6 Skill Komunikasi yang Wajib Dikuasai Mahasiswa

7.7.22

 

PRAKTISI KOMUNIKASI


Komunikasi itu nggak ngomong doang :)


Ya, karena pada dasarnya, seseorang berkomunikasi tidak hanya secara lisan, tetapi juga bahasa tubuh, tulisan, gambar, isyarat dan lain sebagainya. Kemampuan komunikasi seseorang perlu diasah dengan baik, sehingga lebih terampil berinteraksi dengan orang lain, baik untuk kebutuhan personal, sosial maupun profesional.


Bagi mahasiswa, kemampuan komunikasi yang mumpuni juga akan membuka berbagai kesempatan. Mahasiswa yang cakap berkomunikasi, umumnya juga lebih percaya diri dalam menyampaikan gagasan dan mampu memimpin orang lain.


Berikut ini adalah kemampuan komunikasi yang sebaiknya dikuasai mahasiswa sehingga dapat menjadi komunikator yang handal.  


1. Kemampuan mendengarkan

Mendengarkan adalah suatu proses menangkap, memahami, dan mengingat dengan baik apa yang didengar atau apa yang disampaikan orang lain. Dalam proses mendengarkan ini, kita membutuhkan fokus sehingga perhatian kita bisa terpusat pada informasi. Jika kita memiliki kemampuan mendengarkan/ menyimak dengan baik, kita akan lebih kritis dalam menanggapi suatu informasi. Pada level yang lebih tinggi, skill ini disebut critical listening.


2. Kemampuan berbicara

Dengan kemampuan mendengarkan, kita juga lebih paham dengan apa yang kita sampaikan. Kita lebih paham siapa lawan bicara, pemilihan kata-kata, nada dan juga intonasi saat berbicara.


3. Berbahasa tubuh

Berbahasa tubuh merupakan bentuk komunikasi non verbal yang sangat mendukung kesuksesan komunikasi verbal. Postur tubuh, ekspresi wajah, kontak mata dan gestur menjadi elemen penting yang perlu diperhatikan saat berbicara, terutama dalam situasi formal.


4. Kemampuan menulis

Seseorang yang punya kemampuan menulis dengan baik, umumnya mampu menyampaikan gagasan dengan rapi dan terstruktur. Mereka juga lebih paham ejaan dan tata bahasa yang benar. Dalam dunia pekerjaan, kemampuan menulis ini digunakan untuk menyiapkan proposal dan laporan, mengirim email, memuat memo, dan lain sebagainya.


5. Kemampuan presentasi

Presentasi biasanya dilakukan di hadapan publik. Seorang presenter memiliki beberapa hal kemampuan sekaligus seperti berbicara, public speaking, berbahasa tubuh, persuasi sampai desain grafis yang digunakan untuk mendesain slide.


6. Kemampuan networking

Menjadi mahasiswa saatnya berkenalan dengan banyak orang baru. Bangun pertemanan yang positif yang nantinya akan membantu membuka kesempatan dan karir. Membangun jejaring bukan hanya dengan teman kuliah, tetapi juga orang- orang yang belum kita KEnal sebelumnya. Untuk bertemu orang baru inilah, mahasiswa juga harus berani terlibat dalam berbagai ruang sosial seperti komunitas, kepanitiaan dan sebagainya.


Itu tadi 6 skill komunikasi yang wajib dikuasai mahasiswa untuk bisa cakap berinteraksi dengan orang lain diberbagai situasi. Sama seperti skill lainnya, skill komunikasi akan semakin terasah jika sering dipraktikkan. Selamat belajar!



See you on the next blogpost.







Thank you, 

Post Comment
Post a Comment

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature