Happy Soya Oil, Bikin Nggak Takut Makan Gorengan Saat Diet

19.12.19


Setahun terakhir, saya memang fokus menjaga kesehatan tubuh. Salah satu resolusinya adalah mencapai berat badan yang ideal sama ketika masih single dulu. Selama 12 bulan lebih, saya rajin bangun lebih pagi untuk lari keliling komplek. Tidak jauh rute yang saya tempuh, hanya sekitar 1,5 - 2 km setiap harinya.

Selain rajin berolah raga, saya mulai diet mengatur pola makan. Meski banyak referensi mengenai diet seperti diet keto, DEBM, mayo, OCD, food combining, dan lainnya, tetapi saya memilih diet khusus yang nyaman dan tetap bisa makan enak.

Tidak seperti kebanyakan orang yang anti makan ini dan itu, diet ala saya tetap bisa makan tiga kali sehari. Saya bisa makan gorengan, makan nasi, makan daging, namun mengurangi jumlah asupan karbohidrat dan gula. Cara ini saya rasa membuat diet saya lebih nyaman. Meski proses penurunan badan terbilang tidak instan, tapi akhirnya saya berhasil menurunkan berat badan dari 54 menjadi 45 kg dalam waktu satu tahun.


#JanganBerhentiMakanEnak


Sering kali saya melihat teman perempuan saya yang begitu stres menjalani program dietnya. Mulai dari rutin setiap hari ngegym, menghindari makan nasi, gula dan cemilan, bahkan sampai takut setengah mati makan tempe goreng. "Takut minyaknya bikin gendut", katanya.

Karena setiap hari memaksa tubuh terforsir untuk olahraga, dan merasa tertekan karena nggak bisa makan apa yang dia suka, akibatnya justru menjalani diet dengan tidak bahagia. Stres, merasa kelelahan, jenuh, dan akhirnya menyerah sebelum mencapai goal yang diinginkan.

Pada dasarnya, diet nggak semenyiksa itu. Kita hanya perlu mengatur pola makan dengan baik. Makan tetap bisa tiga kali, tapi jumlah kalorinya dibatasi. Kita tetap bisa makan enak lho. Jangan karena diet, terus semua makanan menjadi tawar. Jangan berhenti makan enak, asalkan kita tahu cara memasaknya dengan benar.

Gorengan adalah salah satu kesukaan saya. Selama saya diet, tetep bisa makan gorengan, kok. Hanya saja untuk menggorengnya saya pilih-pilih dalam menggunakan minyak goreng. Saya lebih memilih minyak kedelai dari pada minyak sawit dan minyak kelapa. Soalnya, minyak kedelai itu memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang paling tinggi diantara minyak lainnya. Minyak tidak jenuh itu baik untuk tubuh manusia.

Eat Healthy, Eat Happy

Itu kenapa ketika fokus menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan saya tetap bahagia dan tidak stres. Salah satunya karen tetap bisa makan makanan yang saya suka. Untuk menghasilkan makanan yang enak dan sehat, setiap hari saya memakai Happy Soya Oil yang terbuat dari kedalai murni, untuk menggoreng dan menumis masakan. Berdasarkan penelitian yang berjudul Soybean Oil: Production Process, Benefits and Uses in Pharmaceutical Dosage Form dari University of Ege, Departement Teknologi Farmasi Turki menyebutkan bahwa minyak kedelai ternyata memiliki kandungan tinggi Omega3, Omega-6 dan Vitamin E. Asam lemak omega-3 dalam minyak kedelai mampu membantu melindungi selaput sel mata. Asam lemak ini juga berperan dalam menetralisir radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko degenerasi makula. Sedangkan kandungan vitamin E dapat membantu melembabkan, mempertahankan kolagen, serta menyamarkan kerutan dan garis halus pada wajah yang menandakan penuaan dini.





Spaghetti Udang Keju Sambal Matah



Kali ini saya ingin berbagi resep memasak Spaghetti Udang Keju Sambal Matah yang saya masak menggunakan Happy Soya Oil. Menu ini ada kandungan karbohidrat, protein dan lemaknya. Biasanya untuk menambah serat dan vitamin, saya lengkapI dengan segelas jus jeruk atau jus nanas.

Bahan

Spaghetti
1/2 bungkus Spaghetti
1/2 sendok teh garam
5-6 sendok makan Happy Soya Oil
1 siung bawang putih, cincang

Sambal Matah
3-4 siung bawang merah
4 buah cabe rawit
1 batang serai
3 lembar daun jeruk

Udang Keju
200 gram udang, cincang kasar
70 gram keju parut
1 sendok makan maizena
garam secukupnya
gula secukupnya
2 lembar daun bawang
1 telor
tepung terigu
tepung roti

Cara Memasak


Spaghetti
1. Didihkan air dan tambahkan sedikit Happy Soya Oil agar spaghetti tidak menempel
2. Masukkan dan rebus spaghetti hingga empuk
3. Panaskan Happy Soya Oil di atas wajan
4. Tumis bawang putih
5. Tambahkan spaghetti yang sudah di rebus
6. Tambahkan sedikit garam
7. Aduk dan sajikan di atas piring

Sambal Matah
1. Panaskan terlebih dahulu Happy Soya Oil
2. Tumis semua bahan sampai harum, lalu beri sedikit garam dan gula



Udang Keju
1. Campurkan udang dengan keju parut, maizena dan sedikit garam
2. Tambahkan sedikit terigu lalu bentuk pipih seperti nugget
3. Celupkan pada telur dan tepung roti
4. Goreng dengan Happy Soya Oil, dan tiriskan

Sajikan udang keju di atas spaghetty dan topping sambal matah di atasnya.




Bagaimana mudah bukan membuat Spaghetti Udang Keju Sambal Matah? 

Pastinya menu ini mengenyangkan untuk makan siang. Karena meskipun diolah dengan digoreng, tapi saya memilih menggunakan Happy Soya Oil sebagai minyak untuk menggorengnya. Pokoknya meskipun kita sedang diet dan belajar untuk selalu menjaga kesehatan kita #JanganBerhentiMakanEnak Yang terpenting adalah, perhatikan jumlah kalori yang masuk ke tubuh, rajin berolahraga dan #HappyHealthy dengan tidak lupa makan buah serta sayur.



See you on the next blogpost.






Thank you, 

1 comment on "Happy Soya Oil, Bikin Nggak Takut Makan Gorengan Saat Diet "
  1. Aku juga di rumah pakai minyak Happy Soya Oil ini nih, tapi cuma khusus menumis aja, bukan untuk menggoreng :)

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below. Your comments will be moderated.
(INFO : Sebaiknya berkomentar dengan URL agar komentar tidak menjadi brokenlink dan terpaksa saya hapus)

Auto Post Signature