Glossophobia, Ketakutan Berbicara di Depan Umum

9.3.20
PELATIH PUBLIC SPEAKING SOLO JOGJA SEMARAG

Mengapa rasanya begitu deg- degan ketika diminta berbicara di depan umum?
Sebagian orang, mungkin bisa mengatasi rasa grogi dan gugup ketika melakukan public speaking. Namun, sebagian yang lain harus berusaha lebih keras. Mungkin sebelum tampil sudah melakukan persiapan yang matang jauh- jauh hari. Ketika hari H, semua materi seperti menguap tak bersisa. Memandang jumlah hadirin, justru membuat  banyak keringat dingin keluar.

Public speaking, kegiatan berkomunikasi di depan umum ini memang menantang. Rasa percaya diri adalah kunci. Percaya diri ini harus dilatih, agar seseorang mampu mengatasi kecemasan yang dirasakan.

Ketakutan yang hebat ketika diminta melakukan public speaking, sering dialami para penderita GLOSSOPHOBIA, yakni fobia berbicara di depan umum. Rasa takut yang dirasakan ternyata mampu menimbulkan gangguan fisik, seperti pusing, mual, dan rasa ingin selalu kencing atau BAB.

Lantas, bagaimana glossophobia bisa terjadi?

Apa gejala glossophobia?

Dan bagaimana mengatasi glossophobia ini ?

Selengkapnya bisa didengarkan di episode terbaru podcast The lLate Brunch with Sara Berikut ini.







Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Mental


See you on the next blogpost.







Thank you, 




15 comments on "Glossophobia, Ketakutan Berbicara di Depan Umum"
  1. Saya mengalami gugup ketika akan berbicara di depan orang banyak mbak, kadang sampai mules gitu. Sampai sekarang masih belajar bagaimana caranya biar nggak gugup lagi kalau bicara di depan orang banyak 😁 terima kasih podcastnya sangat membantu untuk saya mbak

    ReplyDelete
  2. Saya penasaran dengan batasan antara grogi biasa dan glossophobia ya. Mbak Sara keren podcast-nya. Saya belum pernah cobain merekam suara.

    ReplyDelete
  3. Jadi inget kasus yang lagi rame dibahas ya mba, PUtri Indonesia yang grogi hingga lupa melafalkan sila ke-4 dan 5..sebagai seorang recruiter aku dulu banget pas kuliah sudah dilatih dan dikoreksi saat itu juga bagaimana caranya bicara di depan orang terlebih aku harus membawakan intruksi alat tes..ada saja teman yang ga bisa hingga kini memilih bekerja di balik meja heheh

    ReplyDelete
  4. Mbaaa, makasiii buangeett podcast-nya!
    Suara super renyaahhh, konten menarik, berfaedah bangeett!

    ReplyDelete
  5. Malah...salfok Ama suaranya..
    Bagus banget...heheheh, keren podcast nya..

    ReplyDelete
  6. Kadang emang gitu mbak kalau emang di depan umum suka ada perasaan gugup atau nerveos gitu pokoknya

    ReplyDelete
  7. Suaranya earcatchy, masya Alloh.

    Aku banget nih kayanya glassophobia. Bahkan sekedar jadi peserta seminar aja terus sesi tanya dimulai dan aku padahal punya pertanyaan ke narsum, tapi tetep ga berani. Kenapa ya, pasti kepikiran "pertanyaan ku ini worth it ga sih, bermanfaat ga sih, atau malah nyeleneh". Huhuhu. Pengen nyembuhkn glassophobia kuu

    ReplyDelete
  8. Wahh, sy termasuk glossophobia, suka pengen kebelet klo harus tampil berbicara di depan umum

    ReplyDelete
  9. wah aku baru tau tentang glossophobia iniiii, langsung mau dengerin podcastnya ah.. makasi sharingnya maaaak

    ReplyDelete
  10. Kalau dilingkungan baru aku bisa tuh yang namanya demam panggung kalau harus berbicara di depan umum, kalau sudah mengenal lingkungan dengan baik mulai bisa deh menguasai diri :)

    ReplyDelete
  11. Sebenernya aku nggak ada masalah kek gini. Tapi sering kali kalau mau ngobrol di depan orang banyak, aku pasti kesusahan buat ngatur nafas. Kek nggak bisa tenang gitu rasanya. Caranya buat nenangin diri sebelum maju di depan umumnya itu lho mak, gimana ya?

    ReplyDelete
  12. Wah, jadi ingat Mba Alaika.
    Doi juga gemar berpodcast ria
    Cool!
    Hmmm... jadi tergoda :)

    ReplyDelete
  13. iya bener, pernah juga ngalamin hal kaya gini. Biasanya sih kaya takut banget kalo diliatin orang banyak :( tapi lama-lama kebiasa juga kok hehe

    ReplyDelete
  14. Hebaaaat keren! Baru ketemu blogger yang buat podcast! Gimana cara mulainya mba? Apalagi untuk masalah public speaking menurutku podcast itu berguna banget ya, karena bisa melatih keluwesan kita untuk berbicara. Gimana menurut mba?

    ReplyDelete
  15. Aku banget ini merasa sangat tidak percaya diri untuk berbicara di depan umum. Baiklah aku akan tetap berusaha untuk bisa lebih percaya diri.

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature