Ikut Lomba Podcast Bicara Makroprudensial Bank Indonesia

11.11.21

Beberapa waktu lalu, saya mengikuti webinar bertajuk Bicara Makroprudensial. Salah satu pematerinya Mas Andi Muhammad Raihan, Ekonom Yunior Kelompok Review Rekomendasi Kebijakan dan Protokol Manajemen Krisis Bank Indonesia menjelaskan bahwa 70% UMKM binaan BI belum memiliki akses kredit.


Sebenarnya di Indonesia sendiri sudah memiliki Rasio Kredit UMKM yang mewajibkan bank- bank di Indonesia untuk memelihara 20% dari kreditnya untuk menyalurkan kredit ke UMKM. Nah, untuk menyempurnakan Rasio Kredit UMKM ini , Bank Indonesia merumuskan kebijakan Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial atau RPIM melalui empat perluasan, yang diharapkan bisa mendorong kredit perbankan pada sektor pembiayaan inklusif dan UMKM.


Topik keuangan memang jarang membuat saya tertarik, berat dan memusingkan. Tapi justru itulah, saya jadi tertantang untuk membahas kebijakan makroprudensial Bank Indonesia di podcast The Late Brunch with Sara Neyrhiza. Sekaligus mengikutsertakan di kompetisi. Dan inilah podcast saya yang berhasil mendapatkan juara harapan.




Post Comment
Post a Comment

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature