Cara Membuat Podcast di Spotify

13.6.19
CARA MEMBUAT PODCAST DI SPOTIFY


Spotify memang aplikasi pemutar musik yang cukup dikenal saat ini. Itu mengapa ketika ada yang tanya "Di mana aku bisa mendengarkan podcastmu, Sara?", Spotify selalu yang saya rekomendasikan pertama kali. Meski begitu, sekarang banyak platform lain yang bisa digunakan untuk mendengarkan Podcast seperti Soundcloud, iTunes, Google Podcast, Anchor dan masih banyak lainnya. Nah, bagaimana cara membuat podcast di Spotify?

Tunggu dulu!


Sebenarnya bukan di Spotify tempat membuat podcast itu. Spotify hanya sekedar media untuk mendengarkannya. Sama seperti saat mendengarkan lagu atau musik di Spotify.

Podcast yang dalam bahasa Indonesia disebut siniar, adalah sebuah rekaman audio yang tersedia di intenet. Podcast sering disebut juga radio internet on demand. Tapi apakah podcast sama dengan radio?

Kita harus paham dulu bahwa podcast adalah salah satu produk audio. Konten dalam podcast sangat beragam, bisa jurnal personal, politik, sosial, agama, hiburan, dan masih banyak lainnya.

Agar orang lain bisa mendengarkan podcast, kita harus merekamnya terlebih dahulu. Merekam bisa dengan alat apapun termasuk recorder di handphone. Syaratnya, kita harus memastikan bahwa output audio yang dihasilkan bisa baik dan nyaman didengarkan.

Ingat!

Berbeda dengan vlog, kadang ada vlog yang audionya jelek tetapi kita masih betah melihatnya. Karena sebagai penonton kita terbantu dengan gambar/ visualnya. Tapi podcast? Kalau audionya jelek, yaudah orang males dengerin dan ganti podcast lainnya.

Beberapa bulan terakhir saya memproduksi podcast #KALAUCINTA. Alhamdulillah, meski mengangkat tema yang remeh temeh tentang CINTA tapi respon pendengar cukup bagus. Terbukti sudah puluhan ribu kali didengarkan dan feedback dari pendengar langsung saya terima via email dan DM di instagram. Dan saat ini saya membangun lagi sebuah podcast yang khusus mengangkat idealisme saya sebagai seorang pekerja kreatif dan juga kepala rumah tangga yang mengurus keluarga bersama suami.

Dengarkan : Podcast #KalauCinta di Spotify

Bagaimana Cara Membuat Podcast ?

Untuk menjawab pertanyaan bagaimana cara membuat podcast agar dapat diputar di Spotify, saya sudah menyiapkan episode khusus yang dapat di dengarkan di THE LATE BRUNCH with Sara Episode 1. Klik link di bawah ini untuk mendengarkan.

THE LATE BRUNCH with SARA - Episode 1




Post Comment
Post a Comment

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below. Your comments will be moderated.
(INFO : Sebaiknya berkomentar dengan URL agar komentar tidak menjadi brokenlink dan terpaksa saya hapus)

Auto Post Signature