Cara Screenshot di Samsung J5, J5 Pro, dan J5 Prime

7.11.18

Cara Screenshot di Samsung J5

Sudah tahu cara screenshot Samsung J5? Meskipun beroperasi menggunakan platform yang sama namun setiap tipe Smartphone android punya cara screenshot yang berbeda-beda. Demikian juga dengan Samsung Galaxy J5.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan screenshot?

Screenshot adalah proses pemgambilan gambar (capture) yang sedang ditampilkan layar ponsel dengan cara-cara khusus. Cara ini biasanya digunakan untuk mengambil informasi atau mendokumentasikan hal-hal yang dianggap penting seperti hasil permainan, notifikasi, tampilan error, riwayat percakapan, atau sekedar iseng untuk membagikan apa yang sedang dilihat di layar ponsel.

Seperti yang kita tahu, Samsung mengeluarkan banyak sekali tipe Smartphone dengan harga spesifikasi berbeda-beda. Untuk cara screenshotnya, ada beberapa tipe menggunakan cara yang sama namun beberapa tipe terbaru menggunakan cara berbeda.

Bagaimana cara screenshot Samsung J5?

SpekSamsung J5, Samsung J5 Pro, dan Samsung J5 Prime memang sedikit berbeda namun untuk cara screenshotnya ketiga tipe Samsung J Series ini menggunakan cara yang sama. Ada 3 cara untuk capture atau screenshot Samsung J5 yaitu dengan tombol kombinasi (menekan beberapa tombol bersamaan), Palm Swipe Capture, serta cara untuk screenshot panjang.

1. Screenshot dengan tombol kombinasi

Tentukan area yang ingin di-capture pada layar ponsel. Pastikan semua sisi yang akan diambil sudah sesuai. Selanjutnya tekan tombol Home + Volume bawah secara bersamaan. Tombol Home terletak di tengah bawah layar dan tombol Volume di sisi kanan atas ponsel.
Ingat, harus ditekan bersamaan, jangan bergiliran. Tahan hingga perangkat merespon. Proses screenshot selesai setelah terdengar bunyi shutter kamera bersamaan dengan layar berkedip.

2. Screenshot dengan Palm Swipe Capture

Sebelum menggunakan cara screenshot ini aktifkan dulu fitur Swipe Capture di perangkat Samsung J5. Buka menu “Settings” lalu pilih “Advanced Feature” pilih “Palm Swipe to Capture” kemudian aktifkan. Jika fitur ini sudah aktif tinggal mengusapkan jari-jari ke layar ponsel untuk screenshot tampilan layar.

Setelah itu tentukan target di layar ponsel yang ingin di-screenshot lalu usapkan jari-jari dari kanan ke arah kiri. Jika sudah terdengar suara shutter kamera dan layar berkedip maka proses screenshot sudah selesai.

3. Screenshot panjang (Scroll Screenshot)

Scroll screenshot adalah cara mengambil tampilan layar namun tidak hanya sebatas yang terlihat di layar ponsel saja melainkan seluruh isi layar baik bagian atas maupun bawah yang tidak terlihat di layar ponsel.

Untuk menikmati fitur screenshot panjang atau scroll screenshot ini harus melalui menu “Settings” kemudian pilih “Advanced Features” lalu  pipih opsi “Smart Capture”. Berikutnya Anda bisa mengambil gambar tampilan layar menggunakan tombol fisik maupun Palm Swipe Capture.

Setelah terlihat layar berkedip sesaat, maka hasil screenshot akan tampil dan secara otomatis juga tampil menu Scroll Capture. Selanjutnya klik opsi Scroll Capture tersebut. Jika sudah berikutnya akan muncul instruksi untuk mengambil screenshot panjang hingga ke bagian bawah.


Seluruh hasil screenshot Samsung J5, J5 Pro, dan J5 Prime bisa dilihat di gallery ponsel atau file manager. Buka menu gallery atau file manager kemudian temukan folder Screenshot. Seluruh hasil screenshot tersimpan di folder tersebut.

Cara screenshot Samsung J5 tadi sekaligus bisa dijadikan informasi bahwa semua merk ponsel berbasis android sudah dilengkapi dengan cara screenshot masing-masing. Dengan demikian untuk dapat meng-capture tampilan layar ponsel kita tidak perlu melakukan rooting pada perangkat. Screenshot juga tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga yang berbayar maupun tidak berbayar. 

Oiya, kalau kamu mau lihat spesifikasi handphone Samsung J5 dan J7 bisa di klik link ini
 https://review.bukalapak.com/gadget/daftar-harga-dan-spek-samsung-galaxy-j5-dan-j7-21136


Let's be friends!


Instagram | Facebook | Twitter

See you on the next blogpost.




Thank you,


1 comment on "Cara Screenshot di Samsung J5, J5 Pro, dan J5 Prime"
  1. ternyata banyak cara screenshotnya..aku kira yang cuma swipe kanan doang mbak

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature