Semangat Dukung Bersama! 5 Hal Keren Asian Games 2018 yang Kamu Perlu Tahu!

2.7.18
Saya selalu percaya bahwa masih banyak hal baik yang bisa dipamerkan dari Indonesia. Bumi hijau dan kekayaan laut yang luar biasa adalah anugerah yang Maha Kuasa. Pun dengan Sumber Daya Manusia ( SDM) yang juga bisa diandalkan. Hanya saja kita mungkin terlalu sibuk dengan menguliti hal-hal tidak baik, hingga lupa bahwa Indonesia masih berjaya di banyak bidang lainnya. Maka ketika Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah perhelatan olah raga Internasional, saya pun turut berbangga. Yuk berikan semangat #DukungBersama menyambut Asian Games 2018.

ASIAN GAMES 2018 DUKUNG BERSAMA
Gambar : www.asiangames2018.com
Asian Games merupakan kompetisi olah raga yang diikuti oleh negara-negara di Asia. Acara ini terbesar kedua setelah Olimpiade dan diadakan tiap empat tahun sekali.

Setelah hasil rapat pada Olympic Council of Asia Meeting di Incheon, Korea Selatan tanggal 19 September 2014 dan memilih Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018, maka selanjutnya dibentuklah panitia yang bertugas menyusun rencana, menyiapkan dan menyelenggarakan Asian Games 2018. Panitia ini disebut NASGOC atau Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee yang diketua oleh Erick Thohir.

Nah, pastinya banyak hal menarik dari #AsianGames2018 yang bikin banyak orang penasaran. Apa saja?

Ini dia!


1. Asian Games 2018 diadakan di 2  kota


Asian Games 2018 memilih Jakarta dan Palembang sebagai tempat penyelenggaraan. Nantinya, Asian Games 2018 akan berlangsung mulai tanggal 18 Agustus 2018 hingga 2 September 2018.

Logo Asian Games 2018 juga telah diperkenalkan.


ASIAN GAMES 2018 DUKUNG BERSAMA


Logo tersebut berbentuk sketsa tampak atas Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) dan matahari di bagian tengahnya. Arti dari matahari tersebut sebagai lambang sumber energi paling utama yang kemudian menyebar melalui delapan jalur ke seluruh Asia dan dunia melalui keberadaan Asian Games ini.

Logo Asian Games 2018 juga menggambarkan energi yang kuat dalam merefleksikan dan mempromosikan Indonesia ke seluruh dunia
Ini adalah kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Kali pertama yakni pada tahun 1962 di Jakarta. Di mana pada saat itu Indonesia juga meraih gelar Runner Up dengan berhasil membawa pulang sebanyak 77 medali dari 372 medali yang diperebutkan. Terdiri dari 21 medali emas, 26 perak dan 30 perunggu.

2. Bhin- Bhin, Atung dan Kaka, Maskot Asian Games 2018

Ini dia ketiga Maskot Asian Games 2018. Mengutip dari website resmi Asian Games 2018, ketiga maskot ini terinspirasi oleh Semboyan Negara Indonesia yakni Bhineka Tunggal Ika.


ASIAN GAMES 2018 DUKUNG BERSAMA


Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan.
Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

3. Ada 10 cabang olah raga baru yang dipertandingkan di Asian Games 2018. Ada Pencak Silat dan Skateboarding juga lho!


Asian Games 2018 akan mempertandingkan 40 cabang olah raga. 10 cabang olah raga diantaranya tergolong baru. Cabang olah raga ini antara lain roller sport, bridge, basket 3x3, jet ski, jiu-jitsu, pencak silat, sambo, kurash, paralayang/paragliding, dan panjat tebing.

ASIAN GAMES 2018 DUKUNG BERSAMA
Roller Skate - Gambar : dkfindout.com

Skateboarding dan roller skate sendiri masuk di cabang olah raga roller sport. Cabang olahraga ini diikutsertakan karena Komite Olimpiade Internasional (IOC) berupaya untuk mendukung rollersport sebagai cabang olahraga anak muda yang rencananya juga akan dipertandingkan pada Youth Olympic 2019, Buenos Aires, Argentina, serta Olimpiade 2020, Tokyo, Jepang.

ASIAN GAMES 2018 DUKUNG BERSAMA
Skateboarding - Gambar :  vanhoe.com

4. Medali Asian Games 2018 menunjukkan keberagaman Indonesia


ASIAN GAMES 2018 DUKUNG BERSAMA
Medali emas untuk Asian Games 2018 seusai diluncurkan di Jakarta, Sabtu (30/6/2018). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Medali Asian Games 2018 memiliki desain berupa logo Asian Games 2018 dan corak batik dari seluruh Indonesia. Corak batik pada medali  melambangkan  keanekaragaman budaya, suku, agama, dan ras masyarakat Asia yang berpartisipasi dalam Asian Games ke-18 ini.

5. Via Vallen nyanyikan Theme Song Asian Games 2018


Theme Song Asian Games 2018 bertajuk "Meraih Bintang". Pertama kali diperkenalkan pada masyarakat melalui "Konser 50 Hari Menjelang Asian Games 2018" di  TVRI.

Lagu Meraih Bintang ini dinyanyikan oleh Via Vallen sebagai salah satu penyanyi dangdut yang diperhitungkan saat ini. Video musik "Meraih Bintang" menampilkan musik khas dangdut yang dipadu dengan musik elektronik kekinian dengan gerakan-gerakan yang menirukan beberapa cabang olahraga seperti panahan, tinju dan bulu tangkis.

Jujur, theme song Asian Games 2018 ini easy listening. Sekali mendengarkan saya langsung suka.  Bagian lirik ini, juara dan ngena banget!
Kalau menang berprestasi
Kalau kalah jangan frustasi
Kalau menang solidaritas
Kita galang sportifitas

Penasaran kan? Lihat video di bawah ini




Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, saya ikut merasa bahagia sekaligus deg-degan menyambut Asian Games 2018 ini. Tentu saja panitia akan berjuang semaksimal mungkin agar penyelenggaraannya berlangsung dengan aman dan lancar.

Oiya,  berbagai kota di Indonesia juga turut memberikan dukungan lho! Seperti keberadaan Kampung Asian Games di Pucang Sawit, Kota Solo, tempat saya tinggal ini. Dinding- dinding Jalan Candi Sawit dan Candi Bodro, Kampung Pucangsawit, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah dihiasi seni lukisan mural tiga dimensi (3D).

Mural ini menampilkan gambar atlet dari berbagai cabang olahraga yang berhasil mengharumkan nama Indonesia di mata Internasional, seperti Susi Susanti, Yayuk Basuki, Pino Bahari, Maria Natalia Londa dan lain-lain. Tidak ketinggalan ada juga mural  Presiden Jokowi.

ASIAN GAMES 2018 DUKUNG BERSAMA

ASIAN GAMES 2018 DUKUNG BERSAMA
Salah satu mural di Kampung Asian Games, Pucang sawit

Saat ini para atlet dari seluruh Indonesia juga turut mempersiapkan diri untuk bertanding di Asian Games 2018 ini. Pastinya saya  menjagokan semua atlet dari Indonesia. Salah satunya adalah atlet wushu yang didelegasikan oleh Jawa Tengah. Mereka adalah Yusuf Widyanto di kelas 56 kg dan Puja Riyaya di kelas 70 kg.


Yuk, seluruh masyarakat Indonesia menjadi bagian Asian Games 2018 dengan #DukungBersama. Kita doakan para atlet yang berjuang dapat membawa kebanggan bagi seluruh bangsa.

Baca Juga : Indonesia Tuan Rumah Asian Para Games 2018



*Referensi
www.asiangames2018.id
www.asianparagames2018.id
www.dukungbersama.id
www.indonesiabaik.id
https://regional.kompas.com/read/2018/06/30/19090731/warna-warni-nuansa-asian-games-di-kampung-pucangsawit. 
http://solo.tribunnews.com/2018/06/30/mural-tema-asian-games-2018-hiasi-kampung-pucangsawit-di-solo.
https://www.viva.co.id/showbiz/musik/1049665-alasan-via-vallen-dipilih-jadi-penyanyi-theme-song-asian-games-2018
https://www.liputan6.com/bola/read/3575391/medali-asian-games-2018-mencerminkan-budaya-indonesia

Let's be friends!

Instagram | Facebook | Twitter

See you on the next blogpost.

Thank you,

30 comments on "Semangat Dukung Bersama! 5 Hal Keren Asian Games 2018 yang Kamu Perlu Tahu!"
  1. Semoga kita bisa menang ya mbak...minimal 10 besar deh. Aamiin

    ReplyDelete
  2. Suka sama logonya, keren yah. Mudah - mudahan Indonesia bisa menjadi juara, aamiin.

    ReplyDelete
  3. Skateboard dan roller masuk yg dilombakan ya.
    Makin semangat nih anak2 muda terus berlatih. Bukan cuma sekedar gaya2an

    ReplyDelete
  4. Sudah pasti sepak bola menjadi yang ditunggu tunggu!

    ReplyDelete
  5. kami sekeluarga niat banget nih mau ke palembang, moga tercapai ya buat dukung asian games

    ReplyDelete
  6. Euforia Asian games juga berasa banget nih di daerah aku ,,banyak mural juga, semoga Indonesia bisa juara umum ya.

    ReplyDelete
  7. Wah, keren-keren sangat muralnya. Bikin semangat. Ayo, dukung Asian Games..

    ReplyDelete
  8. Keren bangat nih Mba Via Vallen terpilih untuk nyanyikan Theme Song Asian Games 2018, tadi saya kepo bangat sama lagunya dan setelah saya dengar, ternyata asyik juga lagu Meraih Bintang ini.

    ReplyDelete
  9. Aku jd ndengerin Via Vallen nyanyi gara2 postinganmu ini mbak hihihi. Emang enak sih ya lagunya :D
    Moga2 lancar pelaksanaan ASIAN GAMES di Indoneia nanti ya dan kita bawa banyak medali aamiin :D

    ReplyDelete
  10. Meskipun enggak terlibat langsung, rasanya ikut seneng Indonesia jadi tuan rumah acara kece ini. Semoga banyak meraih kejuaraan ya kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dong mbak.. Bangga, dapet kepepercayaan lagi untuk kedua kalinya

      Delete
  11. Mudah - mudahan Indonesia menjadi juara yaah, aamiin. Eh aku kok suka sama MV nya via vallen yah, keren ga keliatan dangdut

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga diberikan yang terbaik dan para atlet bisa membanggakan negeri kita

      Delete
  12. Mudah2an bs menghasilkan juara2 dari Indonesia yg bs berbicara banyak di tingkat lebih luas lagi :)



    ReplyDelete
  13. Salah fokus ke Via Vallen, keren banget, hehe. Bangga bisa jadi tuan rumah Asian Games 2018. Semoga acaranya sukses lancar tidak ada halangan berarti.

    ReplyDelete
  14. Semoga Indonesia bisa sukses tidak hanya sebagai tuan rumah namun juga prestasinya

    ReplyDelete
  15. Wuih penasaran sama medali emasnya. Btw, Sukses untuk semua atlet indonesia..moga mendapatkan hasil yg memuaskan. Aamin

    ReplyDelete
  16. Maskot asian games lucu2 ya Mbak. Ternyata filosofinya gitu toh! Bs ngenalin Indonesia ke kancah internasional secara tidak langsung.

    ReplyDelete
  17. Maskotnya unyu"... Aku penasaran pengen liat perlombaan skateboard. Baru kali ini soalnya.

    ReplyDelete
  18. Semoga Indonesia juara ya kak, ech btw bhin-bhin atung dan kaka ngegemesin tuch, pngen punya souvenirnya ich

    ReplyDelete
  19. Alhamdulillah banget ya Indonesia bisa jadi tuan rumah untuk Asian Games 2018 ini. Pingin deh nanti ke Palembang, menyaksikan secara langsung kompetisi2nya. Sekalian travelling ke Palembang, mumpung lagi ada event ya kan. Aku belum pernah ke Palembang soalnya. :D

    ReplyDelete

You made it all the way here! Thanks for reading. :)
(Untuk meninggalkan komentar, sebaiknya jangan memilih Anonymous agar tidak menjadi brokenlink dan saya hapus.
Tulis saja nama dan url Google/facebook biar lebih aman)

Auto Post Signature