Jogja Cushy Cheese dari Ria Ricis

6.1.18
The Secret Ingredient is always CHEESE
Saya suka sekali segala sesuatu tentang keju. Tidak perlu heran jika saya lebih memilih mengunyah keju cheddar dari pada sepotong coklat. Keju yang lumer di mulut adalah hal yang tidak bisa saya tolak. Kamu suka keju juga? Say Cheese...


Kemarin saya sedang ingin memakan Japanese Cheese Cake, sponge cake yang lembut dan halus di lidah. Biasanya, saya harus order dulu sekitar 1 minggu untuk menikmati Japanese Cheese Cake di toko roti langganan, karena tidak ada yang ready stock.

Nah, tiba-tiba saja, ada salah seorang teman yang membuka jasa titip beli roti kekinian karena dia sedang ada di Jogja. Tidak ragu, sekalian saja saya titip beli Japanese Cheese Cake ala Ria Ricis yang outletnya ada di Jogja juga namanya
Jogja Cushy Cheese.

Apa  Jogja Cushy Cheese ? 
( baca :  Ku:Shi Cheese)

Setelah hadir Surabaya Patata hasil kolaborasi dengan kakaknya Oki Setiana Dewi, kini Ria Ricis juga punya Jogja Cushy Cheese.  Cake Ria Ricis ini praktis menambah daftar cake artis di Kota Gudeg menyusul Dude Harlino dengan Jogja Scrummy, Zaskia Adya Mecca dengan Mamahke Jogja, dan juga Syahrini yang menawarkan Bakpia Princess Cake.

Selebgram dan youtuber yang demen banget dengan mainan Squishy ini memang sengaja membawa tren Japanese Cake ke masyarakat Jogja, dan sekaligus menjadi diferensiasi dengan cake lain yang sudah ada.

Jogja Cushy Cheese yang mengsusung tagline "Manisnya Kebaikan" ini punya beberapa varian rasa seperti, 

Bluberia (bluberi) ✔️
CarameloNut (kacang karamel) ✔️
Ohricis (original) ✔️
Cokelet (coklat) ✔️
Ria Miss U (tiramizu) ✔️
Cas Cheese Cus (keju) ✔️


Dari 6 varian di atas, saya baru coba varian Cas Cheese Cus (Keju). Meski namanya Jogja Cushy Cheese, varian yang saya makan ini memang rasa kejunya lebih dominan. 

Seperti apa reviewnya?

Di bawah ini ⬇️

Jogja Cushy Cheese ini bentuknya persegi panjang. Cake ini dibungkus dengan box terbuat dari cardboard tebal. Wadahnya ini sebenarnya lumayan slim, jika dibandingkan dengan cake lain yang punya box berbentuk persegi. Jadi, mungkin bisa lebih comfortable ketika dibawa jika pada box ini ada pegangannya juga sehingga gampang ditenteng tanpa dimasukkan ke dalam plastik.



Dibagian box ada beberapa informasi yang tertulis di sana. Seperti nama varian, komposisi, daftar social media, dan juga alamat outlet.

Cas Cheese Cus

Kalau diperhatikan cake ini punya empat layer. Bagian paling bawah ada lapisan tipis (saya kurang tau namanya apa) seperti butter tapi lebih bertekstur. Agak mirip crust tapi lebih lembut. Untuk rasanya, saya mengecap rasa keju, sedikit mix dengan kacang. Gurih tapi ada manisnya juga.


Dibagian atasnya adalah lapisan paling dominan yakni  sponge cakenya. Lembut sih, tapi sejujurnya tidak selembutnya  yang saya bayangkan. Karena saya sudah sering membeli Japanese Cake lainnya, Cas Cheese Cus ini punya standar kelembuatan yang biasa aja. Meski begitu, rasa kejunya lumayan terasa.

Lapisan ketiga adalah cream yang menyatu dengan crust dan topping teratas yaitu parutan keju yang melimpah. Yup, keju bagian atas memang lumayan banyak. Jadi ketika kita gigit mulai dari lapisan teratas hingga yang paling bawah, barulah rasanya sempurna. 


Cerita di balik foto : Cake ini datangnya malam hari sekitar jam 19.00. Pengennya memfoto cake ini waktu pagi, keesokan harinya. Tapi apa daya, si kecil udah nggak sabar pengen nyobain. Akhirnya, difoto dengan pencahayaan yang terbatas :)

Jika dari rasa Cas Cheese Cus ini memang tidak terlalu manis. Tapi, hampir mirip dengan cake kekinian lainnya, ketika memakan 1 slice saja udah terasa eneg dan kenyang.

Suka nggak?

Suka..Semua tentang keju kan saya suka. Mungkin akan lebih obyektif lagi seandainya saya bisa merasakan varian lainnya sebagai pembanding.

Cake ini tahan lumayan lama. Sekitar 4 hari setelah tanggal pembelian. Expired Date tertera pada kemasan.

Harga ?

Untuk urusan harga tidak terlalu berbeda dengan cake lainnya. Varian Original harganya Rp 48.000,-, untuk varian lainnya Rp 58.000,-

Tertarik Membeli Lagi?

Lumayan tertarik. Kadang memang muncul rasa kangen makan cake "agak" mahal gini. Apalagi kalau kita memang penggemar berat keju. Selain itu, cake artis seperti ini memang paling layak untuk dijadikan oleh-oleh. Jadi, buat yang main ke Jogja, bertambah satu lagi pilihan buah tangannya.


Jogja Cushy Cheese
Jl. Ipda Tut Harsono / Jl. Timoho No. 56 Yogyakarta

Instagram : @chusyjogja

8 comments on "Jogja Cushy Cheese dari Ria Ricis"
  1. Aku agak parno ya sama kue artis kekinian yang ala ala bandung, rata rata packing bagus, tapi kurang enak. Aku masih memilih kartika sari. Tapi kalau kue di jogja bisa jadi lebih enak nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang musti harus ada variasi rasa. tidak bisa dipungkiri, kebanyakan cake kekinian rasanya hampir sama semua..

      Delete
  2. kok bawaannya laper yah.. enak nih bareng kopi

    ReplyDelete
  3. Looks yummy! Dan kejunya melimpah banget yaaaahhh.. Hihihii

    ReplyDelete
  4. Kebalikan sama aku, Mbak. Aku lebih suka cokelat daripada keju, xixixi..

    Kue artis makin banyak yaa.. aku sampe bingung ngafalinnya. 😁😁

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature