Sate Taichan, Sate Gurih Pedas Tanpa Sambel Kacang

9/16/17
Meski sudah banyak surat kabar, majalah maupun liputan tv mengulasnya, tapi ternyata masih banyak yang belum mengenal masakan ini. Mungkin memang penjualnya belum semenjamur di Jakarta, khususnya di area Senayan. Namun, beberapa kali mendatangi food fest di Kota Solo, akhirnya saya berkesempatan mencoba juga.

Gambar : official instagram @makantaichansolo

Ya, namanya Sate Taichan. 

Seperti kebanyakan orang mengira, bahwa sate ini berasal dari negara Asia Timur seperti Jepang atau Korea. Namun, sate yang terbuat dari daging ayam ini, ternyata asli resep Indonesia. Kabarnya, resep ini berasal dari seorang pengunjung yang datang ke kedai sate di Senayan, Jakarta. Alih-alih meminta bumbu kacang yang banyak, sang pengunjung justru meminta untuk membakar daging ayam hanya dengan bumbu garam dan dihidangkan bersama sambal bawang dan bukan sambel kacang. Maka, lahirlah Sate Taichan yang berasa gurih dan pedas. Hingga akhirnya, banyak pedagang sate ayam "biasa", beralih menjual Sate Taichan.

Gambar : an.tv

Dari bentuknya, memang Sate Taichan ini jauh dari kesan menggugah selera. Sate biasanya penuh dengan lumuran sambel kacang dan kecap berwarna coklat kehitaman, tetapi Sate Taichan justru berwarna putih kekuningan. Orang yang tidak mengenal sate ini, pasti akan mengira bahwa daging sate ini masih belum matang.

Cara membuat Sate Taichan ini cukup mudah. Daging atau kulit ayam yang sudah dipotong-potong dan di tusuk, kemudian di bakar atau dapat juga dipanggang teflon hingga matang. Bumbunya berikan sedikit minyak sayur dan garam. Selanjutnya, Sate Taichan ini dihidangkan bersama potongan lontong atau nasi, perasan jeruk nipis, juga sambal bawang.

Di mana membeli Sate Taichan?

Untuk di kota Solo memang belum banyak yang menjualnya. Saya biasanya memesan Sate Taichan di Makan Taichan yang terletak di shelter Jl. Soepomo samping pengadilan negeri Kota Solo melalui aplikasi go food.


Makan Taichan yang mulai buka pukul 18.00 ini, menghadirkan 3 paket menu yang bisa di coba. Untuk paket dengan harga Rp 20.000,- kita akan mendapatkan 8 tusuk sate, potongan lontong, sambal, jeruk nipis dan bumbu gurih. Ada juga paket sate kulit dengan harga Rp 20.000,-, juga paket sayap ayam (3 pc sayap ayam)  dengan harga sama.

Jika di tanya mana yang lebih di suka, antara Sate Taichan dan sate ayam biasa seperti sate madura atau sate ponorogo, saya lebih memilih sate ayam biasa dengan sambel kacang yang manis dan nikmat di lidah. Tapi ada kalanya, lidah ingin makan yang pedas-pedas asin terutama saat malam dan udara dingin, nah, Sate Taichan ini tepat untuk disantap hingga berkeringat. 
35 comments on "Sate Taichan, Sate Gurih Pedas Tanpa Sambel Kacang"
  1. Oalah, begini to penampakan sate taichan yang kemarin di bahas. Belum pernah nyicip mba. Kalau sambel bawang sih sukaaa tapi biasanya untuk makan ayam bakar atau ayam goreng.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penggemar pedas, layak dicoba mbak..

      Delete
  2. Cocok buat yang lagi laper tapi masih pengen lanjut makan yang lain, karena ga terlalu bikin kenyang di perut.
    (Eki Gilang R/K.LisanA/L100160016)

    ReplyDelete
  3. kebanyakan orang mengira taichan adalah daging ayam yang amis. padahal sate taihan mempunyai ciri khas sendiri yang dagingnya cuman dibakar lalu di kasih racik an sambalyang membikin lidah terbakar dengan pedas nya sambal.

    (ni'ma chalida husna - L100160025/A)

    ReplyDelete
  4. Kebetulan bu saya cukup menggemari sate taichan. Awal saya tahu sate taichan dari selebgram yang bernama Rachel Vennya karena dia dan suaminya buka warung sate taichan yang bernama "Sate Taichan Goreng" di Jakarta, Bandung, Malang, Palembang dan beberapa kota di Indonesia dan sate taichan dia cukup populer dikalangan anak muda, sayangnya di Solo belum ada "Sate Taichan Goreng" itu. Tapi bu, dari sate taichan yang pernah saya coba di Solo paling enak memang "Makan Taichan" karena menurut saya bumbunya pas dan ada butiran yang rasanya kayak garam dan itu di sate taichan milik Rachel Vennya juga ada butiran-butiran itu.

    ReplyDelete
  5. Saya memang sebelumnya belum pernah mencoba sate taichan karena saya bingung mau beli sate taichan yang enak dimana d daerah kota solo. Setelah membaca artikel ini saya ingin mencoba sate taichan di makan taichab.karena saya pecinta pedas dan melihat dipadukan dengan sambal bawang tang begitu lezatt dan menggugah selera. Terimakasih atas info nya sangat membantu 😊

    ReplyDelete
  6. Saya memang sebelumnya belum pernah mencoba sate taichan karena saya bingung mau beli sate taichan yang enak dimana d daerah kota solo. Setelah membaca artikel ini saya ingin mencoba sate taichan di makan taichab.karena saya pecinta pedas dan melihat dipadukan dengan sambal bawang tang begitu lezatt dan menggugah selera. Terimakasih atas info nya sangat membantu 😊

    ReplyDelete
  7. Saya memang sebelumnya belum pernah mencoba sate taichan karena saya bingung mau beli sate taichan yang enak dimana d daerah kota solo. Setelah membaca artikel ini saya ingin mencoba sate taichan di makan taichab.karena saya pecinta pedas dan melihat dipadukan dengan sambal bawang tang begitu lezatt dan menggugah selera. Terimakasih atas info nya sangat membantu 😊

    ReplyDelete
  8. Satenya enak, simpel, gurih, apalagi kalo ditambah sama keju kak, cakep dah. Cocok banget juga buat ngemil. Tapi sayang dengan harga 20.000 rupiah buat saya porsinya terhitung sedikit, mungkin tambah berapa biji gitu biar pas hehe

    ReplyDelete
  9. Awal saya mendengar nama sate Taichan, saya juga mengira jika sate tersebut berasal dari luar negeri. Namun perkiraan saya ternyata salah karena sate taichan itu asli resep dari Indonesia. Dengan adanya inovasi baru dari sate bumbu kacang menjadi sate taichan membuat orang yang suka pedas beralih menjadi lebih sering membeli sate taichan dari pada sate bumbu kacang. Perpaduan daging ayam yang dipanggang dengan sedikit minyak sayur dan garam serta sambel bawang membuat lidah seperti meleleh ingin segera mencicipi, dan pastinya akan membuat badan berkeringat karena sensasi pedas setelah memakan sate taichan tersebut.

    ReplyDelete
  10. Nourmalihah Tsaqif 046October 3, 2017 at 1:00 PM

    Wah pernah sekali nyobain sate taichan tapi nggak kuat sama pedesnya bu.. ehehe tapi emang bener-bener mantap buat yang suka pedes..

    ReplyDelete
  11. dyah yuri AnggrainiOctober 3, 2017 at 4:33 PM

    jadi sebenernya saya sering liat sate taichan di internet. emang sekarang sate taichan lagi buming banget .tpi saya belom kesampean nyobain. jadi pengen nyobain sate taichan juga :)

    ReplyDelete
  12. Buat sendiri bisa bu, caranya potongan ayam diberi bawang putih, merica bubuk, garam dan jeruk nipis

    ReplyDelete
  13. Anggraini PuspasariOctober 3, 2017 at 6:34 PM

    Buat sendiri bisa bu, caranya potongan ayam dimarinasi dengan campuran bawang putih, merica bubuk, garam dan jeruk nipis, kemudian didiamkan selama beberapa menit agar bumbunya meresap

    ReplyDelete
  14. Awalnya bakal ngira gk enak. Tapi setelah nyoba, enak juga bikin nagih. Tp tetap sate dengan bumbu kacang masih terfavorit :)

    ReplyDelete
  15. Salma Putri WijayantiOctober 3, 2017 at 6:56 PM

    Liat postingan ibu jadi pengen nyobain Sate Taichan apalagi kalo seperti saya yang doyan pedes karna sampe sekarang saya belum nyobain padahal udah dari lama pengen nyoba tapi belum kesampean.

    ReplyDelete
  16. Larasati KusumaningtyasOctober 3, 2017 at 7:18 PM

    Loh saya baru tau kalau sate taichan ini berasal dari resep indonesia. Sate taichan, setau saya booming gara2 selebgram membuka warung makan yg namanya taichangoreng yg ada dijakarta, jujur saya penasaran dgn sate taichan ini, aneh kayaknya kalo makan sate ayam tanpa bumbu kacang melainkan dgn sambel pedes saja. Lama kelamaan disolo sudah ada yg menjual sate taichan, saya pertama kali mencoba di hellotaichan. Ternyata enak jg ya, walaupun aneh hahaha. Semakin banyak yg menjual sate taichan, tp menurut saya lebih enakan yg di hellotaichan. Ayo bu cobain sate taichan @hellotaichan

    ReplyDelete
  17. Menurut saya sate taichan yang diceritakan pada artikel di atas sangatlah menarik karena sambal yang digunakan mengunakan garam, pernah saya membeli sate taichan disalah satu pedagang di kota solo, yang saya rasakan hanya pedas kecuali dengan adanya perasan jeruk mebuat sambal menjadi asam pedas, jadi tidak seperti sambal sambal bawang pada umumnya seperti sambal sosnag yang biasanya asin untuk mebuat penikmat merasa ketagihan. L100160044

    ReplyDelete
  18. Saya sering kali mendengar teman teman saya berbicara tentang sate taichan dengan berbagai kesan pedas yang mereka rasakan , terkadang saya juga tertarik untuk mencobanya tapi saya menyadari jika saya adalah orang yang tidak suka pedas jadi saya selalu mengundurkan niat saya untuk mencoba sate taichan. Dari penjelasan ibu ini nampak sate taichan nya sangat enak, jadi ingin coba tapi mungkin nanti saya kasih sambal sedikit saja kali ya bu hehe

    ReplyDelete
  19. wah kalo buat orang jawa timuran gak rekomended bu kalo rasa nya pedas sama asin -,-
    mendingan sambal kacang hehe

    ReplyDelete
  20. Saya sering kali mendengar teman teman saya berbicara tentang sate taichan dengan berbagai kesan pedas yang mereka rasakan , terkadang saya juga tertarik untuk mencobanya tapi saya menyadari jika saya adalah orang yang tidak suka pedas jadi saya selalu mengundurkan niat saya untuk mencoba sate taichan. Dari penjelasan ibu ini nampak sate taichan nya sangat enak,Ada rasa ingin mencoba sih tapi mungkin nanti saya kasih sambal sedikit saja kali ya bu hehe

    ReplyDelete
  21. Wah, kebetulan banget nih udah penasaran dari dulu ditambah baca blog ini ngiler banget

    ReplyDelete
  22. Wah, dari dulu ampe sekarang pengen banget makan ini belom keturutan, bikin ngiler euy

    ReplyDelete
  23. Bisa dicoba bikin sate taichan sendiri ya mudah buatnya. Apalagi bagi yg suka pedes dan asin

    ReplyDelete
  24. Sita Awallul Khasanah
    L100160004
    A

    Bu coba sate taichannya Hello taichan lebih enak sambalnya lain dari yang lain enak bgt recomen dari saya hehe

    ReplyDelete
  25. Saya belum pernah mencicipi,sesudah saya membaca postingan ini saya jadi pingin beli sate taichan karena saya jadi tau bahan dan harganya.

    ReplyDelete
  26. hastiani fitrianingsihOctober 3, 2017 at 8:27 PM

    udah sering denger sih kalau ada makanan namanya sate taichan tapi belom pernah coba makasih bu sara informasinya kayaknya enak dan pedas mungkin kapan-kapan bisa nyobain bareng temen-temen

    ReplyDelete
  27. Betull!!!
    Saya penikmat pedas dan sate taichan menjadi inovasi baru jajan dikotasolo

    ReplyDelete
  28. Isi dari artikel ini sangat lengkap dan menarik,dengan penulisan dan pemberian contoh hingga cara pembuatan sate taichan yang mudah dipahami dan membuat rasa penasaran si pembaca. menurut saya memang dibandingkan sate taichan yang rasanya pedas gurih,sate biasanya lebih nikmat karena sudah terbiasa dengan rasa yang lebih manis dan kental. Tetapi ada juga penggemar sate pedas yang sudah ada sebelum sate taichan yaitu sate padang yang rasanya tak kalah pedas dengan sate taichan dan tentunya dengan rasa yang nikmat.

    Dharma Aji Yudhaningrat | L100160119 [Kelas C]

    ReplyDelete
  29. Wah saya sendiri kurang begitu mengerti apa itu sate taichan, yang saya bayangkan ketika mendengar sate taichan menurut saya itu sate yang dibumbui dengan bumbu khas jepang atau korea tapi ternyata justru nemakai resep khas dari Indonesia, saya sendiri belum pernah untuk mencobanya, tpi setelah membaca artikel ini saya pengen untuk mencicipinya, dilihat dari penyajianya dan dari resepnya kalau disuruh milih saya lebih suka yang sate ayam pada umumnya, yang dibumbui dengan sambal kacang dan kecap manis karena saya sendiri kurang begitu suka dengan sambal bawang.

    ReplyDelete
  30. Pada awalnya mendengar sate taichan saya kira itu sate yang tebuat dari daging macan soalnya melihat warna satenya yang putih haha, dan setelah saya mencicipi sate taichan dari yang temen saya pesan ternyata rasanya nggak kalah gurih sama sate ayam yang biasa kita jumpai dengan siraman bumbu sambal kacang. Cocok banget buat saya yang suka sekali makan-makanan pedas, soalnya siraman sambal dari taichan ini beda dari sate yang lainnya yaitu hanya dengan sambal bawang yang pedasnya luar biasa bikin keringar bercucuran. Sederhana tapi bikin terkesan 😁 yaaa mulai dari itu sate ini saya juluki si Putih yang bikin kringet bercucuran.

    ReplyDelete
  31. Wah, kayaknya enak perlu dicoba juga. Walaupun liat penampilannya agak gimana gitu mwhehe.

    ReplyDelete
  32. Sate taichan memang enak, rasanya gurih pedas asin sih menurut saya. Tapi saya lebih suka sate ayam biasa. Alasannya yang pertama karena harganya yang lebih terjangkau bagi anak kos seperti saya. Lalu alasan kedua, masalah porsi ya, sate biasa 20ribu itu udah dapat porsi yang cukup mengenyangkan untuk saya daripada porsi sate taichan. Maklum makan saya banyak hehe.

    ReplyDelete
  33. Suka makanan pedas? Harus coba makanan ini. Saya sependapat dengan anda bu, saya juga suka pedas. Pertama kali makan sih rasanya kayak aneh gitu, tetapi lama2 juga enak kok. Nah tapi kalo makan kebanyakan sih kurang nikmat ya. Sate taichan tuh enaknya cuma buat camilan saja, bukan seperti sate daging ayam yang berlumuran sambel kacang dengan lontong ataupun nasi.

    ReplyDelete
  34. Sate taichan yang dijual di Makan Taichan ini menurut saya emang paling juara dibanding sate taichan lain yang dijual di solo. Gurihnya pas pedesnya juga pas. Soalnya dulu saya pernah beli sate taichan di The Park waktu ada bazar makanan tapi rasanya biasa aja gak seenak sate taichan punya Makan Taichan ini hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature