5 Cara Bersikap Bagi Karyawan baru

6.2.18
Salah satu pertanyaan yang sering muncul ketika berdiskusi dengan mahasiswa tingkat akhir adalah
Saat magang kerja, perusahan itu pengen karyawan baru bersikap seperti apa sih, Bu?
Source : nanonews.org
Baik fresh graduate atau mereka yang berpindah kerja, masa orientasi, atau masa magang awal kerja sering menjadi "momok" tersendiri. Perasaan kikuk, bingung dan tidak tahu bagaimana harus bersikap sering mendera para karyawan baru. Jika seorang karyawan tidak segera dapat mengatasi hal ini, ia akan sulit untuk melaksanakan pekerjaannya dengan baik.
Pemagangan diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu (Pasal 1 angka 11 UU Ketenagakerjaan). Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.
Proses magang, bisa terdiri dari proses pendidikan dan pelatihan. Umumnya kebijakan yang diterapkan perusahan, proses ini berlangsung mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 1 tahun. Pada fase ini karyawan akan mulai mengenal lingkungan barunya. Bukan hanya tanggung jawab pekerjaan yang baru, tetapi juga rekan kerja, atasan, serta segala aturan perusahan.
Mengenai jangka waktu pemagangan, dalam hal pemagangan dilakukan di dalam wilayah Indonesia, jangka waktunya paling lama 1 (satu) tahun. Dalam hal untuk mencapai kualifikasi kompetensi tertentu akan memerlukan waktu lebih dari 1 (satu) tahun, maka harus dituangkan dalam perjanjian pemagangan baru dan dilaporkan kepada dinas kabupaten/kota setempat (Pasal 7 ayat [4] dan ayat [5] Pemennakertrans No. 22/2009).
Agas masa magang ini berjalan dengan baik, ada beberapa sikap diri yang harus dipersiapkan dan dilakukan.

1. Disiplin

Jangan sampai datang terlambat. Usahakan dapat datang maksimal 15 menit sebelum jadwal magang dimulai. Disiplin disini juga termasuk dalam memanfaatkan waktu instirahat dan ketepatan waku pulang.

Disiplin dalam menggunakan pakaian sesuai dengan aturan juga harus diperhatikan. Meski bukan menjadi pekerja kantoran yang formal dan harus selalu berdasi, tetapi etika kesopanan dalam berpakaian akan membantu untuk lebih siap dan fleksibel ketika berinteraksi dengan orang baru.

2. Pandai Beradaptasi

Bertemu dengan orang baru itu susah susah gampang. Memang terkadang sebagai orang baru, kita harus berani menyapa mereka yang “orang lama” terlebih dahulu. 

Kikuk? Mungkin..Tetapi harus kamu lakukan. Karena merekalah para “orang lama” yang nantinya akan membantu dalam proses magang dan akan menjadi partner dalam bekerja.

Sama seperti ketika pertama kali masuk sekolah, pasti suasana baru akan membuat tidak nyaman. Namun, asalkan kita bersikap baik dan sopan, orang-orang disekitar kita pasti akan segan dan tidak keberatan dalam membantu ketika kita mendapat kesulitan.

3. Inisiatif

Iniasiatif adalah mampu menemukan sesuatu yang harus dikerjakan. Tidak seperti robot yang baru bekerja setelah diperintah. Pada masa magang ini, karyawan baru akan diberikan tugas-tugas yang lebih ringan terlebih dahulu. Setelah mengetahui tugas masing-masing, manfaatkan ketrampilan yang dimiliki untuk segera melakukan tugas tersebut. Manfaatkan waktu dengan efisien.

4. Kreatif

Source : back-2-front.co.uk
Ketika magang, jangan ragu untuk menunjukkan kepribadianmu yang dinamis dan berwawasan. Jangan malu untuk menyumbangkan gagasan dan ide saat meeting berlangsung. Ide-ide segar bisa dari mana saja. Banyak membaca, banyak bergaul dan berinteraksi adalah kuncinya.

5. Jangan Malu Bertanya

Apa jadinya kalau kita malu bertanya? Pasti sesat jalannya..Bertanya saja kepada yang lebih ahli atau lebih berpengalaman jika betul-betul tidak tahu apa yang harus dilakukan atau bagaimana cara melakukan pekerjaan. Jika kita bertahan pada kebingungan, tentu akan menghambat kinerja kita.

Inti dari kelima poin di atas adalah berani membawa diri diri dengan penuh kemandirian dan ke-profesionalitas-an. Jika karyawan tidak bekerja dengan baik tentu akan mengganggu jalannya operasional perusahaan. Meski waktu magang hanya sebentar, fase tersebut sangatlah penting agar karyawan memahami betul visi dan misi perusahan dan bagaiaman karyawan mendukung tercapaianya tujuan tersebut.

Selamat Bekerja. Selamat Berkarya

Ikuti Job Preparation Workshop bersama saya, Rabu 6 Februari 2018


TIPS DAN TRIK KARYAWAN BARU, MENJADI KARYAWAN BARU, TIPS UNTUK ANAK MAGANG, CARA MELAMAR KERJA, PERTANYAAN JOB INTERVIEW, CARA MEMBUAT CV YANG BAGUS, CARA MELAMAR KERJA LEWAT EMAIL
6 comments on "5 Cara Bersikap Bagi Karyawan baru"
  1. Karyawan baru juga harus siap-siap dikasih banyak kerjaan. Kalo kata aku sih kerjain dulu aja sebagai proses belajar dan adaptasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting sesuai deskripsi jobnya..

      Delete
  2. nice sharing. sebagai karyawan baru kadang masih bingung mau ngapain, dan kadang sensitif juga. kalau ada yang ngingetin kita, dikiranya nyinyir. wkwk maklum anak baru, masih belum kenal tipikal-tipikal pekerja di kantor itu. adi harus pinter-pinter bersikap :)

    http://amirria.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi anak baik ya mbak..kuncinya...biar lancar fase adaptasinya

      Delete
  3. Kalau aku dulu waktu jadi karyawan baru biasanya jarang menolak kalau dikasih kerjaan apapun asal sesuai kapasitas. Malah jadi nilai plus juga ternyata di mata atasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. batul mbak..siapa tahu, menemukan ilmu baru..

      Delete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature