Tips Menjadi Narasumber Talkshow di Radio

9.1.20
SARA NEYRHIZA

Banyak orang mendapatkan kesempatan utuk diundang sebagai narasumber sebuah talkshow di radio. Talkshow radio sendiri merupakan program radio yang membahas suatu topik tertentu antar 2 orang (1 host dan 1 narasumber) atau lebih dengan durasi tertentu.

Talkshow radio  bisa jadi adalah program reguler  radio, namun bisa juga accidental program karena adanya kesepakatan antara radio dengan pihak tertentu untuk mengadakan suatu talkshow. Hal ini biasanya berkaitan dengan promosi event, atau produk suatu perusahan.

Persiapan Menjadi Narasumber Talkshow di Radio

Jika kamu mendapatkan undangan atau akan melakukan talkshow di radio, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Terlebih untuk kamu yang baru pertama kali melakukan aktivitas ini.

Sebelum Hari H


1. Persiapkan materi yang akan dibahas

Penting bagi narasumber untuk menguasai materi yang akan dibahas pada talkshow radio. Tidak ada salahnya untuk menyiapkan materi tertulis, yang nantinya dapat dibawa saat talkshow berlangsung. Jika dibutuhkan, narasumber dapat memberikan naskah materi dan beberapa highlight pertanyaan kepada pihak radio agar dapat dipelajari lebih dahulu oleh penyiar radio yang nantinya akan bertugas. Sehingga baik narasumber maupu host memiliki cukup pemahaman mengenai topik yang akan dibicarakan.


2. Pastikan detal hari, tanggal, jam serta durasi talkshow

Program di radio sudah diatur sedemikian rupa., maka sebagai tamu narasumber harus tepat jadwal ketika hadir di studio. Termasuk durasi talkshow tersebut. Sehingga obrolan atau diskusi yang dilakukan bisa tepat dan tidak bertele-tele.

3. Gunakan pakaian yang sopan sesuai dengan identitas radio

Sebuah radio memiliki identitas dan karakteristik masing-masing. Maka penting bagi narasumber untuk memastikan pakaian yang dikenakan sesuai dengan identitas radio tersebut. Misalnya, ketika diundang disebuah radio dakwah, meskipun topik pembahasan bukan mengenai dakwah dan keislaman, namun penting untuk menggunakan pakaian yang sesuai dengan kesopanan.

4. Datang 15-30 lebih awal

Agar dapat mempersiapkan materi dan mental dengan baik, narsumber jangan sampai datang terlambat. Karena sebelum program talkshow radio di mulai, biasanya host akan mengobrol sebentar dengan narasumber hanya untuk sekedar berkenalan, memastikan topik dan materi bahasan dan juga mempersiapkan kelengkapan alat seperti headphone dan microphone serta posisi duduk yang nyaman.

Empat hal di atas, adalah yang sebaiknya dipersipakan sebelum hari dilaksanakan talkshow di radio. Di bawah ini adalah hal-hal lain yang perlu dipersiapakan atau ditanyakan terlebih dahulu kepada host/announcer atau program director sebelum talkshow berlangsung. 

Baja Juga : Penyiar Era Digital, Bisa Siaran Aja Nggak Cukup


Saat Hari H


1. Memastikan durasi acara

Selain memastikan durasi acara, perlu ditanyakan juga jumlah segmen dalam program talkshow yang akan dilaksanakan. Sehingga sebagai narasumber kita akan menyiapkan poin-poin mana saja yang akan disampaikan pada masing-masing segmen.


2. Nama penyiar dan call listener

Agar obrolan terlihat natural, maka kita perlu menanyakan nama penyiar dan panggilan pendengar radio (call listener). Panggilan pendengar ini beragam dan berbeda-beda di tiap radio, seperti misalnya jaka dara, dimas diajeng, sahabat kita, sobat muslim, kawula muda, dan lain sebagainya.

3. Meminta izin jika ingin menkomunetasikan talkshow

Jika ingin mengambil gambar atau video selama talkshow berlangsung, pastikan untuk meminta izin terlebih dahulu. Agar sebagai narasumber dapat berlaku sesuai peraturan yang ada.

4. Matikan atau senyapkan handphone selama talkshor berlangsung

Agar tidak menggangu jalannya talkshow, maka matikan atau mensilent nada dering pada handphone. Microphone di ruang siaran cukup peka dalam menangkap suara, termasuk bunyi notifikasi dari handphone kita.


5. Hanya minum saat break atau jeda iklan

Biasanya sebagai tamu akan disuguhkan minuman/ makanan. Agar tidak menggangu jalnnya talkshow, lebih baik minum dan makan hanya pada saat break saja, bukan saat open mic. Pastikan juga tidak meninggalkan sampah di dalam studio siaran.

6. Hindari menyebutkan nama-nama brand lain

Terkadang dalam sebuah obrolan antara announcer dan narasumber karena saking asyiknya, kita keceplosan atau tidak sengaja menyebut nama brand. Hal ini sebaiknya dihindari, terutama bila merek tersebut bukanlah partner kerjasama atau sponsor dari produk atau event yang akan kita laksanakan. Hal ini mengingat radio adalah sebuah media massa, maka segala bentuk penyebutan merek merupakan bentuk iklan.


Demikian beberapa tips dan hal-hal penting yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan talkshow di radio. Karena radio bersifat auditif maka sebaiknya saat menjadi narasumber talkshow radio, kita berbicara dengan santai dan jangan terlalu cepat. Agar informasi yang narsumber sampaikan dapat diterima dengan jelas oleh pendengar.

Baca Juga : Menjadi Penyiar Radio yang Baik dan Handal


***
RADIO DAKWAH SYARIAH SOLO

Minggu, 5 Januari 2020 saya bersama Fajrina Addien melakukan talkshow di Radio Dakwah Syariah Solo. Dalam talkshow radio  berdurasi 90 menit ini, kami berdua mengangkat topik "Present Your Best Self" Menemukan Unique Value dari Dalam Diri. Di program yang sama, kami juga melakukan promosi untuk acara workshop yang akan kami lakukan pada 18 Januari 2020.



See you on the next blogpost.






Thank you, 


Post Comment
Post a Comment

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature