Wahana Jejak Nutrisi Taman Pintar Yogyakarta, Belajar Proses Pembuatan Susu. Seru!

16.9.18
WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR YOGYAKARTA

Lila baru saja menghabiskan susu kotak miliknya. Diperhatikan kotak itu lama-lama sambil memikirkan sesuatu. Anak saya yang berusia 3,5 tahun ini memang sedang penuh rasa ingin tahu. Dia juga lebih kritis melihat hal-hal disekitarnya.

"Susu ini dari sapi ya, Mah", tanyanya kemudian. 
"Iya, Dek", jawab saya. 
"Kok susu sapi bisa masuk ke kotak ini, caranya gimana, Mah?", tanya dia lagi.
"Sapi diperas sampai keluar susunya. Terus susu tadi dibawa ke pabrik. Terus dimasukin ke kotak-kotak ini", jelas saya lagi.

Dari wajah Lila, saya tahu bahwa dia belum cukup puas dengan jawaban saya. Saya hanya mampu memberikan gambaran umum mengenai proses pembuatan susu. Detail sterilisasi dan higienitas tidak saya paparkan dengan baik. Saya ragu akan kemampuan pemahamannya.

"Besok ke pabrik susu yuk, Mah". Kali ini Lila berkata dengan semangat. Aduh, main ke pabrik susu, mana mungkin, batin saya sambil tertawa.

***

Petualangan Pabrik Susu


Sesi mengobrol dengan Lila beberapa waktu lalu langsung terbersit dalam ingatan ketika saya melakukan Media Visit ke Taman Pintar, Yogyakarta.  Bagi wong Jogja dan sekitarnya, seperti saya yang orang Solo, Taman Pintar menjadi destinasi pilihan yang menyajikan pengalaman edukatif bagi anak-anak. Taman Pintar merupakan arena rekreasi keluarga yang sarat akan sains dan teknologi. Areanya luas, terbagi menjadi area indoor dan outdoor.

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR
PAUD Barat dan Timur di Taman Pintar

Di Gedung Kotak Lantai 2 ada wahana baru, namanya Wahana Jejak Nutrisi. Wahana Jejak Nutrisi ini adalah wahana edukasi yang berisikan permainan interaktif. Anak-anak dan pengunjung yang datang dapat memiliki pengalaman layaknya berada di dalam pabrik Sarihusada, produsen susu SGM Eksplor.

Saya jadi ingat keinginan anak saya untuk main ke pabrik susu. Hal ini tentu tidak mungkin dilakukan mengingat pabrik susu harus terjaga keamanan dan kebersihannya untuk menjaga kualitas susu. Itu mengapa, hadirnya Wahana Jejak Nutrisi ini menjadi alternatif untuk memberikan pemahaman ke anak bagaimana proses susu itu dibuat. Selain menambah pengetahuan, anak juga akan memahami bahwa apapun yang dia konsumsi tidak bisa didapat secara instan. Ada proses panjang yang harus dilakukan. Sehingga anak akan menghargai tiap rejeki atau nikmat makan minum yang dia rasakan setiap harinya.

Saya beruntung bisa ikut merasakan serunya berada di Wahan Jejak Nutrisi yang baru dibuka tanggal 14 September 2018 ini. Dan pastinya sudah tidak sabar ingin mengajak Lila kemari. Kapan ya enaknya, balik Jogja lagi....


Bersama Mombassador, Bunda Dyah dan Bunda Fiska

Baca Juga : Serunya Menjadi Mombassador SGM Eksplor

Ada Apa di Wahana Jejak Nutrisi

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR
Pintu Masuk area Wahana Jejak Nutrisi
Wahana Jejak Nutrisi merupakan dukungan terbaru dari SGM Eksplor kepada pengunjung Taman Pintar. Visi Misi Taman Pintar untuk menjadi sarana bermain sambil belajar selaras dengan cita-cita SGM Eksplor untuk mendukung Anak Generasi Maju, yang optimal seluruh potensinya. Keren ya..

Menurut Nessi Purnomo, MSi.Psikolog, permainan Wahana Jejak Nutrisi ini bagus lho untuk mengasah 5 Potensi Anak Generasi Maju, yakni :

1. Cerdas kreatif
2. Ketrampilan aspek motorik yang baik
3. Anak tumbuh tinggi dan kuat
4. Anak supel, mandiri dan percaya diri, serta
5. Kemampuan pemahaman akan proses

Saya sebagai ibu yang mengalami sendiri asyiknya Wahana jejak Nutrisi ini, jadi bersemangat ketika melihat gambaran proses pembuatan susu SGM Eksplor, yang ternyata didasari dengan riset ilmiah panjang dan teknologi mutakhir.

Ingin tahu, serunya Wahana Jejak Nutrisi, bisa dilihat di video di bawah ini :


Milking Cow Simulation

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR

Ketika berada di depan Wahana Jejak Nutrisi, ada dua buah patung sapi yang penuh gambar seluruh tubuhnya. Nah, melalui wahana ini, anak-anak akan bertambah wawasannya mengenai proses memerah susu sapi. Si Kecil juga bisa lho belajar mengenal warna, bentuk benda, jenis sayur dan buah, juga berbagai protein.

Sterilization Simulation

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR

Cara Bermain : Tuas digerakkan dengan tangan

Saat menggerakkan tuas tangan, aspek tumbuh tinggi dan kuat jadi terasah. Agar anak belajar mandiri, sebaiknya anak tidak perlu dibantu ya, Bunda. Di sini juga ada informasi mengenai proses sterilisasi susu.

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR

Pop Suit Mania

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR
Serunya permainan AR ini

Eh, ini adalah permainan kesukaan saya! Jadi kita tinggal berdiri di depan layar berukuran besar ini, lalu secara otomatis akan tampak gambar diri sedang memakai jas lab. Keren deh teknologi Augmented Realitynya!

Karena permainan ini mengasyikkan, pastikan tetap antri dengan rapi dan jangan berebut ya..

Sebelum menuju kepermainan selanjutnya, kita akan melewati sebuah gerbang. Nah, ketika lewat akan ada lampu dan suara alarm yang menyala, seolah-olah tubuh kita sedang di-sterilisasikan dari kuman. Di sini kita sekaligus memahami, bahwa aktivitas dipabrik susu harus terjaga higienitasnya.

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR
Gerbang Sterilisasi


Mix City Game

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR
Belajar Elemen Nutrisi

Sudah tahu kan, bahwa susu itu kaya nutrisi. Di permainan ini si Kecil dapat memperluas wawasan tentang elemen nutrisi dan kandungan gula.

3 Countries Collaboration Video

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR

Susu SGM Eksplor itu proses risetnya dilakukan oleh tim riset dari 3 negera yakni Indonesia, Belanda dan Singapura. Sebagai gambaran, di dinding terdapat 3 layar bergambar 3 orang ilmuan yang sedang bekerja di laboraturium.

Cara Bermain : Coba sapalah ilmuan tersebut dengan berkata "Selamat Pagi/ Good Morning atau Goedenmorgen"

Permainan ini akan menambah kemampuan berbahasa anak, serta kemampuannya bergaul dengan orang lain.

Pack Hero

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR

Permainan ini memberikan informasi bagaimana proses pengemasan susu SGM yang sedang diproduksi. Wawasan anak tentu saja bertambah. Selain itu aspek tumbuh tinggi dan kuat si Kecil juga terasah.

Cara bermain : Injak tombol yang menyala sesuai dengan proses pengemasan yang sedang dilakukan.

Seru lho kalau permainan ini dimainkan dengan teman. Anak juga akan lebih cerdas dan supel serta belajar bekerja sama dengan temannya.

Milk Production Processs Steps

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR
Proses lengkap pembuatan susu

Permainan ini akan memberikan gambaran lengkap proses pembuatan susu SGM Eksplor. Mulai dari proses pemerahan susu sapi, sterilisasi, evaporasi, riset dan inovasi hingga proses pengemasan susu yang diproduksi di pabrik Sarihusada.

Cara bermain : Putar tuas dengan tangan hingga lampu menyala

Memutar tuas dengan tangan ini akan meningkatkan aspek tumbuh tinggi dan kuat. Dan yang pasti, wawasan mengenai proses produksi susu juga bertambah.

Play gives children a chance to practice what they are learning.
Bagaimana, menyenangkan sekali kan Wahana Jejak Nutrisi Petualangan Pabrik Susu di Taman Pintar ini? Duh, kalau Lila saya ajak ke sini pasti dia akan girang banget, ketawa-ketawa sambil semangat memainkan tuas. Atau dia malah pengen naik patung sapinya?

WAHANA JEJAK NUTRISI TAMAN PINTAR
Foto bersama seusai sesi talkshow

Memang ya, aktivitas belajar jika dilakukan dengan permainan seperti ini akan memberikan pengalaman yang berbeda untuk anak. Terlebih, anak bisa mencoba langsung setiap permainannya sehingga terasa seperti "melakukan aktivitas yang nyata di pabrik". Saya juga jadi ingat yang dikatakan Mbak Talitha Andini Prameswari, Digital Community & Social Project Manager Danone ELN Indonesia, bahwa pengalaman interaktif ini selain mengedukasi juga mampu mengasah imajinasi anak-anak. Anak-anak akan semakin cerdas dan mampu berinteraksi positif dengan lingkungannya.

Nah, buat Bunda, yuk ajak ke Wahana Jejak Nutrisi Taman Pintar juga...

Let's be friends!

Instagram | Facebook | Twitter

See you on the next blogpost.


Thank you,


42 comments on "Wahana Jejak Nutrisi Taman Pintar Yogyakarta, Belajar Proses Pembuatan Susu. Seru!"
  1. Kalau para ibu-ibu udah ketemu, gua minggir aja deh... wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru kalik kalau ketemunya sama emak-emak gini..haha

      Delete
  2. Seru banget mbak Sara. Yuk, ke sini lagi

    ReplyDelete
  3. Lengkapnya wahana pengetahuan yang diperoleh jika ke tempat ini yaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak..mengedukasi anak-anak dan orangtuanya juga

      Delete
  4. manteb banget ini mbak di taman pintar yogyakarta. jadi inget jaman dulu banget, terakhir kesini waktu masih jaman anak sma. hahaha, kebayang banget kalau sekarang banyak banget perubahan disana sini. dan pasti makin bertambah banyak science

    ReplyDelete
  5. Seru banget bawa anak ke Wahana Jejak Nutrisi ini. Edukatif dan menghibur.

    ReplyDelete
  6. 3 tahun lebih tinggal di jogja, aku baru tau di rumah pintar ada wahana ini

    ReplyDelete
  7. wuah ini SGM memang makin-makin deh ya momambassadornya keren-keren hehe

    ReplyDelete
  8. jejak nutrisi ini acara yang keren yaa, banyak wahana-wahana seru

    ReplyDelete
  9. Wahana edukatif yaaa mbak. Jadi inget dulu aku pernah audit di pabrik susu. Masuk ke pabrik liat semua prosesnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ajak anak ke pabrik susu kan susah tuh ya mbak, makanya ke wahana jejak nutrisi aja..

      Delete
  10. Seru bangeeeeet! Super edukatif! Jadi kepingin deh berkunjug ke taman pintar ini. Kalau bisa lihat proses pembuatan susu seperti ini kita juga jadi tahu ya kualitas susu yang dihasilkannya.

    ReplyDelete
  11. Waktu ke Yogya mau mampir kesini tapi ga sempet belum kesampean juga. Sekarang ada wahana baru gini jadi tambah pengen. Makasih infonya ya Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi bisa di agendakan lagi nih jalan-jalan ke jogja

      Delete
  12. Aih, seru banget wahananya, anak-anak bisa belajar banyak nih. Taman pintar memang bikin pintar :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak banget wahana menarik di Taman pintar. Nggak rugi ajak anak ke sini

      Delete
  13. Waah seruuu.. Kalo ke jogja wajib mampir nih sama anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wajib..apalagi dekat dengan destinasi wisata lainnya seperti Benteng Vredenburg juga

      Delete
  14. Wah asyik nih kalau ngajakin narend kesana..pasti seru

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru mbak..menambah wawasan anak-anak pastinya

      Delete
  15. Baru tahu kalau di Jogja ada wahana ini. Anak2 pasti seneng banget kalai diajak kemari. Apalagi mereka penggemar susu, jd bs tahu langsung proses pembuatan susu

    ReplyDelete
  16. Jumat lalu aku ke Jogja, udah rencana mau ke Taman Pintar ini eh gak jadi. Next mesti singgah dah. Bagus banget ya ada tambahan wahana jejak nutrisi ini, sangat mengedukasi anak-anak.

    ReplyDelete
  17. Taman Pintar ini memang alternatif tujuan wisata ke jogja. tiketnya murah dapetnya banyak

    ReplyDelete
  18. Seru banget ya mbak.Bisa lengkap gini permainannya. Padahal ini baru salah satu wahana

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya satu wahana aja udah seru..bakal puas banget kalau keliling2..pagi sampai siang deh

      Delete
  19. setuju mba. anak ank perlu belajar proses agar tidak serba instan mindsetnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu pembelajaran untuk anak di era milenial ya, belajar menghargai proses

      Delete
  20. Wahhh seru sekali . Apalagi Mengajak si buah hati bermain sambil belajar itu pasti lebih berkesan.

    ReplyDelete
  21. Keren mbak Sara, jadi tahu kalau ada wahana ini di Taman Pintar

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren ya..salut untuk Sarihusada yang mensupport wahana ini

      Delete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
Please leave your comment below.

Auto Post Signature