Kerja Sambil Liburan, Kenapa Nggak?

26.1.20
BLOGGER SEMARANG

Kenapa ya akhir- akhir ini tiap mau liburan harus mikir panjang lebar? Mulai dari menyesuaikan jadwal, persiapan tiket dan akomodasi, sampai segala persiapan tetek bengek barang bawaan yang butuh dipikirkan baik-baik.

Iya sih, memang nggak bisa sesimple dulu kala masih single. Sejak ada anak, lebih banyak hal yang dipertimbangkan. Apalagi harus menyesuaikan jadwal sekolahnya juga.

Itu kenapa saya sekarang suka curi- curi kesempatan. Tiap ada jadwal kerjaan ke luar kota, sekalian aja ajak keluarga. Perasaan di hati juga lebih tenang, soalnya nggak kepikiran ninggal anak dan suami. Pergi bareng- bareng, segala keribetan dan kesenangan bisa ditanggung bareng.

Ada beberapa tips nih dari saya, kalau mau ngurusin kerjaan ke luar kota sekaligus ajak keluarga buat liburan. Biar kerjaan beres, keluarga juga seneng.

1. Persiapkan detail pekerjaan


Sebelum mengatur urusan lain, pastikan kebutuhan terkait pekerjaan sudah tersedia. Misal nih, kita harus pitching atau rapat dengan klien, atau ngejob MC atau jadi pembicara seminar, semua kebutuhan materi, power point, berkas- berkas semua sudah dipersiapkan dengan baik. Termasuk juga kesiapan laptop, atau perangkat lain yang dibutuhkan. File - file selain tersimpan dalam hardisk, pastikan juga di backup di flashdisk dan unggah di cloud computing sepeti dropbox atau google drive.

2. Atur perjalanan dan akomodasi


Jika mengajak keluarga, usahakan untuk menyiapkan jadwal yang lebih longgar terkait keberangkatan. Supaya tidak terlalu mepet. Misalkan, jika kerjaan kita di hari Senin, maka sebaiknya hari Sabtu atau Minggu kita sudah berada di lokasi tujuan. Syukur- syukur udah dapat hotel atau penginapan yang nyaman. Sehingga kita punya waktu untuk beristirahat.

GRAND MERCURE JAKARTA


Nah, jika menjadwalkan liburan, sebaiknya ambil jatah libur setelah pekerjaan tunai dilakukan. Agar pikiran dan badan lebih santai dan bisa menikmati liburan bersama keluarga.

3. Pisahkan barang bawaan antara pekerjaan dan liburan


Agar barang bawaan tidak tercampur, pastikan memisahkan barang bawaan untuk bekerja dan untuk liburan. Selain itu, juga menghindari berkas- berkas pekerjaan terkena kotoran atau basah akibat bawaan yang lain.

4. Buat daftar kegiatan


Jika mengajak keluarga, pastikan untuk mendiskusikan berbagai rencana selama berada di luar kota. Tulislah sebuah daftar  kegiatan yang bisa dilakukan suami dan anak pada saat kita ada jadwal bekerja. Apakah stay di hotel atau mereka akan ke mall atau mengunjungi tempat wisata. Pikirkan juga pilihan makanan untuk keluarga saat kita meninggalkan mereka untuk urusan pekerjaan.

5. Selesai bekerja, fokus liburan


Jika pekerjaan sudah selesai, maka tutup semua urusan dan fokus liburan bersama keluarga. Agar kita bisa menikmati liburan tanpa terbebani urusan pekerjaan meskipun belum selesai. Kita bisa membuka pekerjaan kembali, saat anak dan suami tidur atau ketika sudah kembali ke rumah.

Intinya, tetap ada komunikasi dengan pasangan ketika mengatur dan mempersiapkan semua kebutuhan bisnis dan liburan.

Nah, beberapa waktu lalu kebetulan saya sedang ada agenda meeting ke Jakarta. Karena saya rasa durasi kerja tidak terlalu lama, maka sekalian saja saya ajak suami dan anak untuk liburan. 

Setelah memilih jadwal penerbangan yang sesuai, saya coba untuk mencari hotel yang dekat dengan lokasi tempat saya meeting  yakni di daerah Taman Sari, Jakarta Pusat.

Tanpa berpikir lama, saya buka aplikasi Traveloka untuk memdapatkan rekomendasi hotel di area Jakarta Pusat. Saya sesuaikan pada aplikasi hari dan tanggal check in dan jumlah kamar yang dibutuhkan. Akhirnya saya memilih untuk memesan kamar di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta. Dari ulasan pelanggan di Traveloka, hotel ini punya rating yang bagus dan lokasi strategis.

GRAND MERCURE JAKARTA


Hari yang ditunggu tiba, dan sampai juga saya bersama suami dan anak di Jakarta. Dari Halim Perdana Kusuma, saya menggunakan fasilitas taksi online menuju Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta. Wah, ternyata hotel ini memang tidak mengecewakan. 

Di depannya tepat ada Gajah Mada Plaza, jadi suami dan anak bisa main ke sana ketika saya tinggal kerja. Ketika malam hari juga banyak pedagang yang berjualan di area depan hotel. Nggak repot deh cari makan malam. Yang bikin tambah happy, hotel ini punya fasilitas kolam renang. Cocok kan buat ajak anak main.

HOTEL NYAMAN DI JAKARTA


Memang kalau mencari rekomendasi penginapan seperti hotel, villa dan apartemen di Traveloka selalu tepat dan memuaskan. Selain harga yang tertera di aplikasi adalah harga yang kita bayar, ternyata Traveloka punya fitur yang memudahkan kalau kita mau reschedule

Bisa aja kan, kita udah bookingeh ada agenda mendadak. Nah, dengan fitur EASY RESCHEDULE kita bisa atur ulang jadwal booking kamar yang kita lakukan sebelumnya di Traveloka.

Caranya cukup mudah :
1. Masuk ke akun Traveloka melalui aplikasi Traveloka. Lalu pilih Pesanan.
2. Pilih Reschedule pada pesanan yang ingin kita ubah.
3. Masukkan tanggal inap baru yang diinginkan, kemudian ketuk Cari
4. Pilih kamar, lalu proses ke Pembayaran

Untuk masalah pembayaran juga nggak ribet. Kita bisa bayar langsung di hotel saat check- in baik secara cash maupun dengan kartu debit maupun kredit. Fitur PAY AT HOTEL ini membantu banget, apalagi jika kita mendapat tugas mendadak ke luar kota dari kantor dan belum mempersiapkan akomodasi jauh-jauh hari sebelumnya.

Pengen liburan atau staycation tapi dana mepet? Nggak perlu khawatir. Traveloka ada fasilitas PAYLATER, yang memberikan kemudahan dalam membayar kamar hotel atau penginapan tempat kita menginap dengan cara dicicil tanpa menggunakan kartu kredit. Fasilitas ini aman karena didukung oleh Danamas dan mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sistem penagihan juga beretika, sehingga tamu akan merasa nyaman ketika akan, saat dan setelah menginap.

Sejak ada Traveloka, jujur aja urusan memilih akomodasi ke luar kota jadi lebih sederhana. Termasuk ketika ada agenda bisnis dan liburan bareng keluarga. Saya bisa booking via aplikasi, dan kalau ada perubahan jadwal bisa atur ulang jadwal dengan mudah. Urusan pembayaran juga gampang, mau transfer bisa, mau bayar langsung di hotel juga bisa. Kalau mau dicicil nunggu reimbursment dari kantor, bisa juga. Sesuaikan ajalah dengan kebutuhan.

Oiya, saya ada satu tips lagi nih. Kalau kamu udah sampai di kota tujuan tapi masih bingung mau menginap di mana, coba deh pakai fitur HOTEL NEAR YOU di aplikasi Traveloka. Kamu bisa langsung mendapatkan rekomendasi hotel, villa, apartement dan penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan pilihanmu.

Selamat kerja sambil liburan ya...

BLOGGER KOTA SOLO



See you on the next blogpost.






Thank you, 




1 comment on "Kerja Sambil Liburan, Kenapa Nggak?"
  1. Enak juga ya bisa kerja sambil liburan, apalagi ada fitur Easy Reschedule di Traveloka. Bisa banget sambil staycation

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below. Your comments will be moderated.
(INFO : Sebaiknya berkomentar dengan URL agar komentar tidak menjadi brokenlink dan terpaksa saya hapus)

Auto Post Signature