Pengalaman Menjadi Mombassador SGM Eksplor Batch 7

11.3.18
Beberapa waktu yang lalu, pasti linimasa instagram dan facebook penuh dengan ibu-ibu berbaju merah. Benarkan?

Mungkin itu adalah bentuk kegembiraan ratusan peserta Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor yang mengikuti serangkaian acara mulai dari tanggal  7 - 9 Maret 2018 di Jogjakarta.

Tapi ngomong-ngomong kamu sudah tahu apa itu Mombassador SGM Eksplor?


Mengenal Mombassador SGM Eksplor

Adalah komunitas yang terdiri dari bunda-bunda yang dipilih oleh SGM Eksplor, yang kemudian mendapatkan pelatihan dan edukasi. Tujuan dari komunitas ini adalah untuk memberdayakan para bunda agar semakin peduli dengan pemberian nutrisi terbaik bagi anak-anaknya sekaligus menjadi inspirasi untuk masyarakat sekitar. 

Mombassador SGM Eksplor ini dimulai sejak tahun 2014. Dan di tahun 2018 ini, kami sudah sampai batch VII dengan peserta hampir 200 orang dari bunda-bunda di seluruh Indonesia.

Batch 1 dimulai di tahun 2014
📌 Bagaimana bisa menjadi Mombassador SGM Eksplor?

Awalnya saya mengetahui informasi pendaftaran Mombassador SGM Eksplor dari komunitas blogger yang saya ikuti. Setelah melakukan pengisian form sebanyak dua kali, panitia Mombassador SGM Eksplor melakukan seleksi menyeluruh. Kabarnya, ada lebih dari 3500 orang pendaftar lho.

Setelah melalui prosedur penyeleksian ini, maka akhirnya datanglah pengumuman bahwa saya terpilih dan lolos sebagai Mombassador SGM Eksplor Batch 7.

Senang? Pasti! 

Meski sedikit khawatir ketika memikirkan anak saya Lila dan suami di rumah berdua ketika saya tinggal. Namun, setelah berdiskusi lebih jauh, akhirnya saya menemukan solusi bagaimana menghandle si kecil ketika saya tinggalkan nantinya.

Tiga hari sebelum due date, saya mendapat kabar bahwa saya akan menggunakan mode transportasi kereta untuk membawa saya dari Solo ke Jogjakarta.
Deg-degan dan juga senang. Membayangkan aktivitas apa saja yang akan saya lakukan di Jogjakarta.
Temu Bunda Mombassador SGM Eksplor DAY 1

Rangkaian acara hari 1
Pukul 10.30, kereta api Argo Wilis membawa saya dari stasiun Solo Balapan sampai ke Stasiun Yogyakarta hingga pukul 11.18. Diperjalanan saya bertemu dengan Mbak Wiwit dari Madiun dan Mbak Ony dari Ngawi, keduanya adalah Mombassador SGM Eksplor yang juga berada dalam satu gerbong bersama saya. Sesampai di Jogja, kami bertiga sudah dijemput oleh Pak Harto, driver yang langsung membawa kami ke Prambanan.

Ke Prambanan? Ya, kami akan langsung menuju venue untuk melakukan outbound.

Sesampai di Prambanan, kami tidak punya banyak waktu untuk bersiap. Berbeda dengan peserta lain yang mungkin sedari pagi sudah sampai di Prambanan. Setelah mendapatkan goodie bag yang berisi pakaian dan cocard, saya yang masih bersama Mbak Wiwit dan Mbak Ony segera berganti baju, yang kemudian dilanjutkan makan siang di Rama Shinta Garden Resto. 
Menu di Rama Shinta Garden Resto ini enak-enak. Salah satu kesukaan saya adalah sate ayamnya yang gurih dengan bumbu kacang yang manis. Khas kesukaan Wong Solo.
Selesai makan, kami punya sedikit waktu untuk sembahyang.

Tepat pukul 13.30, saya bersama rekan-rekan dari Semarang juga, menuju ke area outbound yang masih berada di pelataran Prambanan. Seperti halnya outbound lainnya, kami dibagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diuji dengan berbagai permainan yang menuntut pengetahuan seputar susu SGM, serta kekompakan dan kerja sama tiap kelompok.

Acara outbound ini seru, meski antar peserta belum saling mengenal. Outbound ini ditutup dengan menuliskan harapan kami dalam kardus-kardus besar berbentuk limas.

Apakah acara sudah selesai??

Tentu saja tidak.

Kami kembali dikumpulkan dalam sebuah area in door. Hujan yang mengguyur sore itu, menemani sesi perkenalan dari tim SGM Sarihusada. Ada berbagai penjelasan terkait aktivitas yang akan kami lakukan selama tiga hari ke depan. Termasuk berbagai lomba yang menantang untung dimenangkan.

Pengarahan dari panitia
📌 Jalan-jalan ke Jogja T-Shirt

Siapa yang nggak suka beli oleh-oleh? Apa lagi kalau sudah dapat uang saku :D Pasti ingin langsung berbelanja kan?


Meninggalkan Prambanan, kami sampai ke tempat produksi sekaligus penjualan t-shirt bernama Jogja T-Shirt yang masih berada di wilayah Sleman. Lokasinya luas, buktinya sejumlah bus mampu berjajar rapi terparkir di parkiran.

Suasana sore yang masih dingin karena hujan, tidak menyurutkan semangat untuk menilik Jogja T-Shirt lebih jauh. Apalagi sore itu ada diskon, tiga buah kaos anak yang bisa dibeli hanya dengan Rp 50.000,- Sayapun tergoda membeli. Lumayan, Lila senang sekali mendapat oleh-oleh kaos bergambar wayang. Bahkan dipakainya tanpa dicuci terlebih dahulu :(

Meninggalkan Jogja T-shirt sembari membawa pulang sebuah plastik berisi  siomay yang saya beli di abang yang berjualan di parkiran, akhirnya bus kembali membawa kami para peserta menuju hotel.

Sudut di Jogja T-Shirt
📌Ada apa di Malam Pertama?

Malam pertama dengan si dia. Bukan, ini malam pertama saya tidur di The Alana Yogyakarta Hotel & Convention Center, salah satu hotel bintang 4 di Jogjakarta yang sanggup menampung kami seluruh peserta.

Setelah mendapatkan smartcard, saya langsung menuju kamar yang berada di lantai 12. Perjuangan menuju lantai atas ini tidak mudah. Kami mengantri lift cukup lama, meski ada 4 lift tersedia.

Lelah, pasti!

Tapi langsung bahagia ketika sampai di kamar, saya menemukan setangkai mawar, selembar kertas ucapan dan dua batang coklat di atas tempat tidur.

Manis sekali kan ucapannya?
Apakah dikirim oleh suami? Pengennya seperti itu... Tapi surprize ini dari panitia tentu saja. Buru-buru saya simpan untuk oleh-oleh orang rumah. Masukkan tas dengan rapi.

Dan sekarang waktunya saya berdandan rapi pula untuk acara welcome dinner di ballroom. 

Sayangnya, saya tidak menemukan di mana koper saya berada. 

Jadi ceritanya, saat saya tiba di Prambanan koper yang saya bawa diserahkan kepada penitia untuk di bawa langsung ke hotel. Saya pikir memang sudah aman berada di hotel, namun saya cukup kaget tidak menemukan koper tersebut saat saya membutuhkannya.

Dengan keadaan bau ketek karena beraktivitas seharian, saya kembali turun ke lobi berusaha menemukan di mana koper saya berada. Setelah 30 menit koper saya kembali. Entah, bagaimana ceritanya koper itu nyasar. Tetapi gara-gara peristiwa itu, saya tidak punya waktu lagi untuk mandi. Maka dengan tergesa-gesa saya ganti baju, touch up riasan di wajah, dan langsung menuju ke acara utama malam itu agar tepat waktu.

📌 Ada apa di Welcome Dinner?

Sambil menikmati hidangan malam di Alana Hotel, ada dua sesi yang kami ikuti. Sesi pertama dibawakan Ibu Ninda Nindiani, MA. Sesi kedua ada Ibu Candy Belani, pendiri Komunitas Omah Parenting.

Grouphie bersama bunda-bunda lainnya seusai Welcome Dinner
Setelah kedua sesi berakhir, saya sempat mengambil beberapa foto dengan rekan-rekan peserta lain. Ketika kantuk semakin tak tertahankan, saya segera menuju ke kamar. Ngapain? Mandi. Dan segera terlelap karena besok harus bangun pagi.

Mombassador SGM Eksplor DAY 1 sudah berakhir. Saat itu saya merasa tidak sabar membayangkan keseruan di hari kedua. Terutama di acara Gala Dinner. 

Baca Juga : Seru Banget Nih Aktivitas Mombassador SGM Eksplor Hari Ke 2!
21 comments on "Pengalaman Menjadi Mombassador SGM Eksplor Batch 7"
  1. Keren ih..tapi saya ga ketemu ya..karena kebanyakan orang

    ReplyDelete
  2. Seruuuuuu yaaaaaaaaa..... Kayanya pengen ngulang lagi gt lho... Hehehehe.. sayang yah kita ga sempet kenalan disana. Qiqiqiq.. salam kenal lg ya say. Semoga suatu waktu bs say hai lgsg. 😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, belum bisa mengenal banyak bunda-bunda di sana

      Delete
  3. Replies
    1. setuju yang mana nih..setuju, kita mau banget kalau diajak kumpul2 lagi yak

      Delete
  4. cakep bunsay tulisannya... hrs lebih ditambah foto2nya biar lebih keren lagi 😍 cob ambil dgroup aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bukan yang jepret sendiri nggak enak mbak ambil fotonya...hehe

      Delete
  5. Pengalaman yg berharga menjadi Mombassador SGM....Bisa tambah ilmu..pengalaman dan juga tmn2...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng ya dapat kesempatan ke jogja kemarin

      Delete
  6. Tetep keren mba pas welcome dinner �� banyak yang kopernya salah, tapi jadi kenalan sama temen di tempatnya koper berada

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu ada cerita dibalik peristiwa..^^

      Delete
  7. Welcome to mombassador sgm family mom

    ReplyDelete
  8. Kerennnn bunda..jadi pengin nulis pengalaman" ini tentang keseruan acra mombassador tgl 7-9 maret kmrn dijogja..:)

    ReplyDelete
  9. Maafkan ya bunda sayang..kopernya sempat mampir ke kamar lain hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar tambah seru bund..biar cerita perjalanannya makin lengkap..

      Delete
  10. wah.
    keren sekali tulisan dan fotonya.
    enak di baca bun :)

    ReplyDelete
  11. hari pertama sudah seru ya mbak, luar biasa nih mombassador SGM

    ReplyDelete
  12. Keren acaranya mbak. Nanti kalau udah jadi emak semoga aku tuh dapat kesempatan gini juga ya..

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature