Manajemen Waktu yang Buruk, Bikin Kamu Terpuruk!

10.8.18


Orang mengenal saya sebagai perempuan yang rasional dan perfeksionis. Suka merencanakan sesuatu sebelum eksekusi. Hal ini hampir di seluruh bidang kehidupan. Mulai dari urusan rumah tangga, pekerjaan sampai dengan mengatur jadwal harian.

Iseng-iseng saya ikut tes kepribadian. Dan menurut hasilnya, saya tipe ENTJ-T atau komandan. Katanya, jumlahnya cuma 3 % dari populasi manusia di bumi.

Sebagian orang mungkin menganggap arogan. Seperti kata suami saya,

" Kalau sudah punya mau, sulit untuk dihalangi." 

Atau kata sahabat saya  "Kalau nggak kuat, kerja sama kamu bisa sepaneng" Wah, sampai segitunya.

Tetapi perencanaan itu penting, kan? Memang saya kurang bisa menerima hal-hal yang spontanitas. Makanya, ngerasa naik turun emosi ketika suami  sering ngajak liburan tapi tanpa perencanaan. Tiba-tiba langsung berangkat aja. Timingnya nggak pas.

Belajar dari Steve Jobs

Salah satu tokoh yang juga tipe ENTJ-T dalah Steve Jobs. Mantan CEO dan co-founder dari Apple inc. ini memang dikenal sebagai sosok yang berpikir secara strategis dan menjaga fokus jangka panjang. Setiap langkah rencana dilakukan dengan tekad dan ketepatan sehingga dia menjadi pemimpin bisnis yang kuat.

Jadi tidak kaget kan kalau ia mampu membawa Apple inc. dalam level atas dengan produk dengan brand image yang prestigious. Semua memang butuh perjuangan dan effort yang besar. Rencana-rencana harus dapat terlaksana dengan bekerja sama dengan tim yang solid.

Dalam menjalani karir, penting banget bersikap profesional. Salah satunya dengan menghargai waktu.

Pernah nggak merasa kesal dengan seseorang karena dia tidak tepat waktu? Saya sering tuh. Janjian jam 9, eh dia dateng jam 10. Rapat harusnya mulai jam 10, eh ternyata teman-teman baru datang jam setengah 11.

Hal ini juga saya alami ketika menjadi tamu undangan untuk event blogger. Undangan jam 9, ternyata belum ada yang hadir. Akhirnya acara baru mulai setengah 11. Dan kejadian seperti ini tidak hanya sekali lho, tapi sering terjadi.

Jadi, kalau mendengar anggapan banyak orang kalau ngaret alias jam karet itu bagian dari budaya Indonesia, jadi percaya nggak percaya juga kan. Mau bilang nggak, tapi kenyataan di lapangan demikian. Mau bilang iya, kok rasanya  streotype negatif sekali.
Makanya, daripada saling menyalahkan atau cuma beralasan, penting bagi setiap individu meningkatkan kualitas dirinya. Bersikap profesional dengan lebih disiplin waktu.

Mengapa Harus Punya Time Management yang Baik?




Dalam dunia kerja, ketrampilan bekerja saja tidak cukup. Kita harus punya soft skill, salah satunya manajemen waktu yang baik.

Pernah dengan ungkapan time is money? Atau dalam ayat di kitab suci menyebutkan "Demi masa. Sesungguhnya manusia kerugian."

Hal ini menyadarkan kita bahwa waktu itu adalah hal yang penting. Kita tidak akan pernah bisa membalikkan waktu. Sampai saat ini time machine tidak pernah ada. Jangan berharap ada  mesin waktu di laci meja belajar Nobita yang bisa membawa Nobita dan Doraemon ke masa lalu atau masa depan.

Jadi penting buat kita memanfaatkan waktu dengan baik. Mengoptimalkan masa sekarang agar apa yang kita usahakan bisa kita petik di masa depan.

Nah, sebagai seorang profesional, mengapa sih manajemen waktu itu penting?

 1. Time is limited


Mau senganggur atau sesibuk apapun kita dalam satu hari, waktu tetap akan berjalan selama 24 jam. Itu mengapa ketika kita punya banyak pekerjaan, sebaiknya tidak menunda-nunda untuk mengerjakannya. Sering kita dengar istilah "kehabisan waktu?" Itu karena waktu akan terus bergulir meski kita tidak melakukan apapun.

2. Mencapai banyak hal dengan sedikit usaha


Ketika kita bisa memanajemen waktu dengan baik, sebenarnya kita juga belajar fokus. Fokus akan menghasilkan efisiensi. Contohnya seperti yang sering saya lakukan. Jika saya ingin membuat satu tulisan di blog, saya harus memberikan batas waktu 2 jam agar tulisan tersebut selesai. Dalam waktu 2 jam, saya fokus menulis tanpa ganguan apapun. Pekerjaan akan lebih cepat selesai dan kita punya banyak waktu untuk mengerjakan hal lainnya.

3. Memiliki kemampuan mengambil keputusan yang baik


Pernah kan kita jadi ceroboh dan gegabah karena melakukan sesuatu karena tergesa-gesa? Well, hal tersebut semakin kecil kemungkinan terjadinya, jika kita punya banyak waktu untuk berpikir dan mempertimbangkan banyak hal sehingga mampu menghasilkan keputusan terbaik.

4. Kunci sukses dalam karir

Manajemen waktu adalah kunci kesuksesan. Tahu nggak, banyak pengusaha sukses dan pemimpin dunia yang rajin bangun pagi? Bukan hanya baik untuk kesehatan, ternyata bangun pagi menjadi salah satu ritual kunci kesuksesan. Waktu di pagi hari dinilai paling tepat untuk merencanakan banyak hal. Inspirasi juga sering hadir di pagi hari.

Coba deh bandingkan, ketika kita bangun kesiangan. Duh, pasti bakal tergesa-gesa kan mempersiapkan sesuatu. Belum lagi, ketika kita masih harus berjibaku dengan kemacetan, juga tugas-tugas kantor yang bejibun lainnya.

5. Mengurangi stres


Pernah kan merasa capek dan kewelahan karena selalu merasa diburu-buru waktu? Ada rasa panik, ketika pekerjaan tidak juga kunjung selesai padahal waktu segera habis.

Time management memberikan kesempatan kita bisa mengelola waktu dengan bijak. Kapan harus bekerja, jalan-jalan dan urusan personal lainnya. Jangan sampai karena kita selalu kewelahan masalah manajemen waktu ini, kita jadi mudah stres. Dan pastinya stres itu nggak baik untuk kesehatan kan..

Jadi sepakat dong, masalah manajemen waktu ini jadi PR banyak orang. Sebenarnya kita sadar kok, kalau waktu itu sangat berharga. Ada hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas manajemen waktu kita. Pertama, dengan rajin bangun pagi. Awali hari lebih awal agar kita memiliki banyak waktu untuk merencanakan aktivitas selama seharian nanti.

Kedua, buatlah jadwal harian. Ini adalah hal sederhana yang bisa kita coba. Buat jadwal harian yang berisi prioritas aktivitas kita selama 24 jam. Apa saja yang akan kita lakukan, kapan harus istirahat dan kapan harus bermain. Cobalah untuk konsisten dan mematuhi jadwal yang kita buat sendiri.


Ketiga,  berikan kandang waktu atau cut off time. Beri durasi waktu untuk mengerjakan pekerjaan tertentu. Misalnya sebagai seorang ibu, kita beri kandang waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga dari pukul 05 sampai 7 pagi. Ketika pukul 7 pagi tiba dan ternyata pekerjaan belum selesai, kita harus menghentikan pekerjaan tersebut dan beralih ke pekrjaan lain sesuai prioritas yang kita buat sebelumnya. 

Keempat, gunakan jam tangan sebagai reminder setiap waktu yang berjalan. Apalagi jika kita sibuk bekerja di kantor, jam tangan selalu bisa diandalkan untuk memberikan petunjuk terhadap alokasi waktu yang kita lakukan.

Tampil Keren dengan Jam Tangan Terbaru




Jam tangan menjadi salah satu item fashion yang sekaligus memiliki nilai fungsional yang tinggi. Jadi wajib banget buat saya memakai jam tangan setiap hari khususnya ketika beraktivitas di luar rumah.

Jam tangan bukan hanya sebagai alat untuk bergaya, tapi sekaligus memberikan kesan profesional terhadap keseluruhan tampilan. Jam tangan juga bisa menjadi bahasa nonverbal lho. Mereka yang memakai jam tangan umumnya juga dinilai memiliki komitmen untuk disiplin terhadap waktu.

Bagi sebagian orang, jam tangan juga meningkatkan status sosial. Tidak jarang mereka mengeluarkan uang jutaan untuk membeli jam tangan mewah bertaburan berlian untuk memberikan kesan classy. Strategi ini juga sering digunakan ketika pitching ide atau pertemuan bisnis.

Memakai jam tangan di setiap aktivitas pekerjaan

Buat saya pribadi, jam tangan itu meningkatkan percaya diri. Saya merasa mampu mengontrol diri secara penuh. Saya memiliki wawasan kapan harus dan tidak melakukan sesuatu. Semua dapat saya lihat hanya melalui benda yang melingkar di pergelangan tangan.

Kebetulan saya memiliki beberapa koleksi jam tangan. Meski tidak berharga mahal, saya berusaha melengkapi koleksi saya dengan berbagai bentuk jam tangan. Ada yang sporty, ada juga yang casual. Masing-masing jam saya pakai sesuai dengan pakaian dan konteks acara yang akan saya datangi atau aktivitas yang saya lakukan.

Buat kamu yang ingin membeli jam tangan terbaru, saya mempunyai beberapa tips dalam memilih jam tangan:

1. Pilih tipe movement

Movement atau jenis mesin yang digunakan adalah bagian utama dari jam. Umumnya ada dua tipe yakni quartz dan mechanical. Quartz biasanya lebih dapat diandalkan, praktis, dan harganya lebih murah. Perawatan untuk jam ini umunya juga  jauh lebih sedikit.

2. Pilih style jam tangan yang tepat


Buat wanita, style adalah nomer satu. Banyak pertimbangan untuk memilih jam tangan wanita terbaik. Dari mulai soal bentuk, warna, hiasan juga kesan. Bentuk jam tangan wanita juga lebih variatif daripada jam tangan pria. Itu mengapa memilih jam tangan kembali lagi ke soal selera.

Kalau buat saya jam tangan yang paling saya suka yang bentuknya sporty dengan diameter yang besar. Lebih fleksibel digunakan diberbagai acara dan dalam padu padan busana. 

Kalu kamu suka yang model apa?

3. Material jam tangan




Ada berbagai bahan jam tangan. Ada jam tangan berbahan emas. Pilihan lain yang biasa digunakan oleh pembuat jam adalah stainless steel. Jam tangan stainless steel memberikan tampilan yang lebih solid dan maskulin. Untuk kesan yang lebih modern bisa memilih jam berbahan keramik yang sering  dianggap lebih praktis dan tidak akan tergores.

Untuk pilihan strap juga beragam. Ada kulit, rantai, keramik juga karet. Semua tergantung dengan kesukaan. Untuk beberapa orang ada strap yang membuat kulit iritasi seperti gatal-gatal. Jadi pastikan memilih yang tepat.

4. "Wow" faktor


Bagi wanita (juga pria) jam tangan bisa sekalgus menjadi perhiasan. Itu mengapa ketika membeli jam tangan kita juga memikirkan bagaimana jam tangan itu memberikan kesan. Jika punya banyak uang, tentu bukan hal yang aneh jika memilih jam tangan bertabur berlian, swarovski atau emas. a gentlemen's choice of timepiece says as much about him.

5. Membeli jam tangan di tempat terpercaya


Jam tangan dihadirkan oleh berbagai merek di dunia. Beberapa brand mempunyai kesan yang kuat. Tidak jarang jam tangan bermerek besar menjadi sasaran untuk para pemalsu jam tangan dengan mengadopsi nama brand mereka tetapi tidak dengan kualitasnya. Biasa disebut dengan merek  KW.

Membeli jam KW jelas berisiko. Selain kita akan tertipu dengan harga yang mahal, biasanya bahan atau kualitas jam tersebut cukup buruk. Jam tangan menjadi tidak awet dan parahnya lagi tidak ada garansi resminya.

Duh, bakal rugi berkali-kali.

Makanya, untuk urusan jam tangan coba deh cari tempat yang tepat untuk membeli. Kita harus lebih jeli mana seller yang jujur sekaligus menjual barang yang bagus. 

Karena pengen tampil keren dengan jam tangan terbaru, saya sering mampir di The Watch Co. The Watch Co. ini punya bayak pilihan brand jam tangan kelas dunia. Seperti, Braun, Briston, Casio, Daniel Wellington, Timex, Olivia Burton,  Wish watch dan masih banyak lainnya.

thewatch.co

Berbagai model jam tangan juga ada, baik untuk pria, wanita atau unisex. Kalau kamu membeli langsung melalui websitenya, kamu bisa mendapatkan free ongkir juga, jadi jelas lebih menguntungkan. Oiya, coba deh sekarang cek di website The Watch Co, karena untuk merayakan Hari kemerdekan RI, The Watch Co. ada Merdeka Sale Discount Up to 50%.

Yah, gimana nggak seneng coba kalau nemu toko online yang full services. Bukan cuma produknya lengkap tetapi juga pelayanan yang prima terhadap pelanggan. Buruan deh mampir, siapa tahu jam tangan terbaru yang kamu incar lagi sale lho..


Udah siap untuk melatih manajemen waktu yang baik? Tentu butuh komitmen yang kuat untuk memulainya. Tapi percaya deh, kalau kita bisa disiplin terhadap waktu, pasti kesuksesan ada di depan mata. Agar kamu lebih semangat, kamu bisa memilih juga jam tangan terbaru di The Watch Co. agar kesan profesionalmu lebih maksimal.

All great achivements require time!





Let's be friends!

Instagram | Facebook | Twitter

See you on the next blogpost.

Thank you,

32 comments on "Manajemen Waktu yang Buruk, Bikin Kamu Terpuruk!"
  1. si ibu ini..koleksi jamnya banyak amat. ganti mulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam tangan itu multifungsi pak.
      Dan awet banget.. :D

      Delete
  2. Kalau nggak pakai jam tangan memang berasa nggak enak yah, apalagi karena udah terbiasa. Berasa ada yang kemana gitu 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah soulmate banget lah..jam tangan ini

      Delete
  3. Wah lagi asyik baca manajemen waktu ujung2nya ke jam tangan...xixixi...tp iya sih sy jg terbantu dgn adanya jam tangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) jam tangan bisa jadi trigger lebih menghargai waktu mbak..

      Delete
  4. Dulu aku suka pake jam tangan tapi pas jadi emak2 agak riweuh gitu pake jam heuheu tapi bagus sih klo pake jam kita jadi tau waktu juga, klo buka hp dulu kan riweuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu waktu masih gendong bayi, saya ganti posisi jam mbak biar gak riweh..kalau biasanya di kiri jadi di kanan..

      Delete
  5. wuih aku nih buruk banget management waktunya
    huhu semoga bisa berubah ya abis baca postingannya hehe
    jarang juga punya jam tangan
    dan sepertinya udah harus punya jam tangan pokoknya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jam tangan hanya tools, yang terpenting dari komitmen diri..ya nggak sih..:)

      Delete
  6. Benar bangat Mba, untuk mengatur waktu ini PR bangat, dan setuju saya sama tipsnya itu, terutama harus ointar menyusun kerjaan prioritas apa saja untuk tiap harinya.

    Setujuu, saya juga merasa makin percaya diri dengan mengenakan jam tangan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener ya..jam tangan itu membawa aura peofesional gitu lho

      Delete
  7. Perempuan dengan jam tangan dan gelang memang menurutku menambah aura dan karisma. Aku sendiri ga pernah pakai jam tangan, gelang aja, dan skrg gelang mifit yang utk kesehatan dan ada jam digitalnya jadi simpel. ^^

    ReplyDelete
  8. Jam tangan sama manajemen waktu memang erat banget ya kaitannya, hihih. Saya suka hampa kalau ga pake jam tangan

    ReplyDelete
  9. Mbak aku jadi tertarik soal tes kepribadiannya. Tes dimana ya? DI aplikasi ataukah datang ke psikolog? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sih online aja mbak.
      Bisa juga tes stiffin

      Delete
  10. Saya mesti beajar banyak nih dari mbak Ney, soalnya belum terlalu pinter atur2 waktu. Duh,menyedihkan amat yak.
    Masih berproses utk terus belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar juga nih mbak diriku..dan selalu jadi PR untuk lebih efisien waktu

      Delete
  11. Pernah nonton video yang menampilkan outfit anak-anka gaul zaman now, harga jam tangan merupakan outfir termahal, ada yang pakai jam tangan seharga 200 jt, wow

    ReplyDelete
  12. Duh aku paling khawatir banget kalau ngga tepat waktu. takut kepercayaan klien hilang kalau datang telat. mending datang lebih awal deh daripada telat. Supaya ngga telat selain weker ya jam tangan harus selalu dipakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nih..manajemen waktu yg baik itu investasi sekaligis modal ya

      Delete
  13. Tos mba.. Kita samaan. Aku juga paling gak bisa ngelakuin sesuatu tnpa rencana. Soalnya kadang aku uda bikin wishlist ngerjain ini itu di tiap harinya. Jadi klo ada satu acara dadakan, bisa berantakan semuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, bisa jadi uring uringan gitu ya..atau hal hal spontanitas yang bikin andrenalin jadi naik

      Delete
  14. Wah sama. Aku jg ENTJ. Batu banget kalo udah kepengen. Walaupun sekarang udah gak separah dulu. Sekarang alhamdulillah lebih beradaptasi sama orang lain. Hehe. Btw, keren2 euy jamnya. Bikin pengen beli. Haha.

    ReplyDelete
  15. Aku tuh suka deh pake jam tangan, apalagi jam tangan itu sangat penting sekali buat aku yang terkadang suka lupa sama waktu. Tapi sayangnya tangan ku alergi memakai aksesories jenis apapun di tangan. Jadi agak ribet juga kalu mau melihat jam harus buka HP dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga punya teman serupa..apapun yang dipakai ditangan jadi bikin iritasi dan gatal

      Delete
  16. Bener banget Mba, kalau tidak ada manajemen waktu yang baik akan kacau semuanya.

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature