Cara Mendapatkan Uang dari Blog

26.3.18
Apakah bisa mendapatkan uang dari blog? Ini salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan mereka yang masih awam dengan blog dan mereka para blogger pemula. Lalu,  pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara menghasilkan uangnya? Apakah dari pemasang iklan? Atau dari menjual sesuatu di blog?

Cara Mendapat Uang dari Blog

Obrolan terkait memonetize blog memang tidak ada habisnya. Itu mengapa saya mengundang dua orang narasumber dari komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) Solo Raya yakni Mbak Ety Abdoel (www.etyabdoel.com) dan Mbak Ranny Afandi (www.hujanpelangi.com) untuk berbagi pengalaman seru mereka di dunia blogging.

Bagaimana sebuah blog dapat menghasilkan uang?


Kedua narasumber saya menjelaskan bahwa ada beberapa cara yang membuat blog menghasilkan uang. Pertama, yakni adanya kerja sama dengan perusahaan atau brand. 

Di era influencer marketing saat ini, blogger sering diajak bekerja sama untuk mendukung aktivitas marketing (promosi) suatu produk atau perusahaan. Melalui tulisan mereka, blogger menjadi corong untuk menyebar luaskan informasi terkait produk tersebut. Aktivitas ini biasa juga disebut electronic word of mouth.

Baca Juga : Manfaat Membaca Review, Sebelum Membeli Kosmetik

Kerja sama di sini dapat berwujud :

a. Content placement : Penempatan konten iklan di blog. (Umumnya konten sudah disiapkan oleh klien)
b. Sponsored Post : Kerja sama penulisan konten (Blogger yang menulis sendiri kontennya)
c. Review produk : Blogger menuliskan pengalaman menggunakan suatu produk

Kedua, liputan event. Blogger diundang untuk datang ke suatu acara, kemudian diminta untuk menuliskan reportase (laporan) event tersebut pada blog miliknya.

Ketiga, pemasangan iklan seperti google adsense atau afiliasi dengan brand tertentu. Misalnya, blogger akan mendapatkankan fee/ komisi jika banner iklan yang terdapat pada blognya diklik oleh pengunjung lainnya (fee link referal).

Perjalanan Mbak Ety dan Mbak Ranny sebagai blogger sudah cukup lama. Mbak Ranny sendiri sudah mulai mendapatkan tawaran kerja sama di tahun 2009 dan Mbak Ety di tahun 2011. Tentu saja, pengalaman menulis mereka sudah beragam. Meski keduanya menyebut diri mereka sebagai lifestyle blogger, namun akhirnya mereka  mencoba lebih spesifik dalam memilih niche (ceruk). Seperti Mbak Ranny yang lebih berfokus pada konten kuliner dan kesehatan.

Berapa lama umur sebuah blog hingga akhirnya dilirik untuk kerja sama?


Setiap perusahan memiliki kebijakan masing-masing terkait ketentuan kerja sama dengan blogger. Namun umumnya, blog yang berumur minimal 3 bulan yang lebih sering dipilih. Juga blog dengan minimal postingan berjumlah 10. Hal ini terkait dengan reputasi blog di mata mesin pencari atau biasa disebut dengan domain authority.

Bagaimana agar blog dilirik perusahan untuk kerja sama?


Kedua narasumber saya sepakat bahwa blog harus diisi dengan konten yang informatif dan solutif. Artinya, blog menjadi media yang interaktif. Bukan sekedar sebagai tempat menumpahkan uneg-uneg atau opini penulisnya, namun juga mampu menyumbang informasi dan memberikan solusi bagi pembaca.

Blogger juga harus semakin kreatif. Postingan bukan hanya berisi tulisan, namun dilengkapi juga dengan gambar, info grafis dan video.

Selanjutnya, blogger juga harus memperhatikan tampilan atau interface dari blog. Sebuah blog yang ringan ketika diakses, responsif, navigasi yang mudah, akan membuat pembaca/ visitor betah berlama-lama membaca blog kita.

Mbak Ety juga Mbak Ranny setuju bahwa blogger juga harus mengoptimalkan social media yang dimiliki. Kerja sama yang melibatkan para influencer saat ini, biasanya juga menuntut social media milik blogger yang dikelola dengan baik. Jadi, blog saja tidak cukup, blogger juga harus merapikan social medianya.

Menulis konten berkualitas sudah, aktif di social media juga sudah, lalu apalagi? Berarti saatnya bergabung dengan komunitas. 

Bergabung dengan komunitas baik lokal maupun nasional. Jejaring komunitas akan membuka peluang yang lebih besar untuk diajak kerja sama oleh perusahaan. Jadi, jangan ragu untuk membuka diri dan berkenalan dengan blogger lain agar semakin banyak wawasan yang dimiliki.

Cara Mendapat Uang dari Blog

Satu hal yang perlu diingat, ketika memutuskan menjadi blogger yakni

Jangan menggunakan "uang' sebagai motivasi menulis.

Tetapi, niatkan dahulu untuk memberi konten informatif bagi pembaca. Jika blogger konsisten dalam menulis, selanjutkan akan datang kesempatan dan peluang lainnya.  Salah satunya yakni kesempatan bekerja sama dengan berbagai perusahan dalam aktivitas promosi perusahaan tersebut.

Jadi bagaimana, sudah siap mendapat uang dari blog? Maka jangan bosan untuk memperbaiki konten dan membangun relasi dengan blogger lainnya. Oiya, kalau menurut kamu, adakah cara lain sebuah blog dapat menghasilkan uang? Bagi pengalamanmu di kolom komentar ya..


#SKYTALK
Catatan Siaran Sara Neyrhiza di segmen Inspirasi Pagi, Program Gesma Kirana.
Kamis, 22 Maret 2018
Pukul 09.00- 10.00 WIB
97.6 GESMA FM 

Sara Neyrhiza

16 comments on "Cara Mendapatkan Uang dari Blog"
  1. Terimakasih mba, sudah menuliskan obrolan kita tempo hari.
    Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Ety sudah mau berbagi..salam buat mbak Ranny juga

      Delete
  2. wah bener bener suhu semua disini..
    harus banyak belajar dari emak emak keceh...

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banget mbaak, udah dirangkum semuanya. ^^ Senang bisa diundang di acara mbak Sara. Sukses selalu ya, mbak. ^^

    ReplyDelete
  4. setuju niatkan memberikan konten yang informatif y mba :) next semuanya mengikuti

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan semangat berbagi mbak..bukan cuma materi

      Delete
  5. Dari lomba juga bisa mba, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..betul sekali mbak..poin yang bisa dimasukkan

      Delete
  6. Terima kasih untuk sharingnya mba, bermanfaat sekali untuk saya yang masih pemula.

    Saya baru bikin blog bulan januari kemarin. tapi DA/PA nya masih belum naik hikss.
    Tapi belajar untuk konsisten aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nulis terus mbak..dan rajin bw..saya juga baru sekitar 8 bulanan pake TLD

      Delete
  7. Duuhhh.. ternyata masih banget banget yang mesti aku pelajari biar bisa dapet penghasilan dati blog. Makasih Mbak Sara, udah sharing pengalamannya.. 😄

    ReplyDelete

Terima kasih ya sudah berkunjung dan berkomentar.
Maaf, komentar dengan link hidup akan dihapus.

Salam

Auto Post Signature