Perhatikan Hal Ini! Ketika Blogger Menghadiri Undangan

11.10.17
Sebelum aktif menjadi blogger, saya pernah bekerja sebagai reporter radio. Tugas blogger dan reporter hampir memiliki kesamaan. Ketika menjadi reporter, saya melakukan peliputan berita (news gathering) kemudian melakukan penulisan berita (news writing) dan dilanjutkan dengan melaporkan kepada pendengar baik live on air maupun tapping (rekaman)

Begitu pula ketika menjadi blogger. Perbedaannya terletak pada media yang digunakan untuk menyampaikan pesan/ informasi yakni blog milik pribadi.


Ketika menjadi blogger, sering kali kita mendapatkan undangan baik dari personal maupun instansi. Biasanya, kita diminta hadir pada acara launching product, press conference, workshop, event musik dan lain sebagainya.

Membawa predikat blogger tentu tidak boleh sembarangan. Meskipun belum ada kode etik atau dewan khusus yang mengaturnya, namun secara normatif blogger juga dibatasi oleh norma-norma dan etika. Hal ini perlu diperhatikan, karena blogger pun juga merupakan profesi profesional.

Di bawah ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan blogger ketika akan datang ke suatu acara atau memenuhi undangan

📖 1.[ Sebelum Berangkat ]

a. Memastikan Acara, Waktu, Tanggal dan Tempat Pelaksanaan.

Invitation kadang dikirimkan dalam bentuk fisik , email, telpon, atau pesan teks. Penting bagi blogger untuk mengecek 5 W +1 H sebelum datang ke acara.

Acara Apa
Siapa yang mengundang
Kapan acaranya
Di mana acaranya
Mengapa diundang (tugas liputan saja, atau harus live tweet/story, dsb)
Bagaimana rules acara (dresscode yang digunakan, boleh ajak anak atau tidak, dsb)

b. Persiapkan Kartu Nama

Terkadang blogger yang hadir akan dimintai kartu nama, untuk sekedar syarat administrasi atau bisa juga digunakan untuk doorprize.

Bagi saya kartu nama harus selalu tersedia di dompet. Sering kali di suatu event kita bertemu dengan orang/rekan baru. Bertukar kartu nama memberikan kesempatan untuk memperluas networking.
📖 2. [ Saat Menghadiri acara]

a. Mengisi daftar hadir (jika ada)

b. Duduk menunggu atau mencari tuan rumah

Tidak bisa dipungkiri seringkali acara terlambat di mulai. Kita dapat menemui tuan rumah yang mengundang untuk menunjukkan bahwa kita hadir di acara tersebut. Sambil menunggu kita juga dapat menyapa blogger lain dan berkenalan atau sekedar bertukar kabar dengan blogger yang kita kenal.

c. Ikuti jalannya acara dengan baik. 

Jika diperlukan kita dapat meminta sesi wawancara khusus untuk melengkapi data atau informasi yang kita butuhkan.

d. Meminta Press Release

Press realease adalah ulasan informasi, berita, atau data yang umumnya dalam bentuk tertulis yang dikeluarkan oleh perusahaan (atau Public Relation) yang bertujuan memberikan informasi mengenai event, keadaan atau hal penting lainnya.

*Press Release kadang diberikan saat mengisi daftar hadir

f. Dokumentasikan acara. 

Baik dalam bentuk foto maupun video yang berguna bagi kelengkapan konten di blog.

Aktivitas Blogger Solo Mendokumentasikan Menu Sebuah Restaurant
g. Menikmati hidangan yang disajikan

Tidak perlu jaim atau malu. Jika memang ada sajian yang disiapkan untuk tamu, ambil saja secukupnya.

f. Berpamitan sebelum pulang.

Ada kalanya kita tidak dapat mengikuti acara hingga selesai. Sehingga kita perlu pamit undur diri pada pemilik acara, sembari mengucapkan maaf dan terima kasih.
  
📖 3. [Setelah Menghadiri Acara ]

a. Backup data

Data tertulis, foto dan video yang kita dapatkan segera di backup di tempat yang aman. Agar mudah  ditemukan ketika akan digunakan.

b. Segera tunaikan tugas

Jika kita terikat akan kontrak atau kewajiban tertentu setelah peliputan, segera kerjakan tugas tersebut. Perhatikan deadline yang diberikan. Jika waktu kita memiliki cukup banyak, tulisan yang dihasilkan akan lebih berkualitas.

Hal-hal di atas terlihat sepele atau mudah dilakukan. Namun, sering kali karena kita terlalu excited diundang atau karena bertemu banyak blogger yang sudah dikenal, kita menjadi asyik sendiri tanpa memperhatikan esensi dari acara tersebut. 

Seperti pernyataan sebelumnya, agar kita dinilai profesional kitapun harus bertindak profesional.
7 comments on "Perhatikan Hal Ini! Ketika Blogger Menghadiri Undangan"
  1. Setuju sama langkah2 dia atas. BTW kita mesti pilah pilih acara juga loh..
    Biar gakk terjebak di acara yg bikin pusing dan ternyata tidak pentin2 amat.
    Terima akasih sharingnyaa saya kadang lupa bawa kartu nsna hehe

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  3. Penting nih! Terima kasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  4. Tips nya keren mak.. Makasih sharing nyaaa...

    ReplyDelete
  5. Noted tips ya Mba. Thanks sharingnya :)

    ReplyDelete
  6. Mudah-mudahan semakin banyak blogger yang paham setelah baca artikel ini bahwa ketika memenuhi undangan sebuah event berarti blogger juga harus kerjakan PR. Semangat ngeblognya!

    ReplyDelete
  7. Rizki Prima RamadhaniOctober 22, 2017 at 7:53 PM

    Saya kira menjadi blogger hanya sebatas bikin artikel menarik dan di minati banyak orang ternyata ketika di minta untuk menghadiri sebuah undangan cukup membuat orang awam kebingungan oleh sebab itu artikel ini sangat membantu kita yang ingin menekuni di bidang blog apalagi bagi sebagian orang yang hanya menganggapnya sebagai hobi semata :D

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below. Your comments will be moderated.
(INFO : Sebaiknya berkomentar dengan URL agar komentar tidak menjadi brokenlink dan terpaksa saya hapus)

Auto Post Signature