Bundafluencer SGM Eksplor, Menjadi Bunda Digital Sayang Keluarga

1.4.19
BUNDAFLUENCER SGM EKSPLOR

 Kalau mau punya anak cerdas, ibunya juga harus cerdas. Eh, bener nggak sih?

Iya, dong! Sosok ibu adalah teladan sekaligus pendidik. Tingkah laku sang ibu akan menjadi panutan buah hati mereka. Termasuk kebiasaan hidup sehat sehari-hari. Jika sang ibu, menjaga kesehatan dengan baik, peduli terhadap nutrisi keluarga, memenuhi asupan yang bergizi setiap hari, maka kebiasaan baik ini akan mewujudkan tumbuh kembang anak yang optimal.

Tetapi tidak sesederhana itu.

Kadang sebagai ibu, saya sudah mencoba menyiapkan berbagai menu yang bernutrisi tinggi. Tapi ada kalanya anak mogok makan, anak menjadi picky eater, kadang anak mudah sakit tertular temannya di sekolah. Kalau sudah kaya gini, menjaga anak tumbuh dan berkembang dengan baik itu jadi PR yang berat!

Baca Juga : Kenalan, Yuk! dengan Mombassador SGM Eksplor


Indonesia Darurat DHA dan Stunting


BUNDAFLUENCER SGM EKSPLOR
Ibu Ade, Brand Director SGM
Kemarin, saya diundang di acara Kick Off Bundafluencer SGM Eksplor. Ada beberapa informasi yang dipaparkan kepada kami para peserta terkait dengan kondisi anak-anak di Indonesia.

Ternyata 8 dari 10 anak di Indonesia itu kekurangan DHA. Data ini sesuai dengan hasil penelitian British Journal of Nutrition.

Jelas, ini bukan perkara sepele. Anak-anak yang mengalami defisit DHA, yakni asam lemak omega 3, akan mengalami beberapa akibat, seperti :

1. Menurunnya kinerja otak dan konsentrasi ✔️
2. Tidak optimalnya perkembangan dan pertumbuhan otak ✔️
3. Berkurangnya imunitas✔️

Bagaimana dengan stunting?


Stunting di Indonesia menduduki peringkat ke-empat di dunia. Stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis yang ditandai dengan tinggi badan anak yang lebih rendah dari standar usianya. 

Mengapa terjadi stunting?

Hal ini terjadi karena kurangnya asupan gizi dalam waktu cukup lama yang disebabkan oleh pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi, terutama dalam periode emas seribu hari pertama kehidupan. Seribu hari pertama kehidupan dihitung sejak 9 bulan anak di dalam kandungan ibu hingga 2 tahun kehidupannya.

Melihat persoalan ini tentu para orang tua harus waspada. Perlu kesadaran yang tinggi akan pemberian nutrisi yang baik. Makanan bergizi bukanlah makanan yang mahal. Yang terpenting, makanan tersebut memenuhi porsi gizi seimbang. Rekomendasi dari American Academics of Pedriatics, untuk anak usia 4-8 tahun setidaknya perlu  mengkonsumsi 0,8 gram Omega 3/hari dan 10 gram Omega 6/ hari. Makanan yang tinggi Omega 3 dan 6 antara lain seperti ikan tuna, ikan lele, ikan salmon dan tempe.

Selain didapat dari makanan yang berizi, meminum susu pertumbuhan juga membantu memenuhi kebutuhan asam lemak dan DHA lho!✔️

Bundafluencer SGM Eksplor, Belajar Manajemen Gadget untuk Anak

BUNDAFLUENCER SGM EKSPLOR

Saya senang sekali belajar tentang nutrisi anak di acara Bundafluencer bersama 54 bunda lainnya di Hermitage Hotel Jakarta, yang diadakan oleh SGM Eksplor Minggu, 31 Maret 2019.

Bundafluencer sendiri merupakan para Bunda yang sekaligus aktif sebagai Influencer. Bundafluencer adalah program SGM Eksplor yang menyeleksi secara khusus Mombassasor SGM Eksplor yang nantinya bertugas untuk turut mengedukasi masyarakat akan pentingnya pemenuhan nutrisi anak dan keluarga.

Baca Juga : Serunya Mombassador SGM Eksplor Batch 7


Acara ini juga menghadirkan beberapa narasumber. Salah satunya adalah Firesta Fariza, seorang psikolog Klinis Anak & Direktur Kinik Psikologi Anak Mentari Anakku.

Firesta Fariza menjelaskan bagaimana manajemen gadget yang bijak bagi anak. Kita tahu dong, anak zaman sekarang banyak yang digital native. Meski bermain gadget juga bermanfaat, namun kalau berlebihan juga tidak baik.

Anak-anak yang kecanduan gadget, akan menunjukkan beberapa dampak negatif seperti gangguan konsentrasi, agresivitas, juga konsumtif. 

Nah, itu kenapa sebagai ibu kita harus atur baik-baik penggunaan gadget. Untuk anak usia di bawah 2 tahun sebaiknya tidak menggunakan gadget sama sekali. Untuk anak 2-6 tahun masimal 1 jam/ hari dalam menggunakan gadget. Dan anak usia 6-12 tahun maksimal 2 jam/ hari.

Gimana nih, Bunda, berapa jam anak youtube-an setiap hari?

Terkait penggunaan gadget ini, Firesta Fariza mengingatkan tiga hal yaitu perhatikan lama waktunya, awasi penggunaanya dan perhatikan kontennya.

Bundafluencer SGM Eksplor, Membuat Konten yang Baik

SARA NEYRHIZA BLOGGER KOTA SOLO

Menjadi bunda era milenial, harus melek digital. Bisa dibilang para Bundafluencer SGM Eksplor memang aktif bersosialisasi di dunia maya. Tapi tetep dong, mainan sosmed harus yang bermanfaat. Syukur-syukur bisa mengedukasi dan menginspirasi perempuan lainnya.


Di acara Kick Off Bundafluencer kemarin, juga dihadirkan dua orang influencer tanah air. Mereka adalah Jonathan End dan Vendryana, istri Bena Kribo. Pas banget tuh, kedua narasumber langsung memberi tips bagaimana cara memproduksi konten yang baik dan sekaligus mendapatkan engagement yang tinggi dari audience.

Caranya ?
📌 Jujur sama diri sendiri 
(Bersikap apa adanya, dan tidak perlu malu untuk berbagi kegelisahan)

📌 Perhatikan audience sosmed
(Pilih gaya bahasa yang sesuai dengan audience. Riset juga informasi-informasi yang bermanfaat untuk mengedukasi audience)

📌 Personal Branding
(Branding diri sendiri sesuai dengan passion)

Kira-kira, instagram Bunda memang sudah terkonsep dengan baik atau asal posting aja nih?

Di sesi ini kami para Bundafluencer juga ditantang untuk membuat postingan instagram dengan storytelling yang baik. Dan postingan saya ini, berhasil menjadi salah satu yang terbaik dan berhak mendapat voucher belanja. :)


Intinya, meskipun sekarang kita sudah disibukkan dengan berbagai aktivitas, jangan pernah lupa dengan tugas utama kita sebagai ibu. Termasuk dalam pemberian nutrisi anak. Tentu boleh, kita aktif di dunia nyata, dunia maya dan mengikuti perkembangan zaman. Namun, tetap harus bijaksana dalam menggunakan berbagai teknologi yang ada.

Setuju kan, Bunda?


See you on the next blogpost.





Thank you, 

23 comments on "Bundafluencer SGM Eksplor, Menjadi Bunda Digital Sayang Keluarga"
  1. Bangga jadi bagian mombasfluencer 😍😍😍

    ReplyDelete
  2. waah sgm jd sponsornya yaaa.. susu anakku yg bungsu ini. dulu sempet dicobain ama beberapa jenis susu, dan kesukaannya sgm ini :D.

    ankku juga aku batasin mba soal gadget. ada hari2 tertentu dia ga bisa megang hp samasekali. kalo you tube memang dia msh nonton, tp di tv. kebetulan tv kabel langganan bisa akses you tube ke tv. kalo dr tv aku ga terlalu masalahin. asalkan yg ditonton film2 animasi ato yg berbau kreatifitas anak.

    ReplyDelete
  3. Bangga bisa menjadi bagian mombassador SGM Eksplor ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng ya bisa berbagi info nutrisi untuk para Bunda lainnya

      Delete
  4. Keren bgt edukasi semacam ini.
    penting utk ibu2 jaman now.
    apalagi kalo ibunya content creator, PR bgt nasehatin anak ttg screen time :D
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  5. Semoga terus menjadi bundafluencer yang mengispirasi banyak ibu lainnya ya!

    ReplyDelete
  6. Selalu senang nih liat moms muda yang gabung dalam event ini. Semangat menimba ilmu dan juga saling silahturahmi ya

    ReplyDelete
  7. Seru banget ya acaranya ini..meriah sekali merah merah nuansanya.. Dan sgm kalau anakku suka yang uhtnya buat bekal tiap hari

    ReplyDelete
  8. Jadi pingin tahu...sebatas apa kita mendampingi anak-anak yaa...untuk usia lewat balita.
    Suka baget ada acara parenting yang membari banyak insight baru di era digital begini.

    ReplyDelete
  9. Suka sama istilahnya: Bundafluencer 😍 beruntung banget ya bisa hadir di acara SGM ini, banyak ilmu yang didapat agar bisa menjadi bunda yang memberi good influence buat orang banyak 😍

    ReplyDelete
  10. Seneng bngt y mba kumpul kyk gini ketemu teman2 dpt ilmu sola parenting smoga Kita jd ortu yg bs mmenuhi kebutuhan kidos y

    ReplyDelete
  11. Membahas mengenai masalah parenting terutama tumbuh kembang anak selalu menarik buat saya, jd banyak ilmu untuk perkembangan anak kita jgn sampai mengalami stunting

    ReplyDelete
  12. Barokallah dapet ilmu parenting banyak banget ya Mba dalam acara SGM Explore ini. Mudah mudhan saya dapat berpartisipasi lainn kali aamiin

    ReplyDelete
  13. Setuju bunda karena tekhnologi jngn membuat kita lupa akan tugas sehari hari ya , bagus ni ilmu parenting nya jadi tambah ilmu

    ReplyDelete
  14. Menjadi ibu membuat kita terus belajar tak pernah henti. Padahal jadi ibu gak ada sekolahnya ya mbak...


    Senang bisa memanfaatkan teknologi untuk membantu tumbuh kembang anak

    ReplyDelete
  15. Membahas tentang parenting slalu berkembang y ...selalu ada pembahahasan yang baru , sukses SGM

    ReplyDelete
  16. Nah..permasalahan akunting saat ini tengah di.apriori oleh pemerintah, karena akibat dan sambal ke.depannya bisa di katakan mengancam pertumbuhan generasi bangsa yg berkualitas

    ReplyDelete
  17. Sesibuk apapun harus tetap memprioritaskan keluarga ya Mbak karena keluarga adalah segalanya

    ReplyDelete
  18. Seruuu ini acara, beruntung banget Mba Ney bisa ikutan serta
    aku juga lagi buutuh ilmu parenting banget, buat mempersiapkan diri jadi calon ibu hehehehe

    ReplyDelete
  19. Hai bun aku juga kemarin hadir upacara ini. Duh seneng yah bisa berkesempatan untuk mengikuti talkshow penting untuk perkembangan anak, jadi tambah wawasan nih kita, siap untuk di share ilmu ke bunda2 lainnya.

    ReplyDelete
  20. Wah bunda hebat SGM ni bunda Sara, ternyata sekamar dengan blogger Jogja dirimu pas di Jakarta, say.

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below. Your comments will be moderated.

Auto Post Signature