Bagaimana Menentukan Sofa yang Tepat untuk Ruang Tamu?

11.10.18
HARGA SOFA MINIMALIS

Ngomong-ngomong, sekarang lagi musim banget ya buibu pada unjuk kemampuan menata perabotan rumah tangga di dalam rumah. Saya banyak lihat tuh akun instagram yang feednya cantik-cantik dengan dekorasi rumah yang tertata rapi.

Saya kadang ngiri lho. Iya, ngiri, karena nggak punya sense of interior designer yang bagus. Ketika menata perabotan rumah tangga, seperti kurang estetikanya. Nggak jarang lho saya kesulitan memilih warna yang tepat dan cocok agar ruang tamu terlihat manis. Atau menata meja makan agar nggak memenuhi ruangan.

Buibu ngalamin juga?

Nah, biasanya saya harus beli majalah atau cari beberapa referensi di website dulu nih untuk cari ide tentang cara mendekor atau mempercantik ruang tamu. Karena buat saya ruang tamu bagian rumah yang paling penting. Apalagi sering ada tamu datang bekunjung.

Berbicara soal ruang tamu, satu benda yang paling mencolok dan paling menarik perhatian biasanya adalah tempat duduk atau sofa. Pilihan sofa dengan bentuk dan ukurannya bermacam-macam juga seringkali membuat saya kebingungan. Karena sadar tidak punya sense of art, saya sering merasa takut salah pilih ketika membeli sofa baru.

Kebetulan saya menemukan tips bagaimana menentukan sofa yang tepat untuk ruang tamu. Coba deh, cek tips di bawah ini, siapa tahu sekarang lagi mau belanja sofa baru juga.

1. Identifikasi terlebih dahulu ruang tamu yang dimiliki

Apa saja yang perlu diidentifikasi?

1. Ukuran ruang tamu
2. Bentuk ruang tamu
3. Warna ruang tamu dan perawatannya

Setelah mengidentifikasi ruang tamu, sekarang akan lebih mudah kan untuk menentukan ukuran dan warna sofa serta jenisnya. Untuk ruang tamu yang kecil atau ruang tamu minimalis, sofa minimalis bisa jadi pilihan yang cocok. Harga sofa minimalis  bisa dicek langsung melalui toko online jika tidak ingin repot pergi ke toko furniture.

Begitu juga dengan warnanya. Setelah kamu mengidentifikasi warna paling dominan di ruang tamu, selanjutnya  bisa mencocokkannya dengan warna-warna tertentu yang sebaiknya menjadi patokan untuk memilih warna sofa. Lagi lagi, agar tak kesulitan mencari sofa dengan warna yang sesuai dengan pilihan  sebelumnya, saya sarankan sih mencari sofa di toko online seperti Bukalapak. Gampang, nggak pakai ribet.

2. Tentukan jenis rangka dan kain pelapis yang digunakan untuk sofa

HARGA SOFA MINIMALIS

Oiya, biasanya kita lebih tertarik mencari sesuatu berdasarkan harganya yang murah terlebih dahulu. Hal tersebut nggak  sepenuhnya salah, mengingat banyak di antara kita yang hanya memiliki budget sangat terbatas. Karena mencari yang paling murah, biasanya pilihan kita pun berakhir pada sofa-sofa yang berkualitas rendah.

Biar nggak salah beli, cek dulu di toko online. Kita bisa cari tuh sofa berkualitas yang terbuat dari rangka-rangka terbaik serta dilapisi kain sofa sesuai keinginan. Bisa yang berbahan dasar kulit atau mungkin kain yang lebih terkesan kasual.
Belanja di toko online juga banyak keuntungan, karena di toko online seringkali ada diskon, voucher belanja, hingga promo besar-besaran yang umumnya dilangsungkan pada saat Lebaran, Imlek, Natal, harbolnas, dan momen-momen besar lainnya termasuk hari-hari besar nasional. Pada momen seperti ini, harga sofa minimalis yang tadinya mahal bisa jadi jauh lebih murah dan terjangkau. Dengan memanfaatkan diskon dan voucher belanja, anggaran yang tadinya terbatas dan hanya bisa digunakan untuk membeli sofa berkualitas rendah pada akhirnya bisa menjangkau harga sofa minimalis yang berkualitas dan lebih mahal.

3. Tentukan tema ruang tamu

HARGA SOFA MINIMALIS

Tema ruang tamu bisa dijadikan sebagai patokan untuk memilih apakah akan menggunakan sofa yang dilengkapi dengan motif tertentu atau tidak. Jika ruang tamu menggunakan tema-tema natural, maka akan lebih mudah untuk memilih sofa yang juga menampilkan tema natural dengan motif bunga-bunga, dedaunan, atau yang lainnya.


4. Rekomendasi tempat beli sofa minimalis yang murah


Walaupun disebut minimalis, namun bukan berarti harga sofa minimalis semuanya murah. Ada juga yang mahal tergantung dari bahan pembuatan dan rangka yang digunakan. Seperti yang saya ungkapkan diatas, jika ingin membeli sofa minimalis yang pilihannya lengkap dan murah. Saya sarankan sih berbelanja di toko online seperti Bukalapak.

Baca Juga : Belanja Kosmetik Online


Di Bukalapak, selain pilihannya banyak, tersedia juga lho fitur tawar-menawar yang bisa kita manfaatkan untuk menekan harga, tersedia juga opsi memilih toko furniture yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal kita. Sehingga, kita bisa menampilkan atau menyortir sofa-sofa yang ingin dibeli berdasarkan daerah asal tokoh atau penjualnya. Cara ini bisa memungkinkan kita untuk menekan biaya ongkos kirim. Karena semakin dekat lokasi toko, maka biaya kirimnya pun akan semakin kecil.

Itu tadi beberapa tips menemukan sofa terbaik untuk ruang tamu. Selamat berburu sofa minimalis ya...

Let's be friends!

Instagram | Facebook | Twitter

See you on the next blogpost.



Thank you,

30 comments on "Bagaimana Menentukan Sofa yang Tepat untuk Ruang Tamu?"
  1. Cara hemat belanja hemat saat Harbolnas ya Mbak, xixiixi
    Terima kasih untuk Sharingnya Mbak Sara ^_^

    ReplyDelete
  2. Aku kayaknya salah beli sofa, kegedean, haha. Well noted post blognya nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dikur dulu kali yak lain kali mbak..kadang tergiur model bagus

      Delete
  3. Paragraf pertama bener banget, sekarang banyak emak-emak jago desain interior rumahnya sendiri dan cantik-cantik pula.
    Pengen deh kayak mereka, tapi koq perasaan rumahku gak.pernah bisa rapi ya?? Hueheeh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. rumah saya juga..ih, dibenerin kayak apa, kok nggak ada cantik2nya..haha

      Delete
  4. Ibuku banget nih yg suka interior desain 😊 untuk cari ide beliau suka main di pinterest 😊

    ReplyDelete
  5. Setuju banget sama tips di atas, penting banget ngukur available space yang tersedia dan layout ruang tamu sebelum cuss mall beli sofa.
    Makanya aku lebih suka belanja furniture yang punya toko offline dan online, biar bisa lihat details ukurannya dulu sebelum cuss ke toko.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi lihat dulu pilihan stocknya dionline..terus belinya tetep offline gitu yak

      Delete
  6. aku jadi ingat masa masa kuliah dulu hehe sering berkutat dengan furniture serta ruangan. iya betul mba milih perabotan harus sesuaikan dulu dengan tema ruangan yg mau diisi, dan jangan lupakan juga harga. kalau bisa sih dapat harga murah kualitas bagus ya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesti harus belajar banyak nih..gak sekedar beli dan pasang aja ya

      Delete
  7. Sofa emang selalu menjadi point of view di suatu ruangan, terutama di rumah. Makanya milih sofa buat di rumah itu harus se-detail itu ya mba hihihih. Thank's for sharing mba.

    ReplyDelete
  8. kulagi nyari sofa buat di rumah.. tulisanmu inspiratif banget lengkap pula sama tipsnya

    ReplyDelete
  9. wow sofa minimalis tapi beraksen maksimalis dengan harga terjangkau pula. makin menginspirasi kita menata interior rumah ya

    ReplyDelete
  10. Kok ya cocok banget nih bahasannya. Tadi di sekolah anak, rame lagi ngobrolin tetangga depan sekolah yang beli sofa baru dan ternyata posisi ini gak masuk, posisi itu juga ga pas. Ternyata ukuran ruang tamu nya kecil sementara ukuran sofa besar. Jadi bener tips yang Mbak ulas ini. Sebelum beli sofa itu harus memperhatikan point2 di atas ya...
    Pengalaman tetangga sekolah anak saya itu tadi contohnya

    ReplyDelete
  11. Sofa minimalis Kusuka, apalagi sekarang banyak banget model yang cakep cakep ya. Meski warnanya tidak colour full namun tetap manis terlihat

    ReplyDelete
  12. Wajib, sofa harus empuk dan bikin betah biar makin disayang semua tamu yang berkunjung. Sekarang beli sofa juga udah gampang banget sih ya

    ReplyDelete
  13. Harga yang minim selalu jadi idaman yah, tapi tetep perhatikan juga kualitas dan dimana belinya, biar hasilnya memuaskan

    ReplyDelete
  14. aku jarang sih belanja online buat perlengkapan rumah yang gede-gede, pun online biasanya dari official store nya. bolehjuga dicoba di Bukalapak ya

    ReplyDelete
  15. Jangan ampe jomlang nih rumah minimalis (kecil) sofanya gede hahaha. Karena anak anak biasanya turun naik material juga jadi perhatian ya kak. Nice info kak

    ReplyDelete
  16. Kok jadi kepikiran pengen desain ulang ruang tamu hehe,

    ReplyDelete
  17. PR banget nih menata ruangan yang kece..aku pun kurang bisa menatanya, pasti berantakan *tutup muka*

    ReplyDelete
  18. Ah aku pun punya sense of decoration yang nihil, kadang asal rapi keliatannya, yo wess, jadi nggak berani pamer ruang tamu hehehe...tapi kalau sofa-nya kece suka jadi betah ya

    ReplyDelete
  19. Kalo lihat penampakan interior ruang tamu dengan aksen sofa minimalis, bawaanya pengen jadiin setting vlog aja, hehe.. Bagus nih fitur tawar menawar di bukalapak, jd bisa dapat harga yg cocok

    ReplyDelete
  20. sekarang banyak orang mencari sofa minimalis apalagi ada fiturnya lainnya, biar pas dengan ruangan

    ReplyDelete
  21. Aku juga suka heran kok ibu-ibu zaman now pada jago banget sih menata rumah? Pas aku ikut-ikutan menata rumah kenapa hasilnya malah zonk? Hahahahhhaa. Tapi bener sih sofa itu jadi kayak iconnya ruang tamu, ya? Dan ternyata milih-milih sofa ada seninya juga yes. Harus tentuin tema ruang tamu juga biar cucok. Mantap artikelnya.

    ReplyDelete
  22. Wah kalau punya uang pengen ganti sofa ruang tamu yang sudah mulai rusak nih...emang sudah lama sih gak ganti.. tipsnya noted deh :)

    ReplyDelete
  23. Pake sofa emang enak sih, bukan cuma buat duduk santai.
    Buat tidur juga bisa.. Hehhe..

    ReplyDelete
  24. Penting banget itu ngukur ruangan dulu. Biar kursi atau sofanya muat. Apalagi kalo ga simetris. Ga enak banget liatnya. Soalnya pernah liat kek gitu. Padahal kursinya bagus

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature