Perbedaan Starts, Streams, dan Listeners Podcast di Spotify

Perbedaan Starts, Streams, dan Listeners Podcast di Spotify
Dashboard statistik di Anchor


Bagi podcaster pemula, atau siapapun yang mulai membuat podcast di Spotify, pasti merasa bahwa jumlah pendengar menjadi motivasi dalam konsistensi membuat podcast. Gampangnya sih gini, semakin banyak yang dengerin, semakin bersemangat kita bikin konten.

Meski begitu, menarik perhatian pendengar itu gampang-gampang susah. Nggak ada rumus pastinya, semuanya hanya bisa dicoba. 

Salah satu platform favorit buat dengerin podcast itu Spotify. Apalagi kalau kamu udah bikin podcast dengan mudah dan gratis via Anchor, podcastmu bisa langsung terdistribusi ke Spotify.

DATA PENDENGAR PODCAST DI ANCHOR
Dashboard statistik di Anchor

Di Anchor sendiri sebenarnya sudah ada data yang menampilkan statistik pendengar. Data statistik pendengar yang ditampilkan antara lain :

- Akumulasi jumlah podcast didengarkan
- Top episode
- Regional geografi pendengar podcast
- Listening platform
- Demografi pendengar berdasarkan usia dan jenis kelamin

Selain menggunakan data di Anchor, kita juga bisa mengecek statistik pendengar melalui Spotify. Tapi sebelumnya mendaftar dulu melalui https://podcasters.spotify.com/
Setelah sinkronisasi dilakukan, maka kemudian kita akan melihat beberapa informasi yang menunjukkan starts, streams, listeners dari podcast yang kita miliki.


Lantas, apa perbedaan starts, streams, listeners, dan follower pada data statistik pendengar podcast di Spotify?

  • Starts : Jumlah berapa kali tombol play podcast di tekan (1 detikpun dihitung)

  • Streams : Jumlah berapa kali podcast didengarkan (minimal selama 60 detik)

  • Listeners (unique listeners) : Jumlah orang yang mendengarkan podcastmu (1 pendengar dapat melakukan klik tombol play, atau stream  lebih dari 1 kali)

  • Follower : Jumlah orang yang klik tombol "follow". Podcast kita akan ditambahkan ke library pendengar, dan library pendengar akan diperbarui ketika podcast yang difollow merilis episode baru.

Bagi saya, melihat statistik pendengar ini sangat penting. Karena kita sebagai podcaster jadi tahu bagaimana caranya untuk menarik perhatian audiens dan membuat mereka nyaman mendengarkan hingga akhir episode.

Riset ini jadi pertimbangan ketika membuat konten. Apakah kita akan fokus pada topik idealis, atau akan berusaha bernegosiasi dengan selera atau market pendengar.


See you on the next blogpost.








Thank you, 

Post Comment
Post a Comment

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature