Mudik dengan Kereta Api Wisata Priority Bersama Daia

10.6.19
KERETA API WISATA PRIORITY

Ini kali pertama saya mencoba Kereta Api Priority atau juga disebut Kereta Wisata Priority. Apa yang membuatnya berbeda dengan kereta lain? Yakni berbagai fasilitas di dalamnya yang kelas wahid membuat perjalanan menjadi lebih nyaman.
Pengen tahu seperti apa fasilitas Kereta Api Priority? Baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Kereta yang saya tumpangi adalah Kereta Api Bangunkarta dengan rute perjalanan Jakarta (Gambir) - Surabaya (Gubeng). Kereta berangkat dari Gambir pukul 15.00 WIB dan diperkirakan sampai Gubeng pukul 04.00 WIB. Meski demikian saya naik dari Kota Solo (Stasiun Jebres) hingga Jombang (Jombang) yang hanya membutuhkan waktu tempuh selama 3 jam.

Berangkat dari Stasiun Solo Jebres sekitar pukul 23.32 WIB, ternyata saya adalah penumpang satu-satunya dari Kereta Bangunkarta ini. Entahlah mengapa, tapi yang pasti saya merasa menjadi prioritas karena diantarkan secara pribadi menuju peron pemberangkatan oleh kepala Stasiun Jebres. (Terima kasih ya pak)

HARGA KERETA WISATA PRIORITY
Di stasiun Solo Jebres
Awalnya, saya mengira bahwa Kereta Wisata Priority ini adalah rangkaian kereta khusus. Namun, saya keliru! Karena ternyata hanya "Gerbong Priority". Jadi Kereta api Bangunkarta ini tediri dari 8 gerbong. Gerbong 1-7 adalah rangkaian gerbong kereta kelas eksekutif. Dan gerbong terakhirlah yang menjadi gerbong priority ini.

Melihat Fasilitas Kereta Api Wisata Priority


Meski hanya satu gerbong, namun gerbong priority ini memang didesain sangat berbeda dengan kereta lainnya. Bahkan dimulai dari pintu masuk gerbong yang otomatis hingga sebuah keset ekslusif bertuliskan kereta wisata. Body gerbong priority juga dicat berwarna cokelat dengan tulisan priority di tengah.

FASILITAS KERETA WISATA PRIORITY
Konfigurasi tempat duduk
Memasuki dalam gerbong terdapat sebuah rak bagasi besar yang bisa digunakan untuk meletakkan koper. Selintas saya merasa berada di dalam pesawat kelas bisnis.

Tempat duduk dengan konfigurasi 2-2 tersusun rapi hingga ujung ruangan. Lantai gerbong juga tertutup dengan karpet yang memanjang. Kursi dengan ukuran besar dengan space kaki yang longgar memberi keleluasaan bagi penumpang selama duduk di perjalanan. Belum lagi kabin barang yang terletak di atas, didesain persis seperti kabin pesawat terbang yang menyimpan rapi barang-barang bawaan penumpang. Gerbong ini hanya menampung penumpang sebanyak 28 orang. 

Saat saya sampai di gerbong, lampu sudah diredupkan. Ternyata setelah pukul 20.00 ruangan di dalam kereta sudah menjadi temaram untuk membantu penumpang beristirahat.

Begitu saya duduk, seorang pramugari kereta mendekati saya untuk menawarkan makanan. Berbeda dengan penumpang lain yang berangkat dari Jakarta, mereka berkesempatan untuk menikmati makanan secara buffet (prasmanan). Selama perjalanan penumpang bisa meminta minuman sebanyak tak terbatas mulai dari kopi, teh, air putih hingga minuman dalam kemasan.

KERETA API PRIORITY
Mini Bar
Karena nasi yang tersedia sudah habis, saya memesan mie instan dan menikmatinya bersama beberapa lauk pauk yang masih tersedia di ruang makan (bar). Penumpang akan dilayani secara khusus oleh petugas kereta yang ekslusif hanya berada di gerbong ini.

Selama perjalanan penumpang Kereta Api Priority  bisa menikmati tayangan audio visual on demand (AVOD) pada LCD TV layar sentuh yang terletak tepat di depan penumpang menempel pada belakang kursi  di depannya. Karena tidak disediakan headset, sebaiknya penumpang membawa headset sendiri agar bisa menikmati berbagai film yang disediakan.Tentu saja keberadaan audio visual ini menyenangkan untuk anak-anak. Mereka menjadi terhibur dan tidak bosan selama di perjalanan.

FASILITAS KERETA WISATA PRIORITY

Semakin malam kereta juga semakin dingin. Untung saja kereta sudah dilengkapi dengan bantal dan selimut yang siap membuat istirahat malam lebih nyenyak. Bahkan membuat kita tidak terasa jika berada di dalam kereta. Meski bukan sleeping chair yang bisa ditidurkan hingga 180 derajat, namun posisi kursi dapat dimiringkan hingga 30 derajat agar bahu dan punggung lebih rileks. Jika membutuhkan penerangan lebih, tepat di atas kursi penumpang terdapat lampu spot yang bisa dihidupkan. Selain kursi yang sudah dilengkapi meja portable, tersedia juga power socket di sebelah kursi sehingga selama perjalanan tetap dapat menyelesaikan pekerjaan dengan laptop atau gadget lainnya.

KERETA WISATA PRIORITY

FASILITAS KERETA WISATA PRIORITY
Kamar mandi bersih dan wangi
Perjalanan yang saya lalui terasa begitu cepat. Gerbong kereta priority Bangunkarta ini betul-betul bersih. Termasuk juga area kamar mandi yang lebih mirip dengan kamar mandi hotel.

Iseng-iseng saya mencoba mencari tahu berapa harga tiket kereta priority ini. Menurut situs resmi KAI harganya Rp 1.150.000,- untuk rute Jakarta- Surabaya pada tanggal keberangkatan saya 29 Mei 2019. Mungkin harga akan lebih murah untuk tanggal lain di luar high season, karena tanggal tersebut bertepatan dengan bulan puasa yang memungkinkan penuh penumpang mudik.

Tidak terasa waktu menunjukkan pukul 02.30. Saya bersama suami dan anak akhirnya tiba di Stasiun Jombang dengan selamat dan tepat waktu.

Notes : Fasiltas lain: Karaoke System, Mini Bar (termasuk makanan & minuman), Bagasi (20 kg),dan Toilet.

Mudik Bersama DAIA Detergent di Mudik Warna Wangi DAIA

MUDIK WARNA WANGI DAIA DETERGENT

Pengalaman mudik yang menyenangkan kemarin adalah bentuk kepedulian DAIA agar pelanggan merasakan kenyamanan dalam perjalanan mudik. Sebagai Detergent No.1 di Indonesia DAIA menghadirkan #MudikWarnaWangiDAIA yang memberikan berbagai fasilitas tak terlupakan. Bukan hanya mudik yang nyaman dan berbeda menggunakan kereta exclusive priority, tetapi juga beragam goodie bag dengan isian yang bermanfaat bagi rumah tangga mulai dari t-shirt, sabun DAIA, pasta gigi, mie instan, handuk, meal box dan sebagainya.


Sebagai pelanggan DAIA, saya merasakan betul manfaat dari menggunakan DAIA di rumah. Aktivitas mencuci menjadi lebih mudah, karena noda yang menempel pada pakaian mudah dibersihkan. Selain itu wangi DAIA juga lebih tahan lama. 

Terima kasih DAIA untuk selalu membantu aktivitas mencuci menjadi lebih tidak merepotkan. Semoga tahun depan semakin banyak pelanggan DAIA yang merasakan mudik yang nyaman dan menyenangkan.


Instagram : @daiadetergent
Facebook Fan Page : Daia Detergent


See you on the next blogpost.





Thank you, 

27 comments on "Mudik dengan Kereta Api Wisata Priority Bersama Daia"
  1. Anjaaay, jd mupeng nyobain jg. Hihi nyaman bgt kyknya. Dan worth it lah ya perjalanan panjang jkt-sby beli seat senyaman ini. Harusnya km ke Jkt dl mak, ben "katok". Wkwkwk

    Cm minus headset aja brarti ya. Mudah2an ada kesempatan nyoba jg kpn2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih..jane aku naik pesawat dulu jakarta..terus balik jakarta bablas surabaya..nikmat...hahah

      Delete
  2. Walah, saia pol mung naik KA ekonomi sepertinya.. Mentok-mentok bisnis.. haha

    KA prioritas sudah seperti naik pesawat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang seru makan buffetnya jane mas..sayang aku nggak dapet

      Delete
  3. Mau bngt nih ngerasain kereta pariwisata eksklusiv bnget yakkk dalamnya bikin nyaman next mudah2an than depan ada LG mau ikutan huga

    ReplyDelete
  4. Asik buangeeett ya mba.
    Aku juga bersyukur bisa ikutan #MudikWarnaWangiDAIA dan coba KA wisata ini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah selamat mbak..tahun depan lagi nggak nolak yak

      Delete
  5. ini namanya mudik keren mbak. Fasilitasnya mantab sekali, tadi hampir nanya berapa harga tiket, ternyata satu jutaan ya. Sebanding lah dengan apa yang didapat

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kalau nggak high season bisa lebih murah

      Delete
  6. Suuuper exclusive nih. Senang banget pastinya bisa ngerasain mudik bareng Daia. Semoga tahun depan ada lagi yak..

    ReplyDelete
  7. Waah...sendirian ndil-ndil gini yaa...
    Seru amaattt...bebas pilih kursi donk yaa..
    Alhamdulillah...ga capek sampai tempat tujuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penumpang banyak yang udah turun..jadi berasa longgar banget gerbongnya

      Delete
  8. mantep banget nih keretanya. sayang belom bisa ikutan. semoga kalo ada lagi bisa ikutan...

    ReplyDelete
  9. Aduh aku jadi pengen juga nih nyobain kereta ini fasilitasnya mewah banget ya

    ReplyDelete
  10. Haha sama kyk anakku bisa tidur pules ya pas di kereta. Oh tempat duduknya dua dua gtu ya, waktu itu keretaku dua satu. Tapi tetep sama asyiknya. Dan bener toiletnya resik😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak yang 2 1 kalau keluarganya ganjil..enak yang 22 kalau genap..hahaha

      Delete
  11. Asik bangeett keretanya, kebayang jadi betah berperjalanan dengan kereta nih. Kl pesan nyebutnya kereta apa mba?

    ReplyDelete
  12. aku td iseng mau liat hrg tiket ka yg priority tp kok g ada ya mba. yg kluar itu kereta bangunkarta tp yg eksekutif. apa dibukanya ga setiap saat? pgn coba naik kereta prioritynya pas nanti ke surabaya.. :). penasaran pgn naik kereta , selama ini aku msh lbh milih pesawat krn blm nyaman ama kereta . tp kalo sebagus ini aku malah jd tertarik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak setiap saat sepertinya mbak. Karena ini gerbong nempelnya di keretanya juga bisa beda-beda.. Nggak selalu bangunkarta. better hubungi langsung ke CS atau stasiun. Karen kalau online kok aku rasa agak susah. Bisa jadi full booking juga

      Delete
  13. Mupeng pengin naik kereta wisata juga. Sepertinya bukan buat mudik sih. Buat halan2 shantay bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak..biar rasanya lebih plong. Tau sendirikan kalau mudik itu bawaannya ribet

      Delete
  14. Nice travelling. Kereta priority saya juga pernah nyoba memang memberikan pengalaman & kenyamanan yang baru, walaupun suara roda kereta sama aja berisik hehe... Ditunggu artikel tentang pengalaman naik sleeper train. Oh ya, saya follower baru blog ini. Thx

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below. Your comments will be moderated.
(INFO : Sebaiknya berkomentar dengan URL agar komentar tidak menjadi brokenlink dan terpaksa saya hapus)

Auto Post Signature