Menjaga Konten Tetap Positif, Etis dan Kreatif

ZAHRA NOOR ERIZA



Menulis adalah salah satu kegiatan yang membuat saya bahagia. Selalu menyenangkan, mengeluarkan pikiran dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Di sisi lain jadi ada perasaan berguna, jika apa yang kita tulis bermanfaat bagi pembaca.

Selama pandemi, saya mengoptimalkan beberapa platform daring. Tujuannya, agar tulisan dan konten yang saya buat bisa menyebar lebih luas tanpa batasan geografis dan demografis. Siapapun bisa mengaksesnya asalkan terkoneksi internet.

Menggunakan platform daring mungkin sudah tidak asing. Bahkan saat waktu di rumah lebih banyak seperti saat ini, orang makin berlomba- lomba menjadi digital creator. Buat para pengajar baik guru maupun dosen, membuat konten pembelajaran online menjadi sebuah keharusan.

Membuat konten di media sosial tidak hanya  berkaitan dengan keterampilan desain visual. Konten berupa teks, audio, gambar, audio visual selalu berangkat dari tulisan dan cerita. Seperti ketika saya membuat podcast, agar dalam penyampaian lebih efektif saya membuat naskahnya terlebih dahulu. 

Baca : Cara Membuat Naskah Podcast


Menggabungkan seluruh media daring untuk suatu tujuan tertentu disebut dengan konvergensi. Saya sendiri menggabungkan blog, podcast, vlog dan microblog di instagram untuk mengedukasi keterampilan komunikasi kepada para pembaca dan penonton. Semuanya bisa diakses dengan gratis.

Ketika menjadi kreator konten, ada 5 hal yang saya coba terapkan.

1. Tahu topik apa yang kita kuasai, sehingga konten yangg disampaikan ada isinya ✔️
2. Punya tujuan yang positif dan tetap menjaga etika ✔️
3. Tahu siapa audiens yang kita tuju agar pesan bisa diterima secara efektif ✔️
4. Pilih platform yang nyaman agar bisa maksimal dalam berkreativitas ✔️
5. Konsisten ✔️



Kamis, 18 Februari 2021 yang lalu saya terpilih sebagai salah satu pembicara dalam acara  Akademika Litera pada kategori penulis inovator.  Akademi Litera merupkan rangkaian pra- acara Festival Literasi Nasional 2021 yang bertujuan untuk memberikan wadah kepada insan pendidikan dan pegiat literasi untuk menyampaikan gagasan. 


LITERASI KOTA SOLO

See you on the next blogpost.








Thank you, 

Post Comment
Post a Comment

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature