Memilih PAUD yang Tepat Bagi Anak

3.10.17
Di usia si kecil menginjak 2 tahun 7 bulan, akhirnya saya memutuskan untuk memasukkan dia ke PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini ) atau Kelompok Bermain. Sebelumnya, saya telah lebih dahulu melakukan berbagai riset terkait tingkat kognitif, afektif dan psikomotorik si kecil. Apakah sudah layak dan selaras dengan rekomendasi pemerintah terkait PAUD. Anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No 20/2003 ayat 1 adalah anak usia 0-6 tahun.


Di Indonesia, PAUD dijabarkan sebagai pendidikan awal untuk mengembangkan moral dan agama, motorik halus, dan kasar, kecerdasan, sosio emosional dan komunikasi, sesuai dengan tahapan perkembangan anak ( Permendiknas No 58 Tahun 2009).

Berdasarkan hasil evaluasi dan di dukung berbagai pertimbangan saya dan suami sebagai orang tua, akhirnya kami mantab memasukkan si kecil ke sekolah.

Namun, tentu saja ketika memilih PAUD yang "dirasa" tepat, memang tidak mudah. Ada berbagai aspek yang kami pikirkan.

Enam hal yang diperhatikan dalam memilih PAUD

1. Lokasi Dekat Rumah


Hal ini menjadi pertimbangan, agar lebih efektif dan efisien dalam mengantar dan menjemput anak ke dan dari sekolah. Faktor emosional lainnya, saya merasa lokasi sekolah yang dekat dengan rumah akan membuat hati saya sebagai ibunya menjadi lebih tenang. Paling tidak jika terjadi "sesuatu" saya atau ayahnya dapat segera menuju lokasi.


2. Lingkungan  Sekolah


Kondisi sekolah menjadi pertimbangan yang besar. Hal ini terkait 
a. Lingkungan dalam sekolah (ruang kelas, fasilitas, permainan yang disediakan, keamanan sekolah)
b. Lingkungan di luar sekolah (akses dengan jalan raya, aktivitas tetangga sekitar sekolah)


3. Kurikulum Pengajaran


Saya memahami bahwa si kecil tidak perlu menjadi mahir berhitung, apalagi membaca di PAUD.

Namun, salah satu catatan penting sebagai orang tua, saya ingin agar si kecil mendapatkan bimbingan terkait agama dan moral. Minimal sekolah mengajari mereka bermacam-macam doa harian, sembahyang, mengenal alquR'an dan lain-lain. Sehingga apa yang diajarkan di rumah dapat selaras dengan di sekolah.

4. Pengajar


Terkait pengajar ada beberapa hal yang saya perhatikan :

a. Pengajar adalah lulusan / sarjana pendidikan PAUD. Atau minimal dipimpin oleh sarjana PAUD, agar pelaksanaan belajar dan mengajar memang sesuai dengan standar pendidikan.

Pict : theodysseyonline.com

b. Seluruh pengajar adalah WANITA. Ini adalah pertimbangan subyektif saya, karena melihat berbagai pemberitaan di media, saya cenderung percaya dengan pengajar wanita dibanding laki-laki untuk mengajar anak saya di PAUD.

c. Rasio jumlah pengajar dan murid. Jangan sampai 1 guru mengajar 20 anak. Hal ini akan mengurangi efektivitas mengajar dan pengawasan terhadap anak. Terlebih usia anak balita masih membutuhkan pengawasan ketat.

5. Fasilitas Pendukung


PAUD tempat anak saya bersekolah saat ini menyediakan snack dan makan siang. Selain itu, karena keterbatasan waktu yang saya miliki, si kecil dapat di sekolah hingga pukul 12.30. Sekolah sekaligus melayani jasa daycare.


6. Biaya yang terjangkau


Dengan berbagai tuntutan di atas, apakah kita akan mendapatkan PAUD dengan biaya murah?
Ya, saya harus pandai-pandai memilih PAUD berkualitas dengan SPP terjangkau.

Pict :peoplegist.com

Saya melakukan survey hingga ke 5 sekolah. Beberapa sekolah membebankan uang gedung yang tidak sedikit bahkan hingga 10 juta rupiah. Nominal sekian tentu tidak murah. Saya harus jeli dalam menghitung efektivitas anggaran. Bahasa mudahnya, "apakah biaya semahal itu sebanding dengan pengajaran yang akan anak saya terima?"

Akhirnya setelah menghitung baik-baik, saya menemukan PAUD dengan biaya masuk hanya 1 juta rupiah (termasuk buku, seragam, dan biaya fasilitas) dan SPP perbulan Rp 220.000,-(sudah termasuk biaya makan)

Memilih PAUD memang tidak mudah, apalagi ini adalah kali pertama saya mempercayakan tanggungjawab anak kepada orang lain di luar keluarga. Saya melakukan trial error selama satu pekan. 

Setelah satu pekan masa penjajakan, saya melihat si kecil merasa nyaman di sekolah. Dia selalu bersemangat ke sekolah setiap hari senin hingga jumat pukul 08.00 hingga 12.30. Meski demikian saya selalu memantau aktivitasnya di sekolah, baik melalui gurunya atau berkomunikais langsung dengan anak. Semoga sekolah PAUD ini tepat bagi anak saya.

13 comments on "Memilih PAUD yang Tepat Bagi Anak"
  1. Sekarang banyak PAUD yang ngajarin baca, nulis, berhitung. Konon katanya, atas permintaan ortu. Tapi kan kasian anaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, PAUD buat belajar mandiri aja. Kalau pusing berhitung, bisa males sekolah

      Delete
  2. murah mba segitu aku juga pusing cariin tk buat anakku akhirnya skrg uda dpt deh 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lumayan mbak..setelah cari2 dapet juga yang murah

      Delete
  3. Noted..
    PAUD di dekat rumah tuh rata-rata masuk jam 8 pulang jam 10 Mak, dan sudah diajarin alfabet, berhitung... kalau aku sich maunya biar dia main dulu, belajar yang enggak calistunglah.... aku masih bingung soal masukin Juna ke PAUD... hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertimbangannya gak ada yang jaga mbak..daripada pake ART

      Delete
  4. Setuju, mba.

    Tapi anakku ngga paud sih langsung RA. Cari yg deket, ngajarin agama, kenal ma gurunya, sama yg pasti tuh harganya ga terlalu mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penuh pertimbangan ya mbak. Kita sebagai ibunya pengennya dapet yang baik2..

      Delete
  5. kriteria saya nomor satu juga dekat rumah Mbak. Secara anak kecil, kalo PAUD saja jauh jaraknya..kasian kelamaan di jalan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kejauhan males juga ya mbak yang anter jemput

      Delete
  6. Rizki Prima RamadhaniOctober 22, 2017 at 8:13 PM

    Menurut saya pribadi untuk menentukan paud yang tepat itu tidak mudah terkadang suatu instansi memberikan berbagai macam pelayanan yang menarik namun tidak sesuai dengan apa yang kita dapatkan oleh sebab itu kita sebagai orang tua alangkah lebih bijak bila mengajarkan segala kemampuan dasar bersekolah lebih dini kepada anak agar ketika mereka mendapatkan pembelajaran yang kurang berbobot maka mereka mampu menanganinya dengan mudah :D

    ReplyDelete
  7. Kalau saya kayaknya nanti milih paud yang searah atau dekat dengan kantor saya dan suami. Tapi tentunya juga sistemnya harus sesuai dengan keinginan saya dan suami

    ReplyDelete
  8. Catet.
    Praktekin klok aku entar nyari sekolah bwt bocah
    Mksih bnyak ya mak

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature