon rasanya saya juga diingatkan bahwa life balance itu perlu. Berkarir, menjaga relationship, memiliki pertemanan yang solid adalah sebuah harmonisasi kehidupan yang menyenangkan. Ada kalanya kita lelah dengan berbagai pekerjaan, namun jika ada seseorang di sisi kita yang siap menemani, rasanya kita punya tempat untuk berlabuh. Merasa tidak sendiri.



Menonton Drama Korea di Aplikasi Viu



Bicara keseimbangan, kita juga harus tahu kapan bekerja dan kapan bersenang- senang. Salah satu "me time" terbaik yang saya miliki adalah dengan menonton drama dan serial kesukaan. Untuk nonton drama Korea saya selalu memilih Viu. Bahkan, saya sudah berlangganan paket Premium satu tahun sekaligus agar bisa bebas menikmati semua drama Korea kapan saja di mana saja.



Apa saja sih sebenarnya keuntungan nonton drama di Viu?


1. Koleksi drama lengkap ✔️

Viu bukan cuma menyajikan tontonan drama Korea, tapi juga drama Asia lainnya seperti drama Jepang, Thailand, China bahkan Indonesia. Tersedia dalam berbagai genre baik itu action, fantasi, horror dan thriller.


2. Kualitas High Difinition ✔️

Pada dasarnya manusia adalah makhluk visual. Maka, buat kamu yang ingin tontonan dengan gambar berkualitas tinggi, semua tersedia di Viu. Dan kalaupun ingin menghemat kuota kita bisa memilih opsi Data Saver

3. Menonton drama secara offline ✔️

Ingin nonton drama Korea di aplikasi Viu tanpa terkoneksi internet? Nggak masalah. Karena ada fitur download di Viu yang memungkinkan kita mendownload drama yang kita sukai, dan menontonnya secara offline. 


4.Subtitle Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris ✔️

Nggak perlu khawatir nggak paham dengan bahas asing. Nonton drama Korea di Viu lebih mudah dengan subtitle Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Nggak perlu nunggu lama dengan jadwal tayang asli di Korea sana, karena hanya dalam waktu 24 jam kita bisa nonton dengan subtitle yang nyaman.


5. Bisa nonton gratis ✔️

Kamu nggak perlu registrasi untuk menonton serial di Viu dengan paket basic.  Banyak drama yang bisa ditonton secara gratis. Tapi kalau saya, memang lebih memilih paket Premium. Selain bisa nonton semua drama yang saya mau, juga tidak ada iklan yang mengganggu.



Nah, buat kamu yang nggak pengen ketinggalan tontonan menarik kaya Descendants of The Sun , segera download aplikasi Viu di smartphone atau tablet dan nikmati beragam drama di mana saja dan kapan saja.




6 comments on "Belajar Konsistensi dan Persistensi dari Kang Mo Yeon Drama Korea Descendants of The Sun"
  1. Salah Satu drama favoritku banget nih..

    ReplyDelete
  2. Bekerja keras, tidak mudah menyerah, danpercaya diri ... hmm.. saya suka karakter perempuan seperti ini. Keren ya penokohan Descendants Of The Sun ini.

    ReplyDelete
  3. Song song couple.. ahh couple favoritku dulu. Mereka tuh cocok bgt mbak di drama, iya kang mo yeon ini menginspirasi bgt

    ReplyDelete
  4. Yakk..drakor lain yang belum aku tonton nih...Padahal bagus ya... Kudu cepet langganan viu nih biar gak ketinggalan drakornya..

    ReplyDelete
  5. Drama korea yg pertama kali aku tonton nih Mbak. Rasanya langsung masuk ke sanubari, sampai pengen punya pacar tentara *waktu itu hahaha. Sepakat sih, aku juga nontonnya via Viu. Lebih nyaman & kualitas videonya okeee banget!

    ReplyDelete
  6. Waah menarik banget ini sosok Kang Mo Yeon ini, aku ketinggalan hypenya DOTS dan blm nonton sampe skrg mungkin abis ini bakal meluangkan waktu untuk nonton karena menarik juga sosoknya

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature