Keterampilan yang Wajib Dimiliki Millennial di Era Industri 4.0

SARA NEYRHIZA


Industri 4.0 yang serba digital membuka banyak peluang sekaligus tantangan. Kemajuan teknologi, bukan hanya mempermudah kebutuhan manusia, tapi juga menjadi ancaman. Lihat saja, sekarang banyak pekerjaan yang terotomatisasi dengan sistem digital dan robot.

Kalau dulu, mau buka rekening di bank, kita harus bertemu dengan customer service dan datang langsung ke kantor cabang. Tapi sekarang, semua bisa tersolusikan hanya dengan aplikasi di smartphone. Ini hanya satu contoh profesi yang lambat laun mulai tergantikan dengan kemudahan sistem komunikasi dan informasi.

Bidang pekerjaan sepert travel agent misalnya, juga mulai surut dengan adanya online travel agent. Yang bisa menyelesaikan kebutuhan pemesanan transportasi, akomodasi, sampai pilihan tempat wisata dalam hanya beberapa langkah akses aplikasi. Pembayar juga bisa dilakukan otomatis dengan mobile banking yang juga tersemat di gawai.

Melihat hal ini, bukan tidak mungkin bahwa di masa depan makin banyak profesi dan pekerjaan yang tergeser oleh kecanggihan digital. Maka, mau tidak mau manusia sebagai sumber daya yang terbarukan, harus mau selalu belajar dan meningkatkan kompetensinya.

Keterampilan Wajib di Era Industri 4.0


Bicara mengenai kebutuhan di masa depan, apa saja sebenarnya skills yang dibutuhkan para millenial dan  pekerja profesional untuk menjawab tantangan industri 4.0?

1. Problem Solving


Untuk dapat memiliki kecapakan dalam memecahkan masalah, seseorang harus mampu memiliki kemampuan berpikir kritis (critical thinking) dan berpikir kreatif (creative mind). Melihat permasalahan tidak sekedar menjadi kendala, namun tantangan untuk meningkatkan kemampuan diri.

Masalah yang hadir juga harus ditelaah baik- baik. Di sinilah kemampuan berpikir kritis dibutuhkan. melihat masalah dari berbagai sudut pandang, tekun melaukan riset dan observasi, serta berpikiran terbuka untuk menemukan solusi.

Untuk terbiasa berpikir kritis, maka kemampuan literasi menjadi faktor terpenting. Rajin membaca, menggali pengetahuan baru, serta tidak malas untuk mencoba keterampilan yang belum dikuasai sebelumnya.

2. Ability to Compromising


Kemapuan untuk berkompromi adalah skills yang perlu dimiliki di era kolaborasi saat ini. Kesadaran bahwa manusia tidak bisa hidup dan bekerja sendirian, menuntut untuk bisa bekerja sama dan bertukar pikiran dengan orang lain. Dengan memiliki kemampuan kompromi dan kolaborasi, seseorang akan terbuka dengan berbagai kesempatan baru. Ia tidak akan sibuk dengan dunianya sendiri.

3. Networking dan Communication Skills


Kemajuan teknologi juga membuka banyak akses untuk bertemu dengan orang baru di luar circle yang kita miliki. Seseorang perlu mempeluas jaringan pertemanan dan profesionalnya untuk bisa meningkatkan karir dan pencapaian hidupnya.

Untuk bisa bersosialisasi dengan baik, maka keterampilan komunikasi wajib untuk dimiliki. Keterampilan komunikasi bukan hanya sebatas kemampuan berbicara, public speaking atau kemampuan menulis. Namun yang tidak kalah penting adalah kemampuan berkomunikasi lintas budaya dengan menggunakan bahsa asing.

Bahasa Inggris adalah salah satu bahasa asing yang sudah wajar untuk dikuasai. Kemampuan bahasa asing yang mumpuni, akan membuka akses pada pergaulan Internasional. Paling tidak, kita tidak memiliki kendala bahasa jika harus melakukan interaksi dengan orang lain berbeda budaya dan kebangsaan, karena bahasa Inggris adalah bahasa Internasional.


Belajar Bahasa Inggris di The British Institute 


Mempelajari bahasa Inggris bisa dilakukan siapa saja, artinya tidak ada batasan usia. Salah satu lembaga pelatihan bahasa Inggris yang teruji kualitasnya selama lebih dari 36 tahun adalah The British Institute, yang tersertifikasi oleh the University of Cambridge English, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Selain mengikuti perkembangan terbaru dalam pelatihan guru dan metodologi pengajarannya, The British Institute memiliki beberapa pilihan sistem pembelajaran seperti Classroom, Online dan Blended Learning.

Pilihan kelas yang ditawarkan juga sangat variatif, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, antara lain :

Children
Pre Teen
Teen
Global English
Exam Preparation for TOEFL or IELTS test
Recruitment and Job promotion test
Workshop
In House Training
Private Class
Blended Learning
Online Learning
CELTA
Teacher Training


Jika kamu ingin belajar dan meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris, maka The British Institute yang berlokasi di Gading Walk – Mall Kelapa Gading, bisa jadi pilihan. Lokasinya yang strategis sangat mudah diakses dengan LRT Jabodetabek, dengan stasiun Mall Kelapa Gading. Karena lokasinya di mall, maka akan mudah jika ingin mencari makanan dan hiburan setelah kelas usai.

Menyenangkan pastinya belajar bahsa Inggris di The British Institute, karena adanya fleksibilitas dalam sistem belajar. Jadwal kelas yang bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan karena The British Institute  memiliki kelas mulai dari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 10 pagi sampai pukul 8 malam.

Oiya, sekarang belajar di The British Institute bisa kapan saja dan di mana saja, karena tersedia kelas online juga. Pastinya didukung tenaga pengajar baik asing maupun lokal yang berpengalaman dan memiliki standard kualifikasi serta sertifikasi internasional.

Kebetulan saya juga berkesempatan mengikuti kelas online ini. Acara ini dikoordinasi oleh Komunitas Indonesian Social Blogpreneur dan memberi kesempatan beberapa blogger untuk meningkatkan keterampilan menulisnya dalam bahasa Inggris. Walau tidak bisa bisa full mengikuti 6 jam pertemuan, namun kelas yang saya ikuti sangat menyenangkan dan interaktif dengan platform Zoom. Pengajar memandu peserta untuk mengerjakan soal- soal yang disediakan setelah diberikan materi pembelajaran. Kelas ini saya rekomendasikan buat kamu yang ingin belajar di rumah, tapi tetap ingin fokus belajar.


BELAJAR BAHASA INGGRIS DI TBI
Sesi belajar online bersama Ms. Andrea dari The British Institute


Nah, selanjutnya kalau kamu  ingin tanya lebih jauh mengenai program dan biaya belajar bahasa Inggris di The British Institute bisa menghubungi informasi di bawah ini :

Info : 0812 1212 6112 / 021 – 4587 5400/87
Email : satya.hindarto@tbi.co.id
Website : www.tbi.co.id
Instagram : tbikelapagading

Facebook: TBI Kelapa Gadin
Apakah saat ini kamu sudah memiliki keterampilan problem solving, ability to be compromising, networking dan communication? Kalau belum, yuk segera asah agar kamu bisa bersaing dan sukses di era industri 4.0.


See you on the next blogpost.








Thank you, 



Post Comment
Post a Comment

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature