Aroma Tubuh, Bahasa Nonverbal Master of Ceremony (MC)

10.1.20
REVIEW VITALIST BODY WASH

Ingin sebuah event sukses dan berjalan lancar? Berarti butuh master of ceremony alias MC. Tanpa MC sebuah acara akan menjadi tidak teratur. Bisa aja sih sie acara atau ketua panitia merangkap sebagai MC sekaligus, tapi jangan heran kalo acara jadi amburadul karena beban pekerjaan terlalu banyak. Jadi sebuah event memang membutuhkan orang yang khusus bertanggungjawab terhadap jalannya acara dari mulai hingga selesai.

Sudah lebih dari 10 tahun, MC menjadi salah satu freelance job saya. Umumnya, saya mengambil tema-tema yang tidak jauh dari dunia edukasi, bisnis dan komunitas. Sekian lama berkecimpung di aktivitas public speaking ini, ternyata menjadi MC tidak hanya membutuhkan kecakapan dalam berbicara. Selain berkomunikasi secara verbal, master of ceremony juga dituntut mampu membawa diri dengan baik, yakni melakukan komunikasi nonverbal bahkan sejak pertama kali berdiri di hadapan audience suatu event.

Biasanya dalam berkomunikasi nonverbal, seseorang akan fokus bagaimana mengendalikan bahasa tubuhnya (body languange) seperti postur, gestur, voice dan eye contact. Padahal sebenarnya ada detail- detail lain yang juga tidak kalah penting. Seperti pakaian yang dikenakan serta aroma tubuh.

Personal Style Seorang Master of Ceremony


Jika berbicara mengenai gaya seseorang tentu akan berkaitan dengan evolusi gaya hidupnya. Pengalaman, interaksi maupun referensi seseorang akan mendasari bagaimana ia memilih gaya tertentu untuk dirinya. Termasuk juga bagaimana penerimaan terhadap tubuh yang dimiliki (self love).

Ketika seorang master of ceremony harus berbicara di hadapan banyak orang, first impression dari audience tidak melulu berasal dari stimulus bahasa tubuh. Tetapi  juga gaya berbusana dan riasan wajah. Maka menjadi penting bagi para public speaker menemukan personal stylenya agar ketika berinteraksi dengan orang lain dia dapat mempresentasikan dirinya dengan baik dan penuh percaya diri.

Ada beberapa gaya yang umumnya mewakili penampilan seseorang seperti 

1. Natural / Relaxed ✔️
2. Classic / Traditional ✔️
3. Artistic / Creative ✔️
4. Dramatic / Edgy ✔️
5. Romantic / Feminine ✔️
6. Alluring / Sexy ✔️

Pilihan gaya dipengaruhi bagaimana seseorang  menggambarkan gaya  dan apa yang penting dalam hal berpakaian bagi dirinya. Termasuk sifat kepribadian serta tujuan dalam memilih gaya tersebut.

Saya adalah pemilik gaya natural casual. Memilih potongan pakaian yang sederhana, minim detail dan motif, menggunakan bahan menyerap keringat seperti katun dan denim, dan bermain dalam colorblock. Berbeda saat menjadi MC, pilihan warna pakaian yang saya kenakan akan lebih fleksibel, tergantung dengan color identity acara atau perusahaan yang menghire. Dengan gaya demikian, saya merasa lebih santai, playfull, energic dan bebas berkeringat tanpa takut bau ketek.


Selalu Wangi Bikin Percaya Diri


Selain mempresentasikan secara visual melalui pakaian yang dikenakan serta membawa personal style yang kita banget, percaya diri menjadi aset utama seorang master of ceremony. Apa gunanya pintar bicara, apa fungsinya wajah cantik dan berpakaian bagus, kalau sebagai MC kita tidak memiliki percaya diri menunjukkan diri kita di hadapan banyak orang.

Percaya diri bukanlah suatu bakat, tetapi mental yang harus dipersiapkan dan dilatih. Jika memakai pakaian yang sesuai kepribadian adalah hal penting, maka merawat tubuh agar sehat dan segar adalah kunci utama tampil percaya diri.

Apa pun yang melekat pada diri seorang MC  menjadi aspek yang dipertimbangkan dalam kegiatan berbahasa dan berkomunikasi. Termasuk aroma tubuhnya.
Bila seseorang mengeluarkan suatu bau atau aroma yang tidak disukai oleh lawan bicara, maka bisa jadi kegiatan berkomunikasi menjadi terhambat atau terganggu.

Dalam bahasa nonverbal, aroma (dari tubuh, sabun, parfum, lotion, dll) masuk dalam dimensi olfaktori.

Sebelum berangkat bekerja sebagai MC, wajib saya pastikan dulu tubuh saya bersih dan segar. Badan yang bersih membuat pikiran saya lebih jernih, dan ringan dalam membawa diri. Itu mengapa urusan memilih body wash bukan hal sepele buat saya. Bersih aja belum cukup, tapi juga mampu meninggalkan keharuman yang lebih lama di tubuh. Seperti Vitalis Body Wash.

Sebelumnya, saya mengenal Vitalis sebagai merek parfum. Saya sempat bertahun-tahun memakai Vitalis Blosssom dengan kemasan warna pink dan setia tersimpan di tas saya setiap hari. Feminim, glamor, mewah dan tahan lama.

Dengan rekam pengalaman sebelumnya, maka bukan hal yang mengagetkan buat saya kalau Vitalis Body Wash ini memberikan sensasi #MandiParfum. Ketika pertama kali menemukan di supermarket, saya terlebih dahulu melakukan tes terhadap wanginya. Saya berharap dengan hanya memakai body wash saat mandi, bisa secara instan memberikan wangi di tubuh saya seolah-olah sudah memakai parfum.

Dan hasilnya, sabun kecantikan ini berhasil membuat kesan elegan dan feminim yang kuat. Pemilihan aroma wewangian dari Vitalis body wash juga tidak pasaran, karena dilakukan riset terlebih dahulu mengenai olfactive (aroma karakter) yang disesuaikan dengan pasar Indonesia.

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash dikemas dengan botol reguler yang elegan, seolah menampilkan siluet tubuh wanita yang menawan. Hadir dengan tiga pilihan wewangian White Glow (vitalis warna pink), Fresh Dazzle (vitalis warna hijau) dan Soft Beauty (vitalis warna ungu)

Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty Kesukaan Saya


Saya akan ajak kamu untuk berkenalan dengan tiga variasi keharuman dari Vitalis Body Wash yang sudah saya pakai untuk mandi setiap hari. White Glow, vitalis dengan kemasan warna pink memiliki top notes wangi buah  Cherry dan Raspberry, sedangkan middle notesnya adalah Marshmallow dan Gardenia yang memberikan kesan manis dan feminim. Jika kamu usapkan ke seluruh tubuh saat mandi, kita akan mencium bootom notes aroma Woody dan Suede yang memberikan sensasi aroma glamor.


Teksturnya sama seperti sabun cair kebanyakan, dan berwarna putih susu karena di dalamnya terdapat ekstrak Milk dan Licorice. Selain wanginya yang tahan lama, White Glow memberikan sensasi bersih, segar dan busa yang melimpah. Jika rutin memakainya, varian ini juga diklam membuat kulit nampak bercahaya.


Vitalis warna hijau adalah varian kedua yang saya coba. Pertama mencium wanginya, langsung bisa terasa kesegaran jeruk di dalamnya. Pantas saja, rupanya varian Fresh Dazzle  ini mengandung ekstrak Yuzu Orange danTeh Hijau yang kaya anti oksidan. Jika kamu adalah penyuka wewangian buah, Fresh Dazzle memberikan top notes wangi jeruk Bergamot dan Floral Bouquet. Semakin lama menggunakannya, bottom notes Musk Amber  akan menempel lebih lama  pada tubuh.


Nah, yang ketiga ini adalah yang paling saya suka. Soft Beauty, vitalis warna ungu. Saya yang mengalami kulit kering, merasa terbantu ketika menggunakan varian Soft Beauty ini.  Soft Beauty mampu membuat kulit saya terasa lembab bahkan setelah mandi dengan air panas sekalipun. Tidak sembarangan, karena di dalamnya ternyata diperkaya dengan Vitamin E dari ekstrak Avocado yang ampuh melembutkan kulit. Wanginya terasa menyenangkan dengan kesan femenim yang kuat dengan notes Rosedan Violet dan diakhiri dengan manisnya Tonka Bean dan Sandalwood alias cendana.

Mandi dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash dengan aroma parfum yang mewah membuat saat me time membersihkan diri di kamar mandi menjadi menyenangkan. Bukan hanya badan jadi bersih dengan kulit yang lembut dan lembab, namun juga mampu menjernihkan pikiran dan memotivasi untuk tampil lebih percaya diri terlebih saat saya akan tampil sebagai master of ceremony.

Saya yakin kamu bisa segera mencobanya, karena Vitalis body wash dapat ditemukan diberbagai minimarket seperti alfamart, indomart, maipun retail besar seperti hypermart, transmart, dll dengan harga mulai dari Rp 16.000,- untuk kemasan botol 200ml dan Rp 27.000,- untuk kemasan refill 450ml.

See you on the next blogpost.






Thank you, 

16 comments on "Aroma Tubuh, Bahasa Nonverbal Master of Ceremony (MC)"
  1. bener ya jadi mc hrs wangi sepanjang hari

    ReplyDelete
  2. Betul banget. Aroma tubuh memang seolah berbicara. Cuma tidak setiap orang menyadarinya. Termasuk juga mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Jadi memang merawat dan menjaga kebersihan tubuh itu gak bisa dinomorduakan.

    ReplyDelete
  3. Wah samaan nih body wash-nya. Kalau saya paling suka yang warna hijau Fresh Dazzle itu, Kak. Wangi banget soalnya. Tapi di rumah lagi habis Fresh Dazzle-nya, jadi sekarang pakai yang Soft Beauty. Wanginya juga enak dan lembut di kulit. Suka banget pokoknya.

    ReplyDelete
  4. Ini toh rahasia percaya dirinya kak Sara, btw aku tuh penasaran banget dengan wanginya Fresh Dazle ini deh. Lihat Vitalis bertebaran dibeberapa instagram jadi bikin aku kepengen nyobain juga.

    ReplyDelete
  5. wangi wangi jadi bikin makin percaya diri ya. jalani aktivitas juga makin semangat berkat mandi dgn vitalis body wash

    ReplyDelete
  6. suka dengan aroma Fresh Dazzle jadi berasa skin refreshing, dan efeknya untuk kulit terasa segar, halus dan lembut.

    Segarnya aroma parfum jeruk bergamot, elegan sekaligus feminin ditambah musk amber, ekstrak yuzu orange, serta antioksidan dari green tea, membuat Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle jadi alternatif pertama untuk mandi mewah!

    ReplyDelete
  7. Tubuh bersih dan segar itu koentji ya mak, untuk lakuin aktivitas apapun. Kalau udah segar, wangi jadi semangat deh untuk kerja.
    Belum pernah coba Vitalis, tapi penasaran dengan #MandiParfum ini. Next time mau coba beli ah.

    ReplyDelete
  8. Saya setuju dengan : Merawat tubuh agar sehat dan segar adalah kunci utama tampil percaya diri.

    Apalagi kalau ditambah dengan penampilan dan otak yang cerdas, dan perilaku yang santun dan cekatan

    ReplyDelete
  9. Zaman dulu beberapa kali brhubungan ma MC kalau pas lagi ada event aku suka penampilan mereka yang bagus, wangi juga :D
    Emangbpenampilan itu peting but seorang MC, di samping kemampuan memandunya tentu aja ya mbak :D

    ReplyDelete
  10. Mandi pakai Vitalis body wash rasanya itu memanjakan banget, ya. Badan wangi, bersih dan dibalut dengan keharuman parfum yang premium dari vitalis.

    ReplyDelete
  11. Bener mba...klo tubuh dah wangi, bawaannya makin pede dan jadi lebih bersemangat untuk beraktivitas

    ReplyDelete
  12. Wah cucok nih, harganya terjangkau banget. Dengan varian beragam gitu bakalan bisa merasakan mandi parfum yang menyegarkan. Kayaknya aku bakalan suka yang warna hijau deh dengan aroma Yuzu yang segar.

    ReplyDelete
  13. Hola kak Ney...
    Aku kagum banget sama orang yang bisa ngomong lancar kalau uda megang mic dan berhadapan dengan audience.
    Kalau aku, ngliat banyak orang langsung gugup.

    Oke juga ya...dengan mandi pakai Vitalis, badan jadi wangi dan lebih percaya diri.

    ReplyDelete
  14. Meski tempatnya MC jauh dari penonton, kalau badan enggak segar wangi ya jadi kurang PD. Auranya beda deh. Sekarang makin ok sebelum ngemsi ya mandi parfum Vitalis

    ReplyDelete
  15. Memang ya, penampilan termasuk aroma salah satu fakor penting yang memdukung percaya diri kita. Kalau sudah percaya diri, semua pekerjaan pasti lancar ya. Jd penting memilih sabun dan parfum yang wanginya awet seperti vitalis ini..

    ReplyDelete
  16. Aku paling suka dengan Vitalis Body Wash yang warna pink karena menurutku wanginya cocok untuk aku. Aku pun dulu tahunya Vitalis itu cuma produk parfum aja. Maka dari itu saat ini aku juga suka dengan Vitalis body wash ini.

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature