Menjaga Mood Positif dan Produktivitas. Ini Cara Saya!

26.2.18
Orang bilang, saya kutu loncat. Loncat sana loncat sini. Ngerjain ini dan ngerjain itu. Bagaimana membagi waktunya?

Ketika memutuskan bekerja di ranah publik, salah satu catatan dari suami saya adalah jangan meninggalkan tugas domestik. Artinya, kerja di luar rumah boleh, tapi urusan keluarga mulai dari menyiapkan sarapan sampai menemani suami makan malam jangan sampai terlewat.

Bisakah?

Cukupkah waktu yang cuma 24 jam?

Jadi Ibu Rumah Tangga yang Bijak

Ya, saya tidak memiliki asisten rumah tangga di rumah. Itu mengapa seluruh pekerjaan rumah, dikerjakan secara gotong royong antara saya dan pak suami. Kalau saya nyapu ngepel, suami yang cuci piring. Kalau saya masak, suami membersihkan kamar. Terkadang saya dan suami mencuci baju berdua. Basah-basahan sambil pacaran. Capek tapi romantis. Ups!

Prinsipnya, jika saya harus keluar rumah untuk beraktivitas, suami memberikan tiga skala prioritas, yakni 

1. Anak terurus
2. Rumah rapi
3. Masak

Kalau belum masak, sementara harus pergi kerja, itu tak jadi soal jika anak sudah makan dan rapi. Anak yang penting makan dulu, baru membersihkan rumah. Jangan dibalik, rumah sudah rapi, eh, anak dan suami kelaparan. Yah, begitulah ...harus pandai-pandai mengatur strategi.


Selain manajemen pekerjaan rumah alias tugas ibu rumah tangga, ada satu tugas besar yang menjadi kewajiban saya. 

Well, sejak menikah, praktis posisi manajer keuangan keluarga berada di tangan saya. Pekerjaan ini bisa dibilang susah-susah gampang. 

Gampang karena setiap hari pegang uang. Susah karena saya harus mengatur manajemen keuangan rumah tangga, keuangan anak dan keuangan saya pribadi. Ketiganya harus ada catatan yang jelas, detail, kapan uang masuk dan kapan uang keluar.

Suami saya sangat disiplin untuk urusan satu ini, kecuali urusan keuangan pribadi saya. Yang kata orang "uang istri, ya uang istri sendiri". 

Setiap hari saya harus mencatat uang yang keluar untuk urusan rumah tangga. Mulai dari beli beras sampai dengan biaya parkir.
Hello...Ini ribet sekali lho sebenarnya. 
Meski sudah pakai aplikasi di handphone untuk urusan expense management, tetapi ternyata saya lebih happy menulis pemasukan dan pengeluaran di buku saku. Jadi jangan heran deh, kalau tiba-tiba saya mengeluarkan buku catatan dan CASIO Colorful Calculator saya yang warna pink hanya untuk mencatat uang yang telah dikeluarkan setelah makan di restauran. Takut ada yang kelewat!


Kalkulator saya ini tipe SL-310UC yang punya dimensi 8, 4 X 70 x 118 mm. Bentuknya yang slim dengan berat 50 gram, bahkan bisa masuk di clutch atau small sling bag saya.

Urusan hitung-menghitung uang jadi gampang dilakukan dimana saja. Apalagi CASIO Colorful Calculator punya warna yang eye catching. Membawa kalkulator ini, nggak bikin kelihatan seperti kasir berjalan.

Suami saya sampai mengira kalkulator ini adalah handphone android, ketika melihat casingnya dari kejauhan ....:) Oh, God ....

Perempuan dan Bisnis

Kalau urusan rumah sudah kelar, berarti saatnya mengerjakan prioritas lainnya. Kebetulan saya memiliki bisnis di bidang event organizer. Salah satu hal yang sering saya lakukan adalah mengirimkan penawaran harga ke klien.

Jadi biasanya, klien akan meminta anggaran untuk pelaksanaan event tertentu. Setelah mendapatkan permintaan itu, saya akan menghitungkan besaran pembiayaan yang dibutuhkan.

Karena tidak selalu ada di kantor, jadi saya harus siap di mana saja menyiapkan draf budgeting ini. Lagi-lagi saya harus bersyukur karena membawa  CASIO Colorful Calculator  di dalam tas. Saya bisa menghitung dengan nyaman setiap detail pembiayaan. Apalagi kalkulator saya ini punya fitur perhitungan pajak.

Apa fungsi fitur perhitungan pajak?

Oke, begini, setiap pembiayaan yang dikeluarkan oleh perusahaan akan dikenakan pajak dengan jumlah tertentu. Besaran pajak yang umumnya 2%-5% dari total keseluruhan biaya ini, biasanya akan sekaligus dimasukkan dalam draft anggaran. Nah, kalau menghitung pakai kalkulator di handphone ternyata lumayan bikin ribet. Tapi kalau saya pakai CASIO Colorful Calculator, saya tinggal melakukan langkah-langkah seperti di bawah ini.

Sumber gambar : Instagram casiocalculator.id
Mudah kan?

Jadi nggak salah, kalau punya CASIO Colorful Calculator ini sangat membantu pekerjaan saya. Terlebih kalkulator ini dilengkapi sistem daya dua arah yakni sel matahari dan batu baterai.

Untuk pergantian baterai juga relatif mudah. Biasanya, kalau baterainya habis, saya tinggal ganti ke toko jam langganan. Daya tahan baterainya juga cukup bagus, bisa sampai 2-3 tahun penggunaaan.

Perempuan dan Dedikasi

Urusan rumah, beres! Urusan bisnis, beres! Lalu? 

Saat ini saya mengajar di salah satu kampus di Solo. Bisa dibilang saat terpadat sebagai seorang dosen adalah pasca ujian tengah semester ataupun setelah ujian akhir semester. Mengapa?

Karena itu adalah saatnya menghitung nilai mahasiswa. Sebelum nilai itu ada, ada proses mengoreksi lembar jawaban ujian. Selanjutnya nilai ujian akan ditambah dengan nilai presensi atau kehadiran dan nilai tugas. Dan itu berlaku untuk lebih dari 150 mahasiswa yang saya ampu setiap semesternya.
Saat saya harus teliti menghitung nilai mahasiswa, apa yang saya butuhkan? 


Tidak lain adalah CASIO Colorful Calculator yang selalu setia menemani aktivitas saya. Bentuknya yang pas ditangan saya, betul-betul nyaman digunakan saat saya harus berkutat dengan lembar jawaban ujian mahasiswa, sekaligus menghadapi laptop untuk menginput nilai di sistem akademis.

Salah satu hal penting yang sangat saya suka dari  CASIO Colorful Calculator  adalah tombolnya yang besar, mudah ketika digunakan. Apalagi kalkulator ini bisa mati secara otomatis ketika lima menit tidak dipakai. Jadi hemat baterai kan?

#CasioMyStyle

Jadi dalam 24 jam waktu saya di dunia ini, saya harus menjadi ibu, istri, wirausahawan dan dosen. Ditambah lagi, saya bisa terus menikmati hobi dan passion menulis saya sebagi lifestyleblogger. Tidak lupa setiap hari Kamis, saya akan menyapa para pendengar lewat udara dengan bersiaran di radio.

Betapa warna-warninya hidup saya. Alhamdulillah.

Apa nggak bosen menjalani itu semua?

Kebosanan itu pasti, tetapi terus bersemangat itu adalah pilihan. 

Kebosanan akan rutinitas bisa datang kapan saja. Namun, kalau kita memanjakannya, rasa bosan akan berubah menjadi rasa malas. Kalau sudah malas, kita tidak akan sadar dengan prioritas hidup.

Itu mengapa saya punya beberapa resep jitu yang selalu berhasil menghancurkan badmood saya dan menjadi  goodmood booster. Apa aja sih?

❤️ 1. Berduaan dengan suami

Thanks God! Saya punya suami yang perhatian. Dia tahu betul kapan saya dilanda rasa letih dan bosan. Biasanya dia akan meminta saya untuk menitipkan anak ke rumah eyangnya. Setelah itu kami akan kencan berdua di rumah makan kesukaaan. Selanjutnya, kami akan menonton film di bioskop atau menonton serial superhero di televisi. Dan dilanjutkan dengan tidur berdampingan.

Jika hal di atas susah untuk dilakukan karena jadwal sedang tidak bersahabat, biasanya suami akan memeluk dan mencium saya. Perfect! Saya langsung semangat lagi.

❤️ 2. Belanja 

Nggak harus borong belanjaan di mall deh. Belanja sesuatu yang disukai saja, beli sesuatu yang sederhana tapi menyenangkan. 

Seperti ketika saya membeli secara online CASIO Colorful Calculator.

Jadi awalnya, saya melihat post dari Diana Rikasari di instagram. Diana sedang menunjukkan 10 warna  CASIO Colorful Calculator yang langsung bikin mata seger. Saat itu juga, saya membeli di mataharimall.com  CASIO Colorful Calculator warna pink ( tapi di web disebutnya warna Red ya). Ini adalah wana kesukaan saya. 
Pink is my mood lighter!
❤️ 3. Main Games

Emak-emak suka main games? Jangan salah, di handphone saya banyak sekali pilihan aplikasi games yang saya mainkan kala dilanda bosan. Terkadang saya suka juga main game psikologi seperti di www.knowyourcolor.id. Wah, saya jadi tahu, warna yang mencerminkan kepribadian saya.

Mainkan games ini  di knowyourcolor.id dan dapatkan diskon menarik
Kamu sudah coba belum?

❤️ 4. Ngeblog

Heal Yourself with Writing
Beneran! Kalau saya lagi badmood saya akan buka laptop, masuk di blogger.com dan saatnya menulis. Saya punya banyak ide-ide tulisan yang saya catat di buku. Nah, saat badmood inilah ide tulisan tersebut dituangkan lebih detail melalui postingan di blog. Dan kemudian secara ajaib, badmood langsung hilang dan menjadi produktif dengan lahirnya sebuah tulisan.

Jadi ternyata, jika tidak bisa manajemen mood dengan baik, produktivitas kita bisa terganggu lho. Sayapun mengalaminya sendiri. Kerjaan nggak kelar, ngurusin anak bawaannya jadi uring-uringan. 

So, buat kamu yang punya banyak aktivitas, pastikan temukan hal-hal menyenangkan untuk mengembalikan fokus pada prioritasmu. Terkadang, moodbooster itu bisa juga muncul dari hal yang sederhana. Misalnya, menggunakan barang dengan warna kesukaan. Seperti saya dengan CASIO Colorful Calculator warna pink yang selalu bikin hati jadi ceria setelah memegang dan menggunakannya.

Kamu pengen juga kan?

Kalau nggak suka warna pink, kamu bisa pilih warna-warna lainnya, seperti green, blue, yelloe green, purple, orange, white dan black. Cari warna kesukaanmu dan hilangkan badmood


Biar tambah seneng dan bersemangat, kamu bisa menggunakan kode promo ini


dan kamu bisa belanja CASIO Colorful Calculator dengan diskon istimewa di mataharimall.com

Udah siap untuk selalu punya goodmood dan senantiasa produktif?

Kamu pasti punya juga kan, cara-cara kreatif lainnya untuk menghilangkan badmood? Ceritakan yuk, di kolom komentar. Saya tunggu ya.. 😊

19 comments on "Menjaga Mood Positif dan Produktivitas. Ini Cara Saya!"
  1. Ih bener bgt. Dg segudang kesibukan ala ibu rumah tangga, good mood harus terjaga. Kalo nggak buyar semua. Kalo aq si, salah satu mood booster nya adalah ngitung uang receh di celengan. Seneng aja gt nyusun duit koin 😆😆😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, asyik juga nih ngitung uang receh..

      btw, aku punya banyak recehan mak,,tapi bingung mau nuker dimana

      Delete
  2. belanja bikin mood pulih mba kalau buat aku hahaha...yang penting ATM full y mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju nih...apalagi,,belanjanya sendirian..gak ada yang glandotin

      Delete
  3. Dengan kalkulator bu dosen gak akan keliru ngitung nilai mahasiswanya ya.
    Gemes sama kalkulatornya, imut dan warnanya cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cakep ya mbak..bisa dibeli lho..pakai promo diskonnya

      Delete
  4. Ternyata banyak cerita yang di berikan Dari sebuah kalkulator ya mba.. Keliatan simple tapi sangat dibutuhkan

    ReplyDelete
  5. Pilihan warnanya kekinian banget ya mbak... Jadi makin mudah ngitungnya

    ReplyDelete
  6. Lucu yaaa kalkulatornya, warna-warnanya fresh. Kalo aku sih jaga goodmood dengan tidur wakakak :D membaca, jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidur adalah sebaik-baiknya mood booster..hihihi..apalagi habis itu nyantai nggak perlu masak

      Delete
  7. Lucu warna kalkulatornya. Menjaga good mood memang penting banget. Biasanya saya suka menonton serial tv atau tidur :D

    ReplyDelete
  8. wuaaaah lucu yang pinky yaaaah. aku punyanya yang ijoo. hihi. Kalo punya sesuatu yg warna warni kaya Casio Colorful Calculator ini emang nambah mood banget yaaaaahh <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak...pengen punya semua warna deh jadinya

      Delete
  9. Kalkulator punya banyak kisah ya Mba Sara ternyata hehehe

    Resep mengubah badmood menjadi goodmoodnya keren Mba, smg sll good mood ya Mba Sara :)

    ReplyDelete
  10. Kalau aku baru bisa ngerjain 2 hal yaitu memastikan anak keurus dan masak. Rumah berantakan wkwkwk karena sehari-hari ngurus orderan dari online shop. Sekalinya rumah rapi itu pun libur dulu gak masak tapi untunglah suami bisa mengerti.

    ReplyDelete
  11. Oh my god warnanya aku bangeettt. Suka banget sm warna2 jreng kaya gini.
    Bener loh, ternyata jd menteri keuangan di rumah tuh gak gampang. Akupun ngerasain.

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature