Ini Alasan Mengapa Merias Mata Penting dan Harus Dilakukan Secara Tepat

31.8.18
PENSIL ALIS YANG BAGUS
Gambar : beutymnl.com

Siapapun pasti setuju bahwa mata merupakan bagian dari wajah yang paling sering dilihat oleh orang lain, khususnya lawan bicara. Tidak heran apabila mata mendapatkan perhatian tersendiri dalam dunia make up. Hampir bisa dipastikan bahwa riasan yang sempurna pada mata akan membuat kita terlihat cantik flawless.

Karena riasan mata begitu pentingnya, maka tidak heran apabila hampir semua wanita tidak pernah melewatkannya. Namun, merias mata tidak boleh sembarangan. Mengingat mata merupakan organ yang sangat halus dan rentan mengalami iritasi dan alergen. Beberapa jenis bahan make up seperti maskara dan eyeshadow bisa berpotensi menyebabkan bahaya bagi kesehatan mata.

Untuk menghindari berbagai bahaya yang ditimbulkan oleh produk kecantikan tersebut, sangat penting bagi setiap wanita untuk memahami beberapa hal penting tentang cara memilih dan menggunakan kosmetik dengan benar dan aman.

Agar mata tetap terjaga kesehatannya dan aman dari berbagai bahaya yang bisa ditimbulkan oleh bahan kosmetik maupun saat menerapkannya, sebaiknya perhatikan beberapa tips berikut ini.

Pilihlah hanya produk yang berkualitas

Memilih produk yang berkualitas adalah cara paling mudah untuk menjaga kesehatan mata. Untuk menentukan kualitas sebuah produk sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Cara paling mudah adalah dengan membeli produk dari merek terpercaya seperti Viva, Wardah, dan merek terkenal lainnya.

Walaupun beberapa produk yang dikeluarkan produsen kosmetik terkadang dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan merek lain, namun bukan berarti produk tersebut berkualitas rendah.

pensil alis yang bagus dan murah
Gambar : bukalapak.com

Pensil alis Viva misalnya, bisa saja harga pensil alis Viva lebih murah dibandingkan dengan pensil alis besutan Wardah, atau sebaliknya. Namun, bukan berarti harga pensil alis Viva yang lebih murah mengindikasikan bahwa produk tersebut berkualitas rendah.

Yang ingin saya tekankan adalah, harga pensil alis Viva yang murah sebaiknya tidak digunakan untuk men-judge kualitasnya. Sebaliknya, cobalah membeli produk berdasarkan bahan-bahan pembuatannya. Pilihlah yang aman dan terjamin sekalipun harganya murah.

Pelajari cara aman menerapkan kosmetik

Setiap akan merias wajah, pastikan kamu merias di ruangan yang cukup terang, baik saat duduk maupun berdiri. Hidari menggunakan make up ketika di dalam mobil yang sedang melaju karena sangat berbahaya.

Biasakan mencuci tangan sebelum menerapkan make up

Sebelum menggunakan make up di mata, kamu wajib memastikan bahwa tanganmu dalam kondisi yang bersih. Pasalnya, tangan sering kali berada sangat dekat dengan kelopak maupun bola mata. Bahkan bisa saja kamu harus menyentuhnya, terutama ketika akan memasang softlens.

Menyentuh mata dengan tangan kotor bisa sangat berbahaya. Tidak hanya berpotensi menyebabkan iritasi, tangan penuh bakteri juga bisa mengancam kesehatan mata. So, be aware!

Pastikan kamu tahu beberapa produk yang berbahaya untuk mata

Ada beberapa jenis kosmetik yang sebaiknya tidak ditempatkan di dekat mata atau sebaiknya diterapkan secara hati-hati seperti glitter, kohl, dan maskara (yang berserat kecil).

Sangat penting untuk tidak menerapkan riasan yang memang tidak diformulasikan untuk merias area mata. Pastikan kamu tidak menggunakan kosmetik yang dilengkapi dengan label “not intended for use in the immediate eye area” di sekitar mata.

harga pensil alis viva
Gambar : review.bukalapak.com

Hati-hati saat menerapkan pensil alis

Pensil alis merupakan salah satu contoh alat rias mata yang biasanya berujung tajam atau runcing. Tidak berhati-hati menggunakan produk ini dapat menyebabkan kulit teriritasi atau bisa saja mengakibatkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, biasakan mempelajari atau melihat tutorial cara menggunakan make up sebelum mencobanya di rumah.

Perhatikan tanggal kadaluarsanya

Meskipun tanggal kadaluarsa kosmetik mata yang kamu gunakan masih lama. Namun jika sudah dibuka, sebaiknya kosmetik tersebut tidak digunakan lebih dari 3 bulan. Juga penting untuk berhenti menggunakan jenis kosmetik mata apapun jika mata mengalami iritasi atau menunjukkan tanda-tanda alergi.

Berhati-hatilah dengan beberapa jenis kosmetik mata

Saat ini, semakin banyak wanita yang menggunakan eyeliner di tepi kelopak mata mereka. Yang perlu diwaspadai, eyeliner berbasis air bisa saja merembes dan masuk ke dalam selaput mata dan menyebabkan iritasi.


Nah, itu tadi beberapa tips dalam memilih dan menggunakan make up untuk riasan mata. Jangan sampai karena kebiasaan yang salah dalam merias wajah, justru memberikan efek buruk seperti alergi dan iritasi. Semoga informasi ini bermanfaat ya!


Let's be friends!

Instagram | Facebook | Twitter

See you on the next blogpost.

Thank you,


18 comments on "Ini Alasan Mengapa Merias Mata Penting dan Harus Dilakukan Secara Tepat"
  1. Pensil alis Viva ini memang juara, suka banget pakainya, tahan lama pula. Produk lama tapi kualitas masih oke sampai sekarang.

    ReplyDelete
  2. Harus detail banget ya kak menjaga make up wajah terutama di wilayah mata, ini sangat penting bagi para wanita mengetahui wilayah mana saja yang sensitif saat di make up.

    ReplyDelete
  3. Gak pernah merias mata haha. Tapi suka aja gtu kalau liat yg riasannya bagus banget, gak menor, dan tampak cocok dengan suasananya :D
    Btw kalau soal pensil alis emang viva juaranya, meski produk lokal ya mbak :D

    ReplyDelete
  4. Wah ini merk memang identik banget dengan urusan alis ya. Anyway aku suka banget dengan urusan mata dan alis yang lain natural aja ngikutin.

    ReplyDelete
  5. wah merk yang hit banget nih buat pensil alis. Aku konsen di mata dan sapu aja alis. Yang lain natural aja deh hahaha

    ReplyDelete
  6. Memilih make up termasuk yang buat rias mata ini memang nggak boleh sembarangan ya, Mbak? Harus bisa pilah-pilih yang benar-benar aman biar terbebas dari efek buruk seperti alergi dan iritasi. Keren tipsnya, Mbak..

    ReplyDelete
  7. Lah aku punya pengalaman kemaren pas wisuda mba soal make up bagian mata. Saat dikasih bulu mata, mataku malah perihnya minta ampun gegara ketusuk karena bulu mata jadi kaku. Kudu pinter deh emang kalau utusan make up itu 😁

    ReplyDelete
  8. Make up itu memang tergantung di kulit kita, cocok atau tidak. Nggak bisa dengan melihat karena harga. Karena hasil pakai tiap orang tentu berbeda

    ReplyDelete
  9. Huhu, aku gak bisa merias mata. Jadinya gak pernah pake. Ajarin cara makenya dong. Hehehehe...

    ReplyDelete
  10. Aku salah satu yang punya mata sensitif kak, salah make up dikit aja bisa jadi radang, kalo ga gatal ya sedikit bengkak...

    Makasih tips nya ya kak

    ReplyDelete
  11. Betul mbak, riasan mata itu magis. Cuma pakai eyeliner aja udah bisa bikin wajah jadi kelihatan beda banget. Aku sih ga bisa pakai eyeliner yang waterbased gitu, pasti belepotan hahaha. Biasanya pakai yang jenis pensil. Dan untuk alis, gak pernah dirias karena gak bisa sama sekali LOL.

    ReplyDelete
  12. Perempuan jaman now tidak hanya makin pintar dandan ya, mba, tapi juga pintar memilih produk make up nya. Senang kalau lihat perempuan pintar dandan.

    ReplyDelete
  13. Makasih kak tipsnya ,,tos dulu donk, aku suka sama pensil alis viva udah harganya murah kualitasnya juga bagus.

    ReplyDelete
  14. Aku paling seneng bikin alis mata, tapi belum jago nih kalau pakai eyeshadow, mesti belajar lagi soalnya suka keliatan aneh kaklau pakai eyeshadow

    ReplyDelete
  15. Aku sering iritasi mata akibat pemakaian eyeliner, jika terlalu sering juga berbahaya ya ka, apalagi jika menggunkan kosmetik yang ternyata ilegal.. ih serem deh, harus hati2, thanks infonya ya ka

    ReplyDelete
  16. Benar bangat Mba, menjaga kesehatan mata itu memang penting karena mata salah satu organ vital yang kudu dirawat dengan baik, termasuk dalam urusan memilih dan menggunakan kosmetik harus benar-benar hati-hati.

    ReplyDelete
  17. Iya benar Mba, ada nih orang yang salah memilih dan menggunakan make up, dan kena efeknya malah iritasi.

    ReplyDelete
  18. Saya ga pake make up sih mbak, tapi suka aja kalau ada bahasan seperti ini. Thanks ulasannya

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature