Membersihkan Karang Gigi Sakit Nggak, sih?

16.8.19
MEMBERSIHKAN KARANG GIGI DI SOLO

Kali ini saya menuliskan pengalaman membersihkan karang gigi di dokter gigi. Jujur saja, ini kali pertama seumur hidup saya melakukan scaling. Saya sudah merencanakan bertahun-tahun yang lalu tapi merasa paranoid ke dokter gigi. Hingga akhirnya saya mencari tahu dari berbagai artikel di intenet. "Membersihkan karang gigi sakit nggak ya? Efek samping membersihkan karang gigi apa ya?" Hingga akhirnya menemukan semua jawaban yang tepat, maka kemudian saya beranikan diri ke dokter gigi bersama suami dan bersama-sama melakukan scaling.

Sebelum saya menceritakan lebih jauh mengenai scaling di dokter gigi, yuk cari tahu dulu apa itu karang gigi.

Apa itu Karang Gigi?

Sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut (khususnya yang mengandung gula dan tepung) kemudian bercampur dengan bakteri, akan membentuk suatu lapisan berwarna kekuningan atau putih di gigi. Lapisan ini disebut PLAK. Plak yang tidak dibersihkan akan mengeras sehingga memicu terbentuknya KARANG GIGI (kalkulus). 

Karang gigi yang tidak dibersihkan tentu saja dapat mengganggu penampilan gigi, karena membuat gigi terutama yang berbatasan dengan gusi menjadi berwarna kekuningan, kecoklatan bahkan kehitam-hitaman. Selain penampilan, ternyata ada bahaya yang mengancam kesehatan. 

Bahaya Karang Gigi

Plak dan karang gigi mengandung jutaan bakteri dan jika tidak dibersihkan secara rutin, dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan. Salah satunya adalah gingivitis, alias peradangan pada gusi. Peradangan yang semakin parah, ditandai dengan gusi yang sangat mudah sekali untuk berdarah saat menggosok gigi. Kondisi ini saya alami juga. Jadi selama ini sering sekali saat menyikat gigi, tiba-tiba keluar darah dari gusi. Ternyata kondisi ini jika dibiarkan berlanjut, peradangan dapat menyebar hingga ke tulang alveolar gigi. Akibatnya, tulang gigi dan jaringan di sekitarnya bisa mengalami kerusakan dan membuat gigi mudah goyah bahkan bisa terlepas.

Bukan cuma itu, karang gigi yang dibiarkan menumpuk juga bisa menyebabkan bau mulut. Plak yang bercampur dengan sisa-sisa makanan yang tidak tersikat bersih saat menggosok gigi dapat menyebabkan pembusukan di dalam rongga mulut. Pembusukan inilah yang jadi penyebab bau mulut. Jelas kondisi ini akan membuat tidak nyaman diri sendiri dan orang lain.

Bagaimana Membersihkan Karang Gigi?

Karang gigi umumnya dapat muncul pada setiap orang, baik anak-anak maupun dewasa. Kemunculan plak  dan karang gigi biasanya tidak disadari, karena terjadi secara perlahan dan tidak menimbulkan gejala. Itu mengapa penting sekali bagi kita untuk memperhatikan kondisi gigi setiap hari.

Jika membaca berbagai artikel di internet, kita akan menemukan berbagai tips membersihkan karang gigi yang sudah terlanjur muncul dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti soda kue misalnya. Namun, jika ingin membersihkan secara instan kita bisa pergi ke dokter gigi dengan memilih metode scaling.

Apa itu scaling gigi?

Scaling gigi adalah prosedur non-operasi yang dilakukan untuk membersihkan dan menghilangkan plak dan karang (tartar) pada gigi. Karang gigi yang dibersihkan yakni pada bagian putih gigi, khususnya pada perbatasan dengan bagian gusi.

Semakin canggih teknologi, sekarang ada scaling gigi metode ultrasonic. Alat khusus yang bernama ultrasonic scaler ini bekerja dengan getaran ultrasonik yang pada bagian ujungnya yang berbentuk agak runcing. Selain itu juga ada scaling gigi manual. Berdasarkan beberapa artikel yang saya baca, metode manual dianggap lebih bersih daripada menggunakan ultrasonic scaler. Di dokter gigi yang saya pilih juga masih menggunakan scaling gigi manual ini.

Prosedur Membersihkan Karang Gigi dengan Scaling

Selain ke dokter gigi, sebenarnya banyak puskesmas yang menyediakan poli gigi dan melayani pembersihan karang gigi. Namun, kali ini saya memilih untuk membersihkan karang gigi di Solo di Rumah Sakit dr. Oen Solo Baru.

Ketika memasuki ruang periksa, pertama saya diminta untuk mengukur berat badan dan tinggi badan. Lalu ditanya oleh suster, apakah saya sedang menstruasi, hamil atau memiliki alergi obat tertentu.

Setelah itu saya duduk di dental chair. Suster kembali menjelaskan untuk proses pembersihan karang gigi nantinya saya akan merasa ngilu dan gusi mengeluarkan darah. Jika saya siap dengan tindakan tersebut, selanjutnya saya diminta mengisi form yang menyatakan saya telah menerima edukasi dan siap untuk adanya tindakan dokter.

Setelah semua berkas saya tanda tangani, mulailah proses pembersihan karang gigi. Saya diminta untuk kumur terlebih dahulu beberapa kali. Lalu kemudian dokter memeriksa bagian-bagian mana saja yang akan dibersihkan. Setelah saya siap, dokter meminta saya untuk rileks dan membuka mulut lebar-lebar.

Dan mulai saat itulah karang di gigi saya dibersihkan. Tentu saja saya berusaha menutup mata sembari berkonsentrasi agar mulut dan tubuh saya tetap santai.

Apakah membersihkan karang gigi sakit?

Lebih tepatnya ngilu. Terlebih ketika alat mencapai perbatasan gigi dan gusi. Rasa ngilu menjadi lebih intens terutama di gigi bawah bagian depan. 

Beberapa kali saya merasakan darah keluar di dalam mulut saya. sayapun diminta untuk berkumur dengan air yang dicampur dengan antiseptik. Kurang lebih proses pembersihan gigi ini membutuhkan waktu 20 menit. Lama waktu tergantung dengan banyaknya karang gigi, karena suami saya membutuhkan waktu sekitar 35 menit untuk proses pembersihannya.

Efek Samping Scaling Gigi

Saya sangat bersyukur bahwa rasa sakitnya tidak seperti saat saat mencabut gigi seakarnya ketika saya sekolah dulu. 

Efek samping yang saya rasakan setelah melakukan scaling gigi adalah ngilu dibeberapa gigi. Khususnya dibagian gigi depan bawah. Selain itu hingga H+ 1 saya merasa gigi menjadi lebih sensitif. Ketika berkumur dengan air biasa saja saya merasa ngilu beberapa saat.

Setelah melakukan scaling, saya merasa gigi menjadi kasar ketika disentuh dengan lidah. Tapi karena bagian yang kasar ini di bagian belakang gigi, maka tidak mengganggu.

Perawatan Setelah Membersihkan Karang Gigi dengan Scaling

Setelah membersihkan karang gigi, gigi dan gusi memang terasa lebih sensitif. Itu mengapa ada beberapa hal yang petlu diperhatikan.

1. Sikat gigi kering

Caranya, jangan basahi mulut atau kumur-kumur terlebih dahulu sebelum menyikat gigi. Sikat gigi dalam kondisi kering, berikan pasta gigi, lalu gosokkan ke gigi secara perlahan (pelan-pelan) kurang lebih selama 2 menit. Setelah itu baru kemudian kumur-kumur dengan perlahan.

2. Hindari makanan dengan suhu ekstrim panas/ dingin

Karena kondisi gigi dan gusi sedang sensitif maka hindari makanan dan minuman yang telalu panas/ dingin agar tidak menyebabkan gigi ngilu.

Selanjutnya setelah dirasa gigi normal kembali, maka penting bagi kita untuk merawat kesehatan gigi dengan memastikan sikat gigi minimal 2 kali sehari. Atau lebih tepatnya setelah makan dan sebelum tidur. Pastikan juga membersihkan gigi dengan benar. Bisa juga dengan membiasakan diri menggunakan dental floss dan mouthwash. Dengan demikian, kebersihan gigi dan mulut bisa terjaga secara maksimal

Berapa Biaya Membersihkan Karang Gigi?

Untuk biaya scaling gigi kemarin saya mengeluarkan Rp 393.000,- . Biaya tersebut tidak termasuk obat. Kebetulan untuk proses scaling kemarin memang tidak ada obat apapun yang diresepkan dokter.

Kapan Harus Scaling Gigi?

Setelah melakukan scaling gigi, saya merasa puas dengan hasilnya. Karang gigi yang semula terlihat, semua menjadi hilang. Dokter gigi yang menangani juga detail sehingga ketika selesai gigi menjadi benar-benar bersih dari karang.

Oiya, prosedur scaling sebenarnya tidak memiliki batas usia tertentu. Siapa saja boleh melakukan prosedur ini asalkan kondisinya dalam keadaan baik. Namun pada anak-anak, scaling gigi umumnya direkomendasikan jika anak sudah memiliki gigi susu lengkap dan giginya memang perlu dibersihkan. Itu sebabnya, selalu konsultasikan ke dokter sebelum melakukan prosedur medis.

Proses pembersihan karang gigi ini sebaiknya dilakukan 6 bulan sekali. Itu kenapa kita sering mendengar anjuran untuk ke dokter gigi 6 bulan sekali. Jika scaling tidak perlu dilakukan minimal kita bisa memeriksakan kondisi gigi kita agar selalu dalam kondisi sehat.


Nah, itu tadi pengalaman saya membersihkan karang gigi di Solo di Rumah Sakit dr. Oen Solo Baru. Semoga bermanfaat ya...




Referensi :

alodokter.com/begini-cara-menghilangkan-plak-pada-gigi

doktersehat.com/pembersihan-plak-dan-karang-gigi/

doktersehat.com/plak-gigi-dan-karang-gigi/

rspantiwaluyo.com/berita-231-apa-itu-plak-dan-karang-gigi-.html

klikdokter.com/rubrik/read/2699453/plak-dan-karang-gigi

webmd.com/oral-health/guide/plaque-and-your-teeth

mouthhealthy.org/en/az-topics/p/plaque

dentalcare.com/en-us/patient-education/patient-materials/what-is-plaque


See you on the next blogpost.





Thank you, 



22 comments on "Membersihkan Karang Gigi Sakit Nggak, sih?"
  1. Minggu lalu aku habsu anter suamiku bersihin karang gigi. Tadinya juga sama mba takut gitu ahhaha eh tapi karena suami jg kebutulan sakit gigi kan jadi sekalian cek gigi sekalian dibersihin juga karangnya. Dokternya bilang bagus ko klo suka bersihin karang gigi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang mau rutin diriku mbak..6 bulan sekali, biar gigi sehat terus

      Delete
  2. Aku pantengin IG story kamu kapan hari lho, Mak.
    truss aku kepo dan semangat buat cuss ke blogpost ini
    Makasiiii sharing-nya yak
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  3. Aku Blum pernah nih d scaling biasanya dirumah Aja beli bahannya utk scaling Gigi... jadi kpingin ngerasain d rumah sakit ya bisa bersih bngt pastinya

    ReplyDelete
  4. klo berdasarkan pengalamn pribadi. selama tidak ada masalah digigi. pas lagi dibersihkan ga bakal sakit mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku tanya ke siapa2 kok tetep sakit ya mbak..hahahaha..ngilu tetep lah ya

      Delete
  5. Jadi keinget waktunya ke dokter gigi. Emang karang gigi itu gk enak kudu cepet diatasin.
    Btw cara sikat gigi tanpa dibasahin dulu itu jd bener2 sikat kering plus pasta gigi aja ya mbak? Setuju banget jgn makan makanan yang suhunya berbeda dalam waktu bersamaan ya..

    ReplyDelete
  6. Awal2 suka kesel kalau scalling.. karena pada akhirnya disuruh ini itu sama dokternya dan mahal. Tapi itu memang krn kondisi giginya yg gak bener. Skrg.. setelah semuanya beres.. tiap 6 bulan sy pasti cek up kondisi mulut dan gigi saya.

    ReplyDelete
  7. Aku pernah membersihkan karang gigi, tapi udah sepuluh tahun yang lalu, lebih deh kayaknya. Bener sih agak ngilu tapi begitu selesai juga udah ilang rasa ngilunya.

    ReplyDelete
  8. Nah ini penting, kadang orang suka abai ya pas udah ada keluhan yang ternyata dari karang gigi baru terasa. Enak kalau rutin betsihin ya biasa aja rasanya

    ReplyDelete
  9. iya tuh, bersihin karang gigi memang penting untuk kesehatan gigi dna mulut, tapi kadang kitanya lalai

    ReplyDelete
  10. aku dari dlu mau bersihin karang gigi lupa melu.. malah kalo ke dokter gigi aps sakit aja huu

    ReplyDelete
  11. terakhir scaling gigi itu 2 tahun yang laluuuu. tahun ini haruslah coba

    ReplyDelete
  12. kalau tidak ada masalah di gigi gak terasa sakit atau ngilu saat membersihkan karang gigi ya

    ReplyDelete
  13. Iya ngiluuuuu.. tapi gimana ya, kalau dibiarkan malah menggoyang gigi kita juga kan

    ReplyDelete
  14. Aku nambal gigi aja ngilunya minta ampun mba. Belum pernah sih scalling gigi. Masih maju mundur terus nih.

    ReplyDelete
  15. aku takut rasanay ngilu lihatnay saja

    ReplyDelete
  16. Belun pernah euy scaling gini haha...bacanya aja ikut ngilu.. dan biayanya lumayan yo...tapi mengingat manfaatnya sprtinya wajib nih scaling

    ReplyDelete
  17. aku pengen scaling, jadi maju mundur mau nyoba. giginya jadi benar-benar bersih? kadang nggak percaya diri, kalau mau bicara sama orang, takutnya kelihatan kerak gigi. biayanya terjangkau ya nggak mahal banget.

    ReplyDelete
  18. Uwaahh...keren banget bersihin karang gigi.
    Aku uda lama banget gak bersihin karang gigi, karena sekarang hitungannya gigi atas dan bawah.
    Mungkin karena aga menyakitkan itu yaa..

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below. Your comments will be moderated.
(INFO : Sebaiknya berkomentar dengan URL agar komentar tidak menjadi brokenlink dan terpaksa saya hapus)

Auto Post Signature