Barang yang Perlu Dibawa Saat Perjalanan Bisnis

10/17/17
Pekerjaan sering kali mengharuskan kita untuk pergi ke luar kota. Namun, tidak semua orang memiliki waktu yang lama untuk berdiam/ tinggal di kota lain. Banyak situasi yang menuntut  perjalanan bisnis/ kerja/ dinas, ditempuh dalam 1 hari pulang pergi.

Sebagai contoh, berangkat pagi hari, siang hingga sore di luar kota, malam harinya sudah harus pulang ke kota asal.

Terlebih lagi dengan hadirnya mode transportasi yang beragam. Tentu membuat waktu perjalanan menjadi efisien, sehingga jarak tempuh tak lagi jadi masalah.



Meski demikian, salah satu hal yang harus diperhatikan dalam melakukan perjalanan bisnis dalam 1 hari adalah mempersiapkan barang yang di bawa. Jangan sampai dengan waktu yang terbatas, kita justru diribetkan dengan barang bawaan yang berat.

Lalu, apa saja barang yang harus di persiapkan ?

1. Keperluan Bekerja ✔️

Hal yang paling utama adalah segala perlengkapan untuk mendukung pekerjaan atau tugas kita diluar kota. Seperti laptop, dan berkas- berkas lainnya. Jangan sampai tertinggal.

2. Handuk dan Perlengkapan Mandi ( Jika tidak transit hotel) ✔️

Jika perjalanan kita tidak memberikan kesempatan untuk transit di hotel, kita tetap memerlukan perlengkapan mandi. Lalu, dimana mandinya? Paling mudah, jika tidak di SPBU ya di tempat acara berlangsung. Atau bisa di bandara, stasiun, atau terminal, tergantung transportasi yang kita gunakan.
Tapi jika kita dapat transit di hotel, handuk dan perlengkapan mandi tidak perlu membawa, karena hotel sudah menyediakan toiletries.


3. Perawatan Wajah ✔️

Tidak perlu membawa banyak skin care atau cosmetic. Minimal cukup membawa facial foam dan sunscreen untuk membuat wajah tampak lebih segar dan melindungi dari sinar matahari.
Bawa kosmetik secukupnya, yang mendukung penampilan ketika bekerja dan bertemu orang nantinya.

4. Baju Ganti ✔️

Tidak perlu banyak membawa baju ganti cukup 2 pasang beserta pakaian dalam. 1 pasang untuk bekerja dan 1 pasang untuk perjalanan pulang. Saya biasanya menambahkan 1 jaket sebagai cadangan.

5. Sepatu Cadangan ✔️

Ketika berangkat dan pulang perjalanan, gunakan sepatu yang santai, sneaker misalnya agar lebih nyaman digunakan. Masukkan 1 sepatu cadangan pada tas/koper yang akan kita gunakan untuk bekerja, misalnya pantofel, atau highheels.

Pict : muse.com

6. Charger dan Powerbank ✔️

Tentu 2 barang ini tidak boleh ketinggalan. Setiap ada kesempatan, manfaatkan untuk mengisi ulang daya baterai. Usahakan baterai dalam kondisi powerfull hingga pulang ke rumah.

7. Roti, Snack dan Permen ✔️

Persediaan snack di tas akan membantu untuk membuat kenyang perut. Terlebih jika waktu kita terbatas, dan belum sempat untuk mengisi perut di tempat makan/ restaurant. Permen juga bermanfaat untuk mmebantu membuat mulut lebih segar

8. Hair dryer Portable ✔️

Mungkin untuk beberapa orang menganggap item ini tidak terlalu berguna. Padahal, hair dryer bisa digunakan bukan hanya untuk mengeringkan rambut yang basah, tetapi juga membantu merapikan baju yang kusut. Baju yang kusut di dalam koper, akan mengganggu penampilan jika kita memaksa menggunakannya. Apalagi jika akan bertemu dengan klien. 

Caranya, cukup panaskan pakaianyang kusut dengan hairdryer sambil menggosokkan telapak tangan pada pakaian.
Hair dryer portabel akan lebih mudah digunakan tanpa membutuhkan colokan listrik, karena menggunakan daya baterai.

8. Buku Bacaan atau Majalah ✔️

Poin ini juga cukup subyektif. Dari pada bermain handphone yang justru memboroskan baterai, kita dapat membawa buku atau majalah untuk membuang kebosanan selama perjalanan.

Bagaimana, sudah siap untuk melakukan perjalanan bisnis, meski kurang dari 24 jam?
Saya ingin tahu, barang apa lainnya yang biasa kamu bawa ketika pergi keluar kota. Tuliskan pada kolom komentar ya..
2 comments on "Barang yang Perlu Dibawa Saat Perjalanan Bisnis "
  1. Perjalanan kerja singkat, musti jeli memilih barang yang dibawa.Biar nggak kerepotan. Apalgi kalau musti pindah dari satu tempat ke tempat lain

    ReplyDelete
  2. Biasanya aku juga menyesuaikan bawaan outfit utk perjalanan bisnis biar ttp tampil rapi dan professional :)

    Salam kenal!

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkenan meninggalkan komentar.
Komentar Anda termoderasi.
Salam

Auto Post Signature